Categories: Unggas

7 Cara Budidaya Burung Murai Ekor Panjang Bagi Pemula

Dewasa ini, siapa yang tidak mengetahui tentang pesona burung murai ekor panjang? Selain tentang suara kiacauannya yang juga mempesona, tubuhnya yang mungil dan ciri khas ekor panjangnya yang menarik perhatian bagi banyak pecinta burung. Hal ini juga yang memicu mereka untuk mencari tau tentang cara ternak murai ekor panjang tersebut seperti cara budidaya murai batu medan.

Murai ekor panjang adalah salah satu spesies dari burung murai yang banyak di pelihara dan dicari pecinta burung. Ini dikeranakan cara ternak murai ekor panjang yang tidak sulit dan tergolong mudah. Dan jika anda adalah salah satunya, maka coba simak artikel kami ini tentang pembahasan cara ternak murai ekor panjang tersebut.

1. Menentukan Lokasi Kandang

Lokasi kandang adalah salah satu hal yang harus ditentukan terlebih dahulu, dimana anda nantinya harus memilih lokasi yang pas untuk merawat dan membesarkan burung murai ekor panjang. Tempat yang dibutuhkan tidaklah luas, karena anda hanya akan menggunakan bantuan kandang gantung. Usahakan lokasi untuk sarang burung atau kandang burung tersebut jangan ada gangguan yang berarti, tenang dan tidak panas.

Biasanya lokasi kandang akan diletakan diluar rumah, di dekat teras atau di halaman belakang. Jarang ada yang menaruh kandang burung murai ekor panjang di dalam rumah. Yang jelas lokasinya harus tetap tenang dan tidak ada gangguan dari predator. Setelah menentukan lokasi maka hal lain yang dilakukan adalah pemilihan kandang untuk burung tersebut.

2. Pemilihan Jenis Kandang

Ada banyak jenis, bentuk dan ukuran kandang burung yang tersedia untuk digunakan sebagai kandang bagi burung tersebut. Namun pilihlah kandang yang sesuai dengan ukurannya, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jangan menggunakan kandang yang terlalu besar karena nantinya burung tersebut akan menghabiskan energi nya untuk terbang kesana kemari hingga menyebabkan kerontokan bulu.

Jangan letakkan kandang di lantai atau di tanah. Coba letakkan kandang burung murai ekor panjang setinggi mata memandang atau di gantung di teras rumah. Ini akan menyamakan dengan habitat asal mereka dimana mereka akan membangun sarang di atas pohon dan di ranting pohon seperti cara budidaya burung kacer dada putih.

3. Peralatan Kandang

Ada beberapa peralatan yang diharuskan dalam ternak burung murai ekor panjang tersebut. Beberapa diantaranya adalah : tenggeran, sangkar dan tempat makan atau tempat minum. Berikut beberapa ketentuannya :

  • Sarang : ini nantinya berguna ketika musim kawin datang dan jika anda berusaha untuk memperbanyak mereka. Sebaiknya anda memelihara sepasang burung murai ekor panjang. Gunakanlah beberapa barang bekas untuk keperluan sarang mereka seperti karton bekas, baskom atau anyaman bambu. Ayaman bambu adalah salah satu yang dianjurkan karena akan bersifat lebih dingin dan disukai oleh para murai.
  • Tenggeran : Ini merupakan tempat untuk burung tersebut bermain dan bertengger yang akan menyerupai habitat aslinya. Cobalah menggunakan tenggeran yang terbuat dari kayu asli bukan dari yang plastikan. Letakan tenggeran di tempat yang pas di dalam kandang yang tidak akan mepet dengan bagian yang lainnya.
  • Tempat makan dan minum : Gunakan tempat makan dan minum yang baik dan pas untuk burung murai ekor panjang. Untuk tempat minum sebaiknya jangan gunakan tempat yang terlalu besar dan dalam. Untuk tempat makanan gunakan tempat yang sedang tidak terlalu besar agar burung tidak over feeding. Bersihkan tempat makan tersebut jangan sampai terlalu kotor hingga mengundang beragam bibit penyakit.

Kandang harus dijaga kebersihan nya dan jangan sampai terlalu kotor hingga menyebabkan burung mudah terserang penyakit.

4. Pakan Burung Murai Ekor Panjang

Ada beragam jenis pakan yang bisa diberikan kepada murai ekor panjang seperti cara budidaya burung kacer. Ada jenis pakan alami, pakan buatan dan pakan campuran.

Apapun jenis pakan yang anda berikan sama bergunanya bagi mereka. Karena pada dasarnya burung murai ekor panjang adalah pemakan daging dan harus diberikan jenis pakan yang bervariasi.

Jadi cobalah untuk memvariasikan jenis pakan yang bisa anda berikan utuk pakan harian mereka. Untuk pakan alami anda bisa memberikan jenis kroto, ulat hongkong atau pakan alami lainnya. Sedangkan untuk pakan buatan juga bisa dicampur dengan pakan alami jika burung masih belum terbiasa memakan pakan buatan tersebut.

Selain pakan alami dan pakan buatan, burung ini juga memerlukan pakan khusus atau vitamin yang akan membantu pertumbuhan mereka. Jadi berikanlah ekstra fooding untuk beberapa hari selama perawatan burung tersebut. Untuk pemberian minum adalah sebanyak 4 atau 5 kali lebih banyak dari jumlah pakan yang anda berikan setiap harinya. Baca Cara Menanam Cendawan Volvariella.

5. Budidaya Poligami

Kenapa ini lebih disarankan untuk memperbanyak murai ekor panjang? Karena ini adalah salah satu cara terhemat, mudah dan bisa mendapatkan anakan dalam jumlah banyak sekaligus. Ini bahkan bisa menggunakan 7 betina dan 1 jantan sekaligus seperti cara budidaya burung anis merah. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masukan 2 ekor betina dalam satu kandang dan msukan 2 ekor lagi kekandang lainnya. Tergantung berapa banyak murai ekor panjang betina yang anda punya.
  • Biarkan mereka beradaptasi dengan lingkungan baru selama kurang lebih 14 hari.
  • Setelah itu letakan murai ekor panjang jantan dalam kandang lain namun berhadapan dengan kandang sang betina tersebut.
  • Biarkan sang betina hingga birahi, dengan melihat tanda-tandanya : mulai terbang mendekati arah sangkar pejantan dan bersiul-siul.
  • Setelah tanda-tanda birahi muncul maka satukan pejantan dan betina tersebut dalam sebuah kandang
  • Setelah melakukan hal ini anda hanya perlu memperhatikan perkembangan dan melihat hasil dari pembuahan

6. Perawatan Anakan

Anda sudah bisa melihat anakan memakan pakan alami seperti kroto tanpa bantuan setelah mereka berumur 15 hari. Namun sebelum berumur 15 hari anda bisa membiarkan induk mengurus anakan mereka. Walaupun anda juga bisa mengurusnya sendiri tentunya. Cara mengurus anakan adalah hal yang cukup menantang.

Anda bisa menyapih pakan untuk anakan namun pastikan anda memotong-motong pakan tersebut hingga berbentuk potongan yang lebih kecil sebelum memberikan kepada mereka. Berikan pakan sesuai dengan porsi dan kebutuhan anakan.

Agar perkembangan anakan menjadi lebih baik dan stabil maka berikan juga vitamin dan EF. Jaga dan selalu perhatikan kondisi dan perubahan tingkah laku dari anakan agar tidak menjadi masalah fatal dan serius yang mengancam mereka nantinya.

7. Tips 

Berikut beberapa tips dalam perawatan murai ekor panjang :

  • Jangan lupa selalu membersihakna kandang dan tempat makan atau minum agar terhindar dari penyakit.
  • Sering seringlah memandikan murai agar bisa merangsang pertumbuhan bulu baru dan membuat mereka lebih sehat dan bugar
  • Usahakan memandikan pada waktu pagi dan lakukan penjemuran setelahnya (biasanya memakan waktu 30 hingga 60 menit)
  • Berikan EF untuk merangsang dan memperbaiki kekebalan tubuh dan pertumbuhan mereka
  • Jangan abaikan perilaku aneh seperti burung tampak diam, perubahan warna dan bau kotoran hingga kerontokan bulu.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Recent Posts

6 Pupuk untuk Tanaman Hias Agar Subur

Selain air dan sinar matahari, pupuk merupakan salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk…

5 months ago

5 Penyebab Kutu Putih pada Tanaman

Seperti gulma yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman, kutu putih juga merupakan salah satu hama yang…

6 months ago

Cara Menanam Euphorbia dalam Pot

Euphorbia merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Padahal, tanaman ini…

7 months ago

Sekam Padi : Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Sekam padi adalah salah satu sisa pertanian yang sering diabaikan, tetapi memiliki potensi besar untuk…

8 months ago

Dampak Menggunakan Sekam Padi

Sekam padi adalah sisa kulit luar butir padi setelah proses penggilingan beras. Sekam ini berwarna…

8 months ago

4 Cara Menanam Cabe Langsung di Tanah

Cabe merupakan salah satu komoditas yang paling banyak digunakan untuk memberikan cita rasa lezat dalam…

8 months ago