Home » Tanaman » Bunga » Cara Menanam Bunga Kertas dengan Stek Batang

Cara Menanam Bunga Kertas dengan Stek Batang

by puputpurwanti A.Md

Cara menanam bunga kertas dengan stek batang, akan menjadi topik yang kita ulas dalam kesempatan ini. Sebagaimana kita tahu bahwa bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang termasuk difavoritkan dan ditanamn oleh sebagian besar masyarakat kita.

Daya tarik dari tanaman ini tidak lain adalah memiliki jenis dan waran yang beragam sehingga cenderung menarik dn juga indah dipandang mata.

Selain itu juga tanaman bunga kerta dapat dilakukan stek sehingga dalam satu batangnya kita akan mendapatkan warna bunga yang berbeda, tentu saja hasilnya akan lebih indah dan unik. Hal inilah yang membuat tanaman ini diperbanyak dan dibudidayakan, nah untuk bagian yang biasa dipakai sebagai bahan perbanyakan adalah bagian stek batang.

Yuk disimak Cara menanam bunga kertas dengan stek batang – dan tahap perawatannya berikut ini :

Menyiapkan bahan perbanyakan yakni bagian stek batang

Nah, untuk memulai tahapan menanam bungan kertas maka terlebih dahulu kita harus mendapatkan bahan perbanyakan yang tidka lain adalah bagian batang. Adapun criteria batang yang baik adalah sebagai berikut ini:

  1. Pilih bagian batang yang tidak terlampu tua dan juga tidak terlampau muda.
  2. Hal ini dapat dilihat dari warna batang yang masih menunjukkan warna batang cokelat kehijauan.
  3. Diameter batang yang baik dipakai sebagai bahan stek kurang lebih 1-2 cm.
  4. Ambil bagian batang yang sehat serta juga masih ditumbuhi daun yang lebat.
  5. Selanjutnya kemudian potong batang tanaman sepanjang 25 cm.
  6. Setelah itu kemudin runcingkan bagian dasar batang, agar nantinya saat ditanamn tidak terbalik.

Mengolah lahan tanam

Bunga kerta sangat cocok ditanam disekitar pekarangan yakni dibagian depan rumah, karena memiliki batang yang besar maka pastinya membutuhkan area yang luas oleh sebah itu maka pilih lokasi yang tepat dan menjadi lokasi yang jauh dari tanaman lainnya.

Nantinya tanaman akan tumbuh semakin membesar dikhawatirkan jika dicampur dengan tanaman lainnya akan dapat menyebabkan pertumbuhan yang lain terganggu.

Adapun lahan tanam tidak perlu diolah secara khusus, anda hanya harus mencangkul dan menggemburkan bagian tanah yang akan dijadilakn lokasi tanam. Kedalaman lubang tanam berkisar antara 5-10 cm. kemudian tambahkan pupuk kandang kedalam lubang tanam agar tanah semakin subur sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon,

Menanam bunga kertas dengan stek batang

Tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan langsung menanam bagian stek batang pada lokasi tanam. Caranya sangat mudah yakni hanya dengan menancapkan bagian dasar batang yang sudang diruncingkan kedalam lubang tanam.

Sebelum itu oleskan terlebih dahulu hormone perangsang penumbuh akar agar tanaman lebih cepat tumbuh, Kemudian tutup kembali lubang tanamn dan posisikan tanaman kedalam posisi yang tegak l;urus.

Perawatan tanaman bunga kertas

Sebagaimana jenis tanaman hias lainnya bunga kerta juga harus dirawat dengan baik agar dapat menghasilkan kualitas bunga yang indah.

Oleh sebab itu, tahapan perawatan bagi tanaman bunga kertas tidka perlu terlalu intensif namun tetap ada beberapa hal yang wajib dilakukan diantaranya adalah:

  • Pengairan / penyiraman

Hal yang paling penting dan krusial adalah melakukan penyiraman sebab pada saat awal awal masa penanaman bagian stekk batang sangat membutuhkan air.

Sehingga tentu anda harus rutin melakukan penyiraman minimal sebanyak 2 kali dalam sehari hal ini agar bagian stek batang tidak mengalami kekeringan. Ketersediaan air juga akan merangsang pertumbuhan akar tanaman sehingga tanaman akan dapat mudah tumbuh sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

  • Pemupukan

Agar tanaman bunga kerta dapat tumbuh dengan baik maka juga perlu dilakukan pemupukan baik menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik.

Tambahkan pupuk kandang setiap 2 minggu sekali ke bagian dasar dekat dengan bagian kara tanaman hal ini agar pertumbuhan tanaman terutama pada masa vegetative dapat berlangsung dengan optimal.

Selanjuntnya jika tanaman siap berbungan maka dapat ditambahkan pemupukan memakai pupuk NPK dan KCL yang diberikan pada bagian akar tanaman dengan jaraj 5 cm dari bagian batang. Atau juga dapat diberikan dengan cara dikocorkan bersamaan dengan penyiraman air ketanaman sehingga akan lebih mudah diserap.

  • Pemangkasan daun dan ranting yang mati dan busuk

Agar pertumbuhan tanaman semakin optimal maka perlu dilakukan pemangkasan terutama kepada bagian daun dan ranting tanaman baik yang busuk atau mati.

Dikhawatirkan jika tidak dilakukan mamak akan diserang jamur dan penyakit akaibat bagian tanaman yang busuk dan mati. Hal ini juga merupakan upaya untuk menumbuhkan tunas baru sehingga tanaman dapat terus menghasilkan bunga yang indah seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

  • Pengendalian HPT

Bunga kertas termasuk jenis tanaman hias yang tidak mudah diserang hama dan penyakit sehingga tentunya tidk ada treatment khusus untuk mengatasi serangan hama dan penyakit. Namun sebagai pencegahan maka dapat dilakukan penyemprotan menggunakan insektisidan dan fungisida terutama setelah proses pemangkasan dengan dosis yang sesuai dengan aturan pakai.

Nah, itulah tadi Cara menanam bunga kertas dengan stek batang – dan tahap perawatannya, semoga dapat bermanfaat.

You may also like