Sponsors Link

Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik Bagi Pemula – Tips Perawatan Ikan

Sponsors Link

Ikan blue elektrik adalah ikan yang memang tidak mudah dalam membudidayakannya. Namun ada yang unik dalam memelihara ikan yang satu ini. Mari kita lihat beberapa diantaranya tentang cara budidaya ikan blue elektrik.

ads

Penempatan Bibit 

Salah satu cara agar ikan ini hidup lama adalah dengan menempatkan satu pasang di akurium yang berisi 20 galon air. Sedangkan untuk dua pasang harus membutuhkan 40 galon air.

1. Alasannya karena ikan blue elektrik ini sangat sensitif terhadap sampah organik, itu sebabnya dengan mempertahankan kualitas airnya, ini akan membantu ikan ini hidup dalam jangka panjang.

2. Dan karena mengingat harga ikan ini yang sangat mahal, itu sebabnya kualitas atau ukuran untuk airnya, tidak boleh sedikit. Tapi harus sesuai dengan ukurannya dan jumlah pasangannya.

3. Ikan ini juga membutuhkan tanaman air yang dapat membantu ikan ini hidup dengan lama. Tapi jangan lupa juga untuk membuatkan area yang pas untuk ikan ini berenang dengan ideal. Dan juga untuk memberikan beberapa gua untuk mereka berlindung. Karena mereka juga membutuhkannya untuk menyimpan telur mereka pada permukaan datar dan horizontal. Boleh juga belajar tentang Cara Budidaya Ikan Koi tanpa Filter

Perawatan Ikan di Akuraium 

Ikan blue elektrik juga harus di tempatkan di tank yg cocok. Misalnya dalam satu tank ikan ini, tidak boleh di tempatkan bersamaan dengan ikan yang lebih agresif atau spesies yang cepat dan energik yang akan dengan cepat melahap semua makanannya. Itu sebabnya, ada hal-hal yang perlu dilakukan :

1. Dalam memelihara ikan blue elektrik jantan, sebaiknya tidak dengan spesies lain yang agresif atau cepat. Karena blue elektrik jantan lebih mengutamakan kenyamanan dan ketenangan di dalam akuarium. Tapi, jika ikan ini hidup dengan spesies yang lambat dan tenang, blue elektrik jantan akan merasa aman dan nyaman di waktu makan.

2. Jika blue elektrik yang Anda pelihara mulai menunjukkan agresif, cobalah untuk membuat tempat-tempat berlindung, atau ruang-ruang yang memungkinkan mereka bisa bersembunyi. Karena semakin sedikit tempat ikan blue elektrik bersembunyi, semakin agresif juga perilaku mereka. Boleh juga belajar tentang Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi

3. Sangat dianjurkan jika memberikan batasan-batasan pada ruang-ruang di dalam akuarium,karena itulah yang membantu ikan ini tetap merasa aman dan nyaman. Selain itu, ketika periode pembiakan ikan ini juga lebih agresif. Karena mereka lebih khawatir di masa-masa itu. Itu sebabnya Mereka mau benar-benar memastikan bahwa anak-anak mereka tetap merasa aman dan nyaman. 


Pengaturan Suhu dan Lingkungan 

Dalam memeliharanya, ikan ini juga tidak boleh di tempatkan di dalam akuarium yang baru saja di bentuk, dan tingkat sampah organik yg rendah. Alasannya karena mereka membutuhkan lingkungan yang stabil agar dapat hidup dengan baik. Perlu di perhatikan beberapa diantarnya:

1. Pembagian yang sukses juga berarti filtrasi mekanis dan biologis serta perubahan air biasa. Gerakan air yang kuat juga tidak dianjurkan, karena ikan blue elektrik lebih menghargai pergerakan air yang lebih lambat, sehingga membantu mereka tetap merasa aman. Boleh juga belajar tentang Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam Tanah

2. Kisaran suhu normal untuk chichlids ram liar adalah 78 derajat sampai 85 derajat F. Dan air yang bisa membuat mereka hidup lama adalah lunak dan asam. Kisaran nilai PH dalam 5 sampai 6 yang sangat ideal untuk memelihara ikan blue elektrik ini. Meskipun biasanya PH dalam akuarium itu kisaran di bawah PH 7.1

Pakan Ikan 

Dalam hal memberi makan, blue elektrik ini adalah omnivora yang perlu terus diet makanan. Dalam memberi makananpun ikan ini tidak selalu mudah.

1. Misalnya, ketika harus harus dipindahan ke lingkungan hidup yang baru, mereka bisa sangat stress. Bahkan bisa kehilangan nafsu makan. Itu sebabnya, Anda harus membujuknya dengan jentik nyamuk atau makanan serupa. Tapi jangan khawatir! Karena setelah ikan blue elektrik bisa cukup makan, nafsu makan mereka bisa kembali pulih dan Andapun bisa memperkenalkan makanan jenis lainnya yang mereka suka. Boleh juga belajar tentang Cara Budidaya Ikan Alligator Spatula

2. Makanan yang biasanya mereka suka adalah serpihan dan pelet. Dan ikan blue elektrik yang terbiasa hidup dengan baik, mereka biasanya menerima berbagai jenis makanan dengan baik.

3. Ikan ini juga perlu diawasi ketika makan. Karena mengingat ikan blue elektrik jantan, mereka sangat lambat bergerak, jadi kemungkinan bisa saja mereka lapar karena hidup bersamaan dengan spesies lain yang lebih agresif. Itu sebabnya, mereka perlu pengawasan yang baik ketika makan. Kalau tidak, mereka akan mati kelaparan. 


Perkawinan Ikan

Dalam berhubungan seks, ikan ini sangat sulit. Dan pasangan yang cocok pun sering kali harganya sangat mahal. Jadi, jika tidak ingin membeli dengan harga mahal, kita bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya:

1. Dengan membeli sekelompok ikan remaja dan membiarkan mereka untuk hidup bersama. Dan ketika mereka sudah besar, mereka akan membentuk pasangan sendiri. Tapi, kelompok itu harus mengandung setidaknya satu anggota dari setiap jenis kelamin. Dan jika Anda memiliki ikan ini dengan sirip dorsal yang sedikit lebih panjang, mungkin itu jantan. Boleh juga belajar tentang Cara Budidaya Ikan Louhan Cencu

2. Blue elektrik juga membentuk pasangan monogami, tapi kesuburan yang rendah dan perawatan induk yang buruk, itu bisa menjadi masalah yang lebih umum.

Jadi ketika memelihara ikan blue elektrik jantan, harus memasukkan beberapa batu datar atau papan tulis perkembangbiakan di setup. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu untuk mengontrol lampu, karena pola cahaya yang tidak menentu dapat membingungkan ikan ini.

Tapi jangan khawatir, jika ikan ini di rawat dengan cara budidaya ikan blue elektrik yang baik dan sesuai jenis ikannya, pasti tidak akan sulit. Justru akan menyenangkan ketika merawat ikan.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Ikan