Sponsors Link

4 Cara Menanam Bawang dengan Media Kapas Mudah

Sponsors Link

Memiliki hobi bercocok tanam merupakan salah satu hobi yang sangat menarik dan memiliki banyak sekali keuntungan. Selain dapat menghilangkan stress atau penat ketika anda lelah bekerja berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Entok Pedaging, dengan bercocok tanam anda telah membantu membuat bumi menjadi lebih baik dan memperbaikinya.

ads

Dan dengan bercocok tanam pula rumah anda akan lebih asri dan sehat. Adapun keuntungan yang bisa anda dapatkan dari bercocok tanam dilihat dari segi ekonomi. Anda bisa menjual hasil bercocok tanam anda dengan harga yang sesuai di pasaran, tentunya ini sangat menguntungkan.

Mengingat saat ini harga tanaman beragam berbeda jika anda melihat Cara Mengobati Cacar Buah Melon, anda bisa memilih jenis tanaman yang dapat diperbanyak dengan mudah namun memiliki nilai jual yang tinggi. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa menjadi pilihan anda mulai dari sayur, buah, hingga rempah yang selain mudah juga memiliki harga yang tinggi. Salah satu jenis rempah yang saat ini banyak sekali dicari orang dan selalu menjadi pilihan ibu rumah tangga ataupun bagi anda yang memiliki hobi sampingan memasak adalah bawang.

Bawang sendiri merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang pasti dicari orang, karena ini juga merupakan salah satu rempah yang harus ada di dapur. Bawang sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, dan tidak ada masakan khususnya masakan Indonesia yang tidak memerlukan bawang. Dengan cirri khasnya, bawang mampu menambah rasa masakan anda menjadi lebih nikmat. Mulai dari aneka masakan pedas seperti sambal, sayur ikan, hingga pepes pasti menggunakan sambal. Tidak hanya itu saja, bahkan jika anda membuat sup ataupun sayur tumis anda juga akan menggunakan bawang.

Selain itu bawang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan anda. Bawang dapat mencegah berbagai gangguan penyakit jantung dan menjaga jantung anda agar tetap sehat. Selain itu dengan mengkonsumsi bawang secara teratur, sistem metabolisme tubuh anda dapat terbantu dan lebih lancar lagi. Bawang juga dapat menjadi obat bagi anda yang sering mengalami flu, demam dan masuk angin. Cukup mencampurkannya dengan minyak kelapa dan mengoleskannya ke tubuh maka penyakit ringan tersebut akan sembuh.

 Cara Menanam Bawang dengan Media Kapas

Ada banyak sekali manfaat serta kegunaan dari bawang membuat bawang di pasaran memiliki harga yang tinggi. Padahal cara menanamnya sangat mudah berbeda jika anda melihat Cara Budidaya Gurame, hal ini karena bawang merupakan salah satu jenis tanaman pertanian semusim.

Ada banyak sekali jenis bawang yang bisa anda tanam, mulai dari bawang putih, bawang dayak, bawang hitam, bawang Bombay, bawang merah dan masih banyak lagi. Adapun cara mudah dan murah yang bisa anda coba dalam menanam bawang- bawang tersebut, yaitu dengan melakukan cara menanam bawang dengan media kapas.

  1. Benih Bwang

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara menanam bawang dengan media kapas yaitu menyediakan benihnya. Untuk benih bawang sendiri dapat anda pilih dari bawang yang sudah cukup tua. Anda bisa memilih jenis bawang apapun untuk di tanam dan berikut penjelsannya :

  • Pilihlah jenis bawang yang ingin anda tanam dan pastikan itu merupakan jenis bawang yang biasa anda gunakan setiap harinya. Sebagai saran anda bisa memilih bawang merah.
  • Selain bawang merah selalu digunakan, di pasaran sendiri harganya sedang melambung. Akan sangat menguntungkan bagi anda untuk menanamnya.
  • Untuk benih bawang merah sendiri berupa bawang merah yang sudah tua dan sedikit terdapat akar dan tunas di bagian ujung- ujungnya.
  • Pilihlah bawang merah yang baik dan sehat tidak ada cacat sedikitpun, setelah itu anda bisa mulai melakukan proses pembenihan agar benih menjadi bibit dan siap untuk di tanam. 
    Sponsors Link

  1. Bibit Bawang

Langkah berikutnya dalam cara menanam dengan media kapas yaitu menyemai benih bawang agar menjadi bibit yang siap tanam. Untuk melakukan penyemaian sangatlah mudah terlebih bawang merah merupakan salah satu jenis bawang yang sangat mudah tumbuh dan bertunas, berikut penjelasannya :

  • Pertama siapkan alat dan bahan untuk menyemai benih terlebih dahulu berbeda jika anda melihat Cara Mengatasi Daun Keriting pada Tanaman Cabe, untuk alat dan bahannya sendiri mudah anda temui di sekitar anda seperti gelas, air, dan lidi.
  • Untuk gelasnya anda bisa menggunakan gelas plastik bekas ataupun berbagai macam jenis gelas yang tidak terpakai.
  • Isilah gelas tersebut dengan air kira- kira sebanyak setengahnya dan tancapkan lidi yang anda sediakan tepat di tengah- tengah benih bawang.
  • Lalu letakkan benih bawang dengan posisi bakal akar menghadap permukaan air dan usahakan terendam air namun tidak tenggelam.
  • Kaitkan lidi yang menancap pada bawang dengan mulut gelas agar bawang tidak jatuh ke dalam air.
  • Tunggu hingga benih bawang bertunas dan berakar. Kira kira 1 hingga 2 minggu jika benih bawang sudah menjadi bibit dengan tinggi sekitar 5 cm maka anda sudah bisa memindahkannya ke media tanam. 
    ads
  1. Media Tanam

Adapun langkah membuat media tanam dalam cara menanam bawang dengan media kapas. Kapas sendiri merupakan salah satu bahan yang dapat anda gunakan sebagai media tanam yang baik. Kapas sendiri memiliki serat yang mudah menyerap air dan dapat menjaga kelembaban bawang merah anda, berikut sedikit penjelasannya :

  • Sediakan wadah yang memiliki alas datar, anda bisa menggunakan tray ataupun media lainnya. Jangan lupa sediakan juga kapas, untuk kapas pastikan bukan kapas kecantikan.
  • Akan lebih baik jika anda membeli kapas murni yang asli, lalu tatalah kapas dengan ketebalan sekitar 6 hingga 10 cm di atas tray ataupun wadah yang ingin anda gunakan.
  • Buatlah lubang- lubang kecil untuk mempermudah anda menancapkan bibit bawang anda nantinya.
  • Semprot kapas pada media menggunakan spray, hati- hari ketika menyemprotnya jangan sampai kapas terlalu basah dan tergenang air.
  • Selain air berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Lotus, anda juga bisa menyemprotnya dengan larutan nutrisi, ketika anda menyemprot aturlah kadar air sehingga kapas hanya lembab saja bukan berair. Terlalu basah kapas pada media tanam dapat menyebabkan busuk akar dan gagal panen.
  • Setelah itu masukkan bibit bawang anda pada lubang- lubang kecil yang telah anda sediakan dan sangan lupa untuk menutup lubang kembali dengan kapas yang sama.
  • Jika anda melihat kondisi kapas yang terlalu tipis karena terkena air atau kapas yang terlalu basah hingga berair, anda bisa menambah beberapa helai kapas di bagian paling bawah dari kapas yang anda susun.
  • Kapas tersebut dapat menyerap air yang berlebih.
  1. Perawatan dan Panen

Langkah selanjutnya yaitu perawatan dan panen. Unruk perawatannya sendiri terbilang sangat mudah anda hanya perlu merawatnya hingga masa panen tiba, berikut penjelasannya :

  • Rawatlah tanaman bawang anda dengan menyemprot air menggunakan spray untuk menjaga kelembaban media tanam.
  • Lakukan penyiangan pada daun yang menguning untuk menjaga kebersihan serta meregenerasi tanaman.
  • Anda bisa memanen bawang terhitung selama 2 hingga 3 bulan dari masa tanam.

Itulah cara menanam bawang dengan media kapas yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran