Sponsors Link

4 Cara Budidaya Nanas Madu di Halaman Rumah Anda

Sponsors Link

Bagi anda yang sangat suka mengkonsumsi buah, pastinya tidak asing dengan jenis buah yang satu ini. Di manapun anda akan sangat mudah menjumpai buah ini karena saat ini buah yang satu ini telah menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari orang. Yaitu buah nanas berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Daun Stevia, seperti yang anda tahu ini merupakan salah satu jenis buah bersisik.

ads

Rasanya yang lezat dan harganya yang ekonomis membuat buah ini selalu menjadi pilihan alternatif orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Di Indonesia sendi buah ini telah banyak dijual di berbagai toko dan pasar, mulai dari buah yang utuh hingga berbentuk bahan pangan olahan.

Dan karena buah nanas memiliki perpaduan rasa antara asam dan manis juga buah nanas juga memiliki kandungan air yang banyak sehingga berbeda dengan buah lainnya begitupun jika anda melihat Cara Budidaya Pepaya California, buah nanas memiliki tekstur yang renyah dan segar. Dengan rasanya yang khas banyak orang mulai membuat inovasi- inovasi menarik seperti selai, asinan, manisan, keripik, hingga es dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri saat ini ada beberapa jenis buah nanas, dan salah satu jenis buah nanas yang sangat digemari saat ini yaitu nanas madu. Berbeda dengan jenis nanas lainnya, nanas madu memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak.

Kandungan Nutrisi Nanas Madu

  • Vitamin A, B1, B6, C,
  • Mangan
  • Enzim proteolitik bromelain
  • Serat
  • Folat
  • Asam pantotenik
  • Glukosa
  • Antioksidan

Tidak hanya dilihat dari sisi kandungannya saja yang baik bagi kesehatan anda berbeda jika anda melihat Cara Menanam Daun Bawang, tetapi juga dari rasanya yang lebih lezat dan segar disbanding dengan nanas pada umumnya. Rasanya yang lebih manis dan tidak asam membuat nanas madu menjadi laris di pasaran. Walaupun dari segi ukuran memang nanas madu lebih kecil daripada nanas pada umumnya. Dengan banyaknya penikmat nanas madu saat ini anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Cara Budidaya Nanas Madu

Caranya yaitu dengan melakukan cara budidaya nanas madu, akan banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan nantinya. Dan berikut merupakan cara budidaya nanas madu yang praktis dan sederhana.

  1. Lahan Budidaya Nanas Madu

Langkah pertama dalam cara budidaya nanas madu yang harus anda perhatikan yaitu media budidayanya. Untuk media budidaya berbeda jika anda melakukan Cara Budidaya Jamur Kuping, adapun pemilihan lokasi yang baik agar nanas madu anda dapat tumbuh dengan subur. Pastikan bahwa anda memilih lokasi yang bersih dari limbah dan memiliki pencahayaan penuh. Adapun hal- hal yang harus anda lakukan dalam mempersiapkan lahan tanam :

  • Perhatikan lokasi yang anda pilih, pastikan lokasi memiliki tanah yang cukup luas dengan jenis tanah humus dan tidak terlalu kering.
  • Bersihkan area sekitar lahan dari rumput liar dan batuan kerikil yang dapat mengganggu proses budidaya.
  • Gemburkan tanah dan bajaklah menggunakan cangkul serta ukur kadar keasaman tanah. Tanah yang baik merupakan tanah yang memiliki pH di atas 6, anda bisa melakukan proses pengapuran terlebih dahulu.
  • Sebelum melakukan proses penanaman, anda harus menutrisi tanah dengan mencampurkan pupuk kandang dan sedikit sekam di lahan tanam dengan perbandingan 3: 2: 1.
  • Setelah anda melakukan proses penggemburan, pemupukan, dan pengapuran, maka anda bisa membuat gundukan memanjang pada lahan agar tanah tidak mudah terkikis. 
    Sponsors Link

  1. Bibit Nanas Madu

Langkah berikutnya yaitu menyiapkan bibit buah nanas, ada dua cara untuk mendapatkan bibit nanas. Cara pertama yaitu dengan mendapatkannya secara langsung dari menanam benih buah nanas, cara ini mungkin kurang praktis dan membutuhkan cukup banyak waktu.

Untuk itu anda bisa memulainya dengan cara ke dua, anda bisa mendapatkan bibit nanas yang siap tanam di toko pertanian. Dan berikut merupakan langkah pemilihan hingga penanaman bibit nanas :

  • Pastikan bahwa bibit nanas yang anda pilih tidak cacat atupun terkena virus dan hama penyakit.
  • Pastikan bahwa indukan dari bibit yang anda pilih memiliki catatan hasil panen yang baik.
  • Pastikan bahwa bibit merupakan bibit yang layak tanam dan berkualitas.
  • Setelah anda mendapatkan bibit yang baik, anda bisa mulai membuat lubang tanam pada gundukan tanah yang anda siapkan. Sebelumnya anda bisa menaburkan lagi pupuk kandang agar tanah semakin subur.
  • Untuk lubang tanam berilah jarak sekitar 1m hingga 1,5m, dan masukkan bibit nanas pada lubang tanam. Tutup lubang tanam dengan tanah yang telah dicampur pupuk.
  • Lalu sedikit padatkan tanah agar bibit nanas madu yang anda tanam dapat berdiri kokoh, sehingga tumbuh dengan baik.
  1. Perawatan Dan Nanas Madu

Adapun langkah yang tidak bisa anda lewatkan dalam melakukan cara budidaya nanas madu yaitu melakukan proses perawatan dengan baik dan benar. Tentunya ini bertujuan agar anda mendapatkan hasil panen yang baik dan berkualitas dan anda tidak mengalami kerugian apapun.

Berikut merupakan rincian dalam proses perawatan tanaman nanas madu yang harus anda perhatikan :

  • Hampir sama jika anda menanam tanaman jenis tanaman kebun, maka anda harus melakukan proses penyulaman. Perhatikanlah bila ada bibit yang terkena penyakit seperti hama ataupun virus, juga jika bibit mengalami mati karena layu maka anda harus segera menggantinya dengan bibit yang baru dan bagus. Buanglah bibit yang digantikan di tempat yang jauh dari lahan agar tidak menular pada bibit yang lainnya.
  • Adapun proses penyiraman yang sangat penting, anda bisa melakukan proses penyiraman setiap harinya maksimal 2 kali dalam sehari.
  • Dan anda juga harus melakukan proses penyiangan, ini bertujuan untuk menjaga kebersihan tanaman dan lahan sekitar. Dengan terjaganya kebersihan lahan dan tanaman maka nanas madu anda akan selalu sehat dan dapat tumbuh subur.
  • Jangan lupa juga untuk melakukan pemupukan lanjutan, ini sangat penting agar nanas madu anda selalu mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda bisa melakukannya setelah bibit berusia 2 hingga 3 bulan setelah masa tanam.
  • Pemupukan dapat anda lakukan setiap 1 hingga 3 bulan sekali menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.
Sponsors Link

  1. Panen Nanas Madu

Setelah semua proses anda lakukan dengan baik, maka anda sudah bisa mulai untuk memanen nanas madu anda saat usia tanaman berumur 12 hingga 24 bulan setelah masa tanam. Adapun beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda melakukan panen dalam cara budidaya nanas madu yaitu :

  • Perlu anda ketahui setiap tanaman nannas memiliki usia panen yang berbeda tergantung dari cara anda mendapatkan bibitnya. Jika anda mendapatkan bibit nanas madu langsung dari mahkotanya maka membutuhkan waktu sekitar 24 bulan untuk panen.
  • Jika anda memperoleh bibit nanas madu dari tunas batangnya, maka anda bisa mulai memanen buahnya ketika tanaman berusia 18 bulan. Adapun jika anda mendapatkan bibit dari tunas akarnya, anda bisa mulai memanen setelah tanaman berusia 12 bulan.
  • Adapun ciri buah nanas yang bisa dipanen yaitu mahkota buah yang sudah terbuka dengan tangkai buah yang mengkerut dan mata buah lebih bulat dan besar.
  • Untuk lebih mudahnya, anda bisa melihat dasar buah nanas dan mencium aromanya, buah nanas yang matang memiliki dasar buah berwarna kuning dengan baunya yang khas.
  • Anda bisa memanen buah nanas madu dengan cara memotong bagian pangkal dari buah nanas madu dan jangan terlalu lama untuk memanennya, ini dapat merusak kandungan nutrisi pada nanas.

Itulah cara budidaya nanas madu yang praktis dan sederhana untuk mempermudah anda agar mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanaman nanas madu yang anda tanam untuk menjaga kesuburannya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Buah Buahan