Sponsors Link

Media Tanam Untuk Cemara Udang dan Tips Menanamnya

Sponsors Link

Menanam tanaman hias bukanlah perkara mudah, sebab jika salah dalam perawatannya maka bisa saja tanaman menjadi mati. Setiap jenis tanaman memiliki ciri yang berbeda, oleh sebab itu tidak dapat dipukul rata jika tanaman satu cukup ditaruh di pot berisi tanah tanaman kedua juga begitu. Tentu saja tidak bisa! ada perbedaan mendasar yang membuat jenis-jenis tanaman hias bisa tumbuh. Baca : media tanam untuk anggrek ephytis dan semi ephytis

ads

Salah satu tanaman hias yang indah bentuknya adalah cemara udang. Mungkin Anda yang masih awam pengetahuan mengenai tanaman hias akan mengira kalau cemara udang adalah jenis hewan laut, tetapi jika Anda penikmat tanaman hias sudah pasti mengetahui cemara udang termasuk kategori tanaman hias yang banyak dicari.

Cemara udang merupakan tumbuhan yang memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum dan memiliki batang yang cenderung besar dan keras. Seperti pohon cemara lainnya, cemara udang memiliki bentuk yang serupa, daunnya lebat dan tajam. Yang berbeda hanya batangnya meliuk-liuk menambah indah bentuknya, daun cemara udang juga bisa dibentuk sesuai keinginan.

Tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai pemanis ruangan atau pun pekarangan rumah. Bentuknya yang indah pastinya membuat semua mata tertuju dan seketika takjub. Meskipun tidak seperti tanaman hias lain yang kebanyakan memiliki warna daun warna-warni, cemara udang mempunyai ciri khas tersendiri walaupun warna daunnya cenderung monoton namun itulah pemikatnya.

Setelah melihat keunggulan dari tanaman cemara udang yang berbeda dari cara menanam benih padi mapan, apakah Anda tertarik menanamnya sendiri di rumah. Perlu diketahui, menanam cemara udang tidak boleh sembarangan. Beberapa peralatan perlu disiapkan supaya bisa tumbuh besar. Bagi sebagian kalangan mungkin menanam cemara udang merupakan hal mudah, tetapi bagi Anda yang belum mengerti tanaman ini akan menjadi persoalan sulit.

Namun, tenang saja pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap media tanam untuk cemara udang beserta tips menanamnya, Anda bisa praktekkan sendiri di rumah tanpa kebingungan. Sebelum itu, ada baiknya Anda membaca cara mengolah tanah tandus agar menjadi subur agar lebih paham lagi.

Media Tanam Cemara Udang Paling Bagus

Hal pertama yang perlu diketahui untuk menanam cemara udang ialah media tanamnya. Dengan memakai media tanam yang tepat maka akan memungkinkan cemara udang bertumbuh besar dan subur. Namun jika salah menentukan media tanam yang baik, bukan tidak mungkin cemara udang yang Anda rawat tinggal menunggu waktu untuk layu.

  1. Serutan bekas kayu

Media pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai media tanam untuk cemara udang adalah serutan bekas kayu. Disinyalir serutan kayu dapat memberi dampak positif terhadap laju perkembangan tanaman cemara udang. Anda tidak perlu kesusahan mencari media ini, cukup ambil kayu bekas lalu serut atau bisa membelinya di toko kayu.


2. Humus

Menurut salah satu pakar tanaman, humus mampu membuat cemara udang memiliki pertumbuhan baik. Berkat kandungan didalamnya humus sangat efektif dipakai sebagai media tanam. Tentunya Anda perlu memilah humus yang baik, jangan asal pilih. Jika perlu Anda bisa membersihkannya terlebih dulu dari bakteri pengganggu.

3. Pupuk kandang

Pupuk yang terbuat dari kotoran hewan ini sangat efektif untuk dijadikan media tanam cemara udang. Jika menggunakan humus Anda akan menemukan kekurangan seperti zat haranya cepat habis maka pupuk kandang tidak. Keberadaannya dapat menggantikan humus sebagai media tanam paling efektif.

Tips Menanam Cemara Udang

Setelah mengetahui beberapa media tanam yang cocok untuk cemara udang, tiba saatnya Anda mempraktekkan sendiri tips menanamnya. Beberapa tips menanam cemara udang adalah sebagai berikut :

  • Campur media tanam seperti humus dengan pasir atau tanah.
  • Jika akar sudah tumbuh melewati pot, cukup pangkas bagian yang timbul di permukaan.
  • Anda bisa menambahkan pupuk tambahan supaya pemeliharaannya berjalan baik, tambahkan pupuk bayfolan, vitabloom, atau atonik.
  • Agar terhindar dari serangan hama, Anda bisa menyemprotkan cemara udang dengan insektisida dan fungisida dua kali setahun.

Mungkin itu dulu pembahasan mengenai media tanam dan tips menanam cemara udang. Anda bisa membaca referensi lainnya di cara stek bunga seribu bintang 2 minggu tumbuh serta cara menanam fittonia agar tumbuh subur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pohon