Sponsors Link

Begini Cara Membuat Pupuk Yakult di Rumah dengan Mudah

Sponsors Link

Memiliki kebun yang penuh dengan tanaman buah tentu adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, ketika tumbuhan dikebun telah berusia matang tentu akan berbuah yang kemudian akan dipanen oleh pemiliknya. Namun, kebanyakan orang yang menanam buah di kebun sering mengeluhkan tanaman yang ditanamnya tak kunjung berbuah.

ads

Bahkan ketika usianya sudah cukup untuk waktunya berbuah. Tak haya itu, masalah serupa seperti tanaman yang telah berbunga namun selalu rontok juga sangat merisaukan petani. Ya, tentu hal ini jadi kendala tersendiri bukan? Bukannya untung produksi malah terus-terusan merawat tanaman tersebut. Nah, jangan khawatir dulu. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memberikannya perawatan khusus.

Perlu diketahui jika ada beberapa faktor penghambat bagaimana tanaman tersebut tidak kunjung berbuah. Pertama, faktor lahan yang kurang subur. Jika hal ini benar terjadi, maka pastikan jika petani segera memperhatikan kesuburan tanah lalu melakukan perawatan lebih lanjut. Kedua, bisa jadi tanaman tak segera berbuah karena asupan nutrisi yang dibutuhkan belum terpenuhi.

Untuk mengatasinya segera lakukan pemupukan secara berkala. Dari sekian faktor tersebut, ada salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kendala tanaman tak kunjung berbuah. Yaitu dengan memberinya pupuk yakult. Hasilnya pun cukup mengejutkan lho! Penasaran? Simak cara membuat pupuk yakult di rumah berikut ini!

Bahan-bahan Pembuatan Pupuk Yakult #1

Untuk membuat pupuk perangsang tumbuhan supaya segera berbuah adalah sebagai berikut. Pertama 2 butir telur, kemudian 1 botol yakult, dan 500 ml air bersih. Pastikan semua bahan tersebut telah disediakan. Jika sudah, persiapkan untuk proses pembuatannya.

Langkah Pembuatan Pupuk Yakult

Setiap pupuk punya ciri khas masing-masing tentang fungsi dan tujuannya. Tak hanya pupuk yakult yang berfungsi merangsang pertumbuhan buah, pupuk-pupuk lain juga punya khusus. Begitupula dengan pembuatannya yang membutuhkan teknis khusus. Cara membuat pupuk booster lengkeng, cara membuat pupuk ajaib ala haji eng, cara membuat pupuk AB mix sendiri ramah lingkungan, cara membuat pupuk enceng gondok dirumah, dan cara membuat pupuk hayati biofertilizer di rumah pun harus dengan teknik yang hati-hati. Nah, setelah bahan-bahan pembuatan pupuk yakult sudah disiapkan, lakukan langkah berikut ini.

Tahap pertama, pecahkan telur kedalam suatu wadah dan lakukan pengocokan sampai benar-benar rata. Setelah itu, masukkan 1 botol yakult ke dalam kocokan telur tersebut. Kemudian, aduk campuran telur dengan yakult tersebut sampai benar-benar rata. Setelah dipastikan merata, masukkan 500 ml air bersih kedalam campuran tersebut dan biarkan sampai kurang lebih 3 hari. Kamu baru bisa menggunakan pupuk yakult tersebut setelah proses fermentasi selama 3 hari tersebut berakhir. Mudah bukan cara pembuatannya?

Cara Menggunakan Pupuk Yakult

Tentu cara pembuatan pupuk yakult yang mudah tersebut akan menarik minatmu untuk segera membuatnya bukan? Nah, setelah berhasil membuat pupuk yakult, bagaimana dengan cara penggunaannya? Sangat mudah lho. Pertama, campurkan 3 sendok makan hasil fermentasi pupuk yakult tersebut kedalam satu tangki air bersih yang berukuran standar. Aduk sampai rata kemudian semprotkan pada tanaman cabe misalnya. Perlu diperhatikan jika untuk tanaman yang berbeda, diperlukan dosis pupuk yang berbeda pula.

Contohnya untuk penyemprotan tanaman cabe diperlukan air sebanyak 20 liter dan fermentasi pupuk yakult sebanyak 5 sendok makan. Untuk hasil yang lebih memuaskan, lakukan pengulangan penyemprotan tersebut selama 7 hari berturut turut. Dijamin deh tanaman cabemu akans segera berbunga dan berbuah lebat.

Selain cara diatas, adapula cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat pupuk Yakult. Simak baik-baik ya. 


Bahan Pembuatan Pupuk Yakult #2

Bahan yang perlu kamu persiapkan adalah 2 kg kulit telut yang telah dibasuh dan dikeringkan, 2 kg gula pasir merah perang, 1 botol yakult, 1 biji ragi tapai, 2 kotak susu segar, dan 2 biji air kelapa muda. Jika sudah siap, segera perhatikan cara pembuatannya berikut ini.

Langkah Pembuatan Pupuk Yakult

Inilah cara membuat pupuk yakult di rumah:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengayak kulit kulit telur menggunakan ayakan kering. Kemudian, aduk semua bahan tersebut kedalam satu wadah.
  2. Jika sudah merata, diamkan campuran tersebut selama 14 hari. Jika perlu, lakukan pengadukan paling tidak sebanyak satu kali selama 2 hari sekali.
  3. Setelah 14 hari berlalu, lanjut untuk menyaring bahan tersebut untuk mengambil pati airnya.
  4. Cara penggunaannya yaitu, gunakan 10 ml pati dengan air bersih sebanyak 20 liter. Campur kedua bahan tersebut dan semprotkan pada permukaan daun tanaman seminggu sekali. Dijamin deh tanaman tersebut akan segera langsung tumbuh jadi lebih subur dan berbuah. Berdasarkan hasil penelitian, pati tersebut terdapat vitamin yang berfungsi merangsang pertumbuhan buah. Cara ini cukup berhasil dan digunakan secara luas oleh masyarakat Thailand. Hasilnya pun cukup mengejutkan. Banyak petani Thailand yang memperoleh panen lebih produktif daripada biasanya. Bahan utama yang mmapu memberi vitamin cepat tumbuh bunga dan buah adalah hormon yang dihasilkan oleh air kelapa dan telur.

Ada pula cara lain yang bisa kamu coba masih dengan bahan utama yakult. 


Bahan-bahan Pembuatan Pupuk Yakult #3

Pisang matang 2 buah, kuning telur ayam sebanyak 1 butir, 1 sachet madurasa, 1 liter air kelapa, 1 liter air perasan kunyi, dan 1 botol yakult

Langkah Pembuatan Pupuk Yakult

Haluskan pisang, madu, dan telur lalu masukkan dalam toples. Campurkan pula bahan-bahan lain kemudian dikocok sampai merata. Jika sudah dipastikan merata, biarkan campuran tersebut selama 1 hari atau 24 jam. Rekomendasi fermentasi yang baik adalah satu minggu.

Pada tahap ini seringkali gas metan yang dihasilkan tinggi. Untuk menghilangkannya, kamu bisa membuka tutup toples dan menutupnya kembali. Cara aplikasinya pun cukup mudah. Dosis takaran yang disarankan yaitu 5 ml hasil fermentasi untuk 1 liter air. Kemudian, campuran air dan pupuk tersebut langsung disemprotkan pada buahnya.

Nah, apabila kamu telah berhasil membuat pupuk yakult dan berefek baik, tak ada salahnya untuk mengembangkannya jadi bisnis yang lebih menguntungkan bukan? Yuk mulai dicoba!

Sponsors Link
,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik