Sponsors Link

Cara Menanam Benih Padi Mapan 02 dan Perawatannya

Sponsors Link

Cara Menanam Benih Padi Mapan 02Cara menanam padi mapan 02, mungkin dari anda banyak yang bertanya jika pada topik sebelumnya kita membahas padi mapan 05 maka pada kesempatan ini kita akan mengupas mengenai padi mapan 02.

ads

Secara spesigik keduanyan merupakan varoetas yang sama yakni berasal dari padi mapan. Baik mapan 05 ataupun 02 juga merupakan padi hibrida yang memiliki produktifitas unggul. Bedanya adalah waktu panen padi mapan 02 relatif lebih cepat yakni hanya berkisar antara 80-85 hari setelah tanam.

Tentu saja hal ini memberikan keuntungan tersendiri sebab budidaya dapat berlangsung dalam waktu yang relatif cepat. Perlu juga diketahui bahwa padi mapan 02 relatif tahan terhadap hama dan penyakit sehingga pastinya akan lebih menguntungkan jika dibudidayakan oleh para petani seperti juga  cara membuat pupuk organik dari daun

Karena kepopuleran dan juga produktifitasnya yang tinggi inilah maka padi mapan 02 banyak ditanam oleh para petani kita. Namun untuk menghasilkan panen yang maksimal maka sebaiknya para petani harus melakukan beberapa trik yang terangkum dalam Cara menanam padi mapan 02 – Dan perawatannya berikut ini.

Cara mengolah lahan tanam

Setidaknya terdapat dua hal yang terlebih dahulu harus dilakukan, yakni menyiapkan lahan tanam untuk padi mapan 03. Lahan tanam sendir terbagi menjadi dua, yakni lahan semai  dan juga lahan budidaya sebagaimana  cara membuat pupuk dari granul.

Untuk lahan semai  dan lahan tanam pengolahan lahanyyapun berbeda, dimana lahan semai mengalami pengolahan sebnayak dua kai sehingga dihasilkan lahan yang rata dan tekstur tanahnya halus. Sedangkan lahan tanam hanya mengalami sekali pengolahan yakni hanya dibajak dan digaru.

Cara menyemai  benih padi Mapan 02

Teknik penyemaian benih padi mapan 02 relatif sama dengan penyemaian padi pada umumnya sebagaimana  budidaya tanaman bawang putih di dalam polybag. Tentunya juga terdapat treathment atau perlakuan khusus yang diterima oleh benih sebelum ditebar diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Biji benih dicuci dengan menggunakan air bersih , setelahnya kemudian dilakukan perendaman selama 6-8 jam.
  2. Selanjutnya benih kemudian diseleksi dengan hanya menggukana bagian benih yang tenggelam dan membuang bagian benih yang mengambang.
  3. Kemudian benih dimasukkan kedalam wadah atau karung untuk kemudian dilakukan perangsangan pernumbuhan akar.
  4. Caranya adalah dengan mendiamkan benih selama sehari semalam atau selama 24 jam
  5. Setelah akar muncul maka kemudian benih dapat langsung ditebar ke lahan semai.
  6. Kepedatan populasi penebaran benih tergangtung kondisi dan luas lahan tanam. Namun sebaiknya dibuat jangan terlalu rapat agar memudahkan saat proses memindahkan bibit ke lahan tanam.
  7. Benih disebat secara merata pada lahan tanam, kemudian selanjutnya cek selalu kondisi air dan perkembangan pertumbuhan benih.
  8. Kondisi air harus selalu diperhatikan serta juga pengendalikan terhadap hama dan penyakit terutama hama keong dan juga ukat yang biasnaya kerap menyerang tanaman muda padi mapan 02.

Cara menanam padi mapan 02 di lahan

Langkah selanjutnya adalah menanam padi di lahan tanam yang sudah siap, penamanam diawali denganmencabut bibit padi mapan 02 Dari lahan semai, kemudian diikat dalam satu ikatan agar memudahkan proses pengangkutan ke lahan tanam.

Selanjutnya adalah menanamkan bibit padi mapan 02 di lahan dalam jarak yang ditentukan, biasanya jarak tanam tergantung kepada luas lahan serta juga tingkat kesuburan tanah sebagaimana pada  cara budidaya jamur tiram dengan serbuk gergaji


Namun idealnya karena padi mapan 02 mampu menghasilkna 10-20 malai padi maka jarak tenam harus diperlebar menjadi 15-20 cm. padi mapan 02 juga memiliki struktur batang yang kokoh sehingga meskipun jarak tanam lebar maka resiko rebah tidak banyak terjadi.

Cara merawat dan memelihara padi Mapan 02

Tahapan paling krusial dalah pemeliharaan dan perawatan sebab hal inilah yang nantinya akan menentukan hasil dan kualitas serta produktifitas panen.

Oleh sebab itu hal hal yang jangan sampai terlewatkan terutama saat menanam padi mapan 02 hampir sama dengan  budidaya bawang merah di lahan kering diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Pengairan

Air merupakan kebutuhan utama bagi tanaman padi mapan 02. Meskipun de,ikian selain kondisi air maka jumlah air yang diberikan kelahan tanam juga harus di control. Sejak masa tanam hingg padi siap mengeluarkan anakan air harus disediakan secara terus menerus. Jangan sampai tanaman mengalami kekeringan sebab hal ini akan menimbulkan padi Mapan 02 gagal panen.
Sebaliknya jika sudah mendekati masa panen maka jumlah air dikurangi dengan cara mengeringkan air pada lahan tanam, agar mempercepat proses penuaan gabah serta juga memudahkan saat proses pemanenan. 


  • Pemupukan

Dalam satu kali siklus penanaman pemupukan dilakukan minimal adalah 3 kali. Jenis pupuk yang diberikan yakni pupuk dasar berupa dasar yakni pupuk Urea yang mengandung unsure nitrogen diberikan sebanyak dua kali saat tanaman berumur 1 dan 2 bulan setelah tanam.
Kemudian pupuk NPK dan SP-36 diberikan saat tanaman padi mapan 02 mulai akan mengeluarkan anakan. Untuk dosis dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Sedangkan pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditebarkan pada lahan tanam.

  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan sekurang kurnagnya adalah sebanyak 3 kali dalam satu kali masa tanam. Penyingan ini dilakukan secara manual atau dalam istilah tradisonal dikenal dengn bahasa matun.
Merupakan metode menyingkirkan dan membuang gulma dengan menggunakan tangan. Hal ini merupakan upaya agar nutrisi dari pemupukan dapat langsung terserap oleh padi mapan 02 tanpa terganggu oleh adanya gulma.

  • Penanggulangan Hama dan Penyakit (HPT)

Meskipun padi mapan 02 cukup rentan dalam menghadapi serangan baik hama ataupun penyakit, namun tidak ada salahnya untuk melakukan upaya preventif atau pencegahan. Biasanya dilakukan dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisidan dan fungisid dengan dosis rendah.
Jika kemudaian masih ditemui adanya serangan HPT maka dosis penyemprotan pestisida dapat ditingkatkan sesuai dengan anjuran yang tertera.

Itulah tadi, penjabaran mengenai cara menanam padi mapan 02 – dan perawatannya. Semoga dapat menjadi referensi dan sumber tambahan pengetahuan bagi anda, serta semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang sebenasr-bensarnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman