Sponsors Link

4 Cara Budiadaya Pepaya California Paling Mudah

Sponsors Link

Anda pasti tidak asing dengan jenis buah yang satu ini berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Jamur Kuping, dimanapun anda berada pastilah pernah menjumpai buah ini entah sebagai menu makanan ataupun dikonsumsi secara langsung. Yaitu buah pepaya, buah ini merupakan salah satu buah tropis yang bisa kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia.

ads

Untuk jenisnya sendiri bermacam- macam, ini diklarifikasikan berdasarkan bentuk, warna, hingga daerah asalnya. Dan uniknya di Indonesia papaya tidak hanya memiliki satu nama, di daerah jawa orang lebih mengenalnya dengan sebutan “kates” sedangkan di tanah Sunda orang lebih mengenalnya dengan nama “gedang”

Adapun ciri dari buah pepaya yaitu berbentuk lonjong dengan bagian ujung yang meruncing hampir mirip dengan torpedo. Untuk warna kulit buahnya bermacam- macam berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Daun Bawang Hidroponik, kebanyakan buah papaya akan berwarna kuning hingga kuning kemerahan jika matang dan begitupula dengan daging buahnya yang berwarna kemerahan hingga merah segar jika matang. Rasanya pun terbilang unik dan berbeda dengan buah lainnya, walaupun memiliki tekstur yang sangat lembut, buah pepaya memiliki banyak sekali kandungan air sehingga terasa segar dan tentunya manis.

Adapun salah satu jenis pepaya yang saat ini sedang diminati banyak orang karena rasanya yang lebih lezat, yaitu jenis pepaya California. Berbeda dengan pepaya pada umumnya, papaya ini memiliki bentuk yang lebih ramping, lebih manis dan berkulit sangat halus. Untuk rasanyapun jauh lebih manis dan segar.

Selain itu pepaya California juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh anda berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Jamur Kancing, tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan anda.

Kandungan  Nutrisi Pepaya California

  • Lemak Tak Jenuh
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa
  • Protein
  • Vitamin A, B6, B12, C, D
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium

Dengan banyaknya kandungan di atas, tak heran jika orang semakin menggemari buah yang satu ini. Dan bagi anda yang ingin bisa selalu mendapatkan pepaya California tanpa harus membelinya hampir sama jika anda melakukan Cara Budidaya Kamboja Jepang, ada sebuah solusi yaitu dengan melakukan cara budidaya pepaya California.

Cara Budidaya Pepaya California

Selain anda bisa mengkonsumsinya dengan keluarga, anda juga bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Bagi anda yang penasaran bagaimana cara melakukan budidaya pepaya California, berikut penjelasannya.

  1. Bibit Pepaya California

Langkah pertama yang harus anda siapkan dalam cara budidaya pepaya California hampir sama jika anda melakukan Cara Menanam Bunga Bakung, yaitu bibit pepayanya terlebih dahulu. Untuk bibit ada dua macam cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkannya.

Cara pertama yaitu dengan membeli bibit pepaya di toko bibit ataupun koperasi tani, anda bisa langsung membeli bibit yang sudah siap tanam untuk mepermudah dan mempersingkat waktu.

Dan cara ke dua yaitu :

  • Untuk cara ke dua mungkin sedikit membutuhkan ketelatenan, anda bisa menyemai sendiri biji pepaya California yang sudah tua dan tentunya yang berkualitas baik.
  • Pertamanya belahlah buah pepaya California yang tidak memiliki cacat dan bagus, lalu keluarkanlah biji- bijinya. Untuk biji yang diambil tidak bisa sembarang biji, anda bisa mengambil biji yang di bagian tengah saja, karena ini merupakan biji terbaik untuk dibudidayakan.
  • Setelah itu anda bisa membuat media semai berupa media tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos dengan perbandingan 2: 1.
  • Siapkan tray semai dan masukkan tanah campuran ke dalamnya lalu taburkan biji pepaya California ke dalam tray dan tunggu hingga bertunas dengan ketinggian 5 cm.
  • Setelah itu pindahkanlah ke dalam polybag berukuran sedang dengan media tanah campuran yang sama.
  • Lakukan proses penyiraman maksimal sebanyak 2 kali sehari menggunakan metode spray hingga tunas setinggi 30 cm hingga 50 cm, lakukan juga proses pemupukan setiap 2 minggu sekali pada bibit.
Sponsors Link

2. Media Budidaya

Media budidaya pepaya California sangatlah mudah dibuat, anda hanya memerlukan lahan yang luas berupa pekarangan ataupun halaman rumah anda. Namun sebelum anda mempersiapkan media budidaya, anda juga harus memilih lokasi yang tepat terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah- langkahnya :

  • Pilihlah lahan dengan lokasi yang memiliki penyinaran penuh, dalam artian lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang tidak dinaungi oleh apapun seperti pohon besar ataupun atap rumah.
  • dengan memperhatikan lokasi yang tepat, pepaya California anda akan tumbuh lebih cepat dan berbuah lebih lebat.
  • Bersihkan area sekitar lahan dari rumput liar dan batuan kerikil. Usahakan pula lokasi yang anda pilih bersih dari berbagai macam limbah.
  • Ukurlah keasaman tanah, tanah yang baik untuk budiaya pepaya California merupakan tanah dengan tingkat keasaman diatas 6 hingga basa. Jika tanah memiliki tingkat keasaman dibawah 6, sebaiknya anda melakukan pengapuran terlebih dahulu agar tanah tidak terlalu asam.
  • Setelah tnah lahan siap, anda sudah mulai bisa membuat bedengan- bedengan dengan lebar minimal 2 m, ini bertujuan agar tanaman pepaya anda tidak tergenang air saat proses penyiraman ataupun saat musim hujan mulai tiba.

3. Pemindahan Bibit Pepaya California

Jika bibit pepaya California sudah mencapai ketinggian 30 cm hingga 50 cm, selanjutnya anda sudah bisa memindahkannya ke media budidaya yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Pertama anda harus membuat lubang tanam yang tepat, dan berikut penjelasan singkatnya :

  • Pertama ukurlah setiap tanah di atas bedengan dengan jarak 3 m dan buatlah lubang tanam berdiameter kurang lebih 3o cm.
  • Namun sebelum anda membuat lubang tanam anda juga harus mempersiapkan tanah yang dicampur dengan pupuk organik terlebih dahulu dengan perbandingan 2: 1 dan biarkan selama 2 minggu.
  • Setelah itu anda bisa memisahkan bibit pepaya California dari polybagnya dengan cara menyayatnya dengan pisau secara perlahan dan usahakan tanah pada polybag tidak pecah.
  • Masukkan bibit beserta tanah yang masih menempel pada akar bibit dan tutup lubangnya dengan tanah campuran, jangan lupa pula untuk sedikit memadatkannya agar bibit dapat berdiri kokoh. 
    Sponsors Link

4. Perawatan Dan Panen Pepaya California

Adapun langkah penting yang harus anda lakukan dalam melakukan cara budidaya pepaya California yaitu dengan melakukan perawatan yang baik dan benar. Untuk perawatannya pun cukup mudah dan sederhana, anda hanya perlu melakukan proses penyiraman, pemupukan, penyiangan, dan pembubungan hingga masa panen tiba. Berikut penjelasan singkatnya :

  • Pertama anda harus benar- benar memperhatikan proses penyiraman pada tanaman pepaya California. Untuk penyiraman dapat anda lakukan setiap hari sebanyak 2 kali.
  • Lakukanlah proses pemupukan lanjutan dengan baik, pada awal penanaman anda bisa melakukan proses pemupukan setiap seminggu sekali dan setelah pohon pepaya sudah memiliki ketinggian lebih dari 1m, anda bisa memupuknya setiap 2 minggu sekali.
  • Selain pemupukan, anda juga harus melakukan penyiangan. Penyiangan bisa anda lakukan setiap 2 minggu sekali sembari anda melakukan pemupukan. Anda bisa membuang daun papaya yang kering dan membersihkan lahan dari rumput ataupun batuan.
  • Berbeda dengan tanaman lainnya, anda juga harus melakukan pembubungan secara rutin setiap 2 hingga 3 minggu sekali. Ini bertujuan untuk memperkuat batang tanaman pepaya California anda.
  • Dan jangan lupa untuk menjaga tanaman anda dari serangan hama dengan menyemprotkan pestisida secukupnya saja.
  • Setelah usia tanaman menginjak 8 hingga 9 bulan dari masa tanam, anda sudah mulai melihat banyak sekali buah pepaya yang berwarna agak kekuningn. Ini tandanya bahwa buah tersebut sudah siap panen.
  • Adapun cara memanen yang baik yaitu dengan memotong ujung tangakainya, biasanya memanen buah pepaya memerlukan waktu hingga 10 hari karena pada setiap pohon buah memiliki perbedaan kematangan setiap harinya.

Itulah langkah- langkah sederhana yang bisa anda aplikasikan dari cara budidaya pepaya California. Dengan mengikutinya secara tepat dan cermat, anda akan memperoleh hasil yang melimpah dan berkualitas. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas bermanfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan