Sponsors Link

3 Cara Menanam Bunga Panca Warna Bagi Pemula

Sponsors Link

Bunga pancawarna memiliki keindahan tersendiri yang bisa membuat mata siapapun meliriknya berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Matahari, bagi anda pecinta tanaman hias khususnya bunga mungkin bunga yang satu ini bisa menjadi pilihan alternatif anda dalam berkebun.

ads

Di pasaran sendiri juga banyak sekali orang yang mencari bunga pancawarna. Selain karena bentuknya indah dengan aneka warna yang menarik, bunga panca warna ini dapat ditanam di berbagai media.

Bunga pancawarna memiliki nama ilmiah Hydrangea macrophylla dan lebih dikenal oleh banyak orang dengan nama hortensia. Bunga ini awalnya berasal dari daerah Asia Timur dan selatan seperti Jepang, Tiongkok, Himalaya dan Indonesia yang kemudian menyebar hingga ke Amerika Utara dan Selatan. Bunga pancawarna sendiri merupakan tanaman jenis semak dengan ketinggian hingga 3 meter namun ada juga beberapa jenis yang dapat tumbuh setinggi 30 meter.

Untuk daunnya sendiri berbentuk bulat telur dengan bentuk tepi yang bergerigi dan berwarna hijau muda berkilau. Di alam sendiri bunga pancawarna dapat anda jumpai di berbagai daerah beriklim sejuk seperti di daerah pegunungan. Selain dikenal dengan nama hortensia berbeda jika anda melihat Cara Menanam Cabe di Ember, di beberapa daerah di Indonesia sendiri juga dikenal dengan nama kembang bokor.

Untuk bunganya sendiri majemuk dan membentuk malai yang keluar dari ujung tangkai menyerupai rangkaian bunga yang membulat seperti sanggul. Pada tanaman bunga pancawarna anda dapat melihat daun pada mahkota bunga yang sebenarnya merupakan kelopak daun bunga.

Ada berbagai macam warna bunga panca warna ini, mulai dari warna biru, merah, merah jambu, ungu, hijau hingga putih. Warna- warna yang ada pada bunga panca warna ini sebetulnya ada karena kadar asam pada media tanamnya.

Dengan kadar asam tanah atau pH yang normal akan menghasilkan bunga panca warna putih krem, dan tanah dengan pH basa menghasilkan bunga  merah jambu atau ungu. Bunga panca warna sendiri merupakan salah satu tanaman yang pada daun bunganya dapat mengumpulkan unsure alumunium dan melepaskannya pada tanah yang bersifat asam sehingga bunga akan berwarna biru.

Dan itulah seputar bunga pancawarna yang berbeda jika anda melihat Cara Menanam Bunga Lipstik, bagi anda yang ingin menanamnya anda bisa menanamnya di berbagai macam media seperti pot atau pun secara langsung. Caranya sangat mudah dan tidak memerlukan biaya besar dalam merawatnya. Adapun cara menanam bunga panca warna yang sangat mudah dan sederhana sehingga anda dapat melakukannya di rumah. Berikut kami sampaikan penjelasannya.

Cara Menanam Bunga Pancawarna

  1. Bibit Bunga Pancawarna

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam bunga panca warna yaitu menyiapkan bibit bunga yang berkualitas dan layak tanam. Ada cara untuk memperoleh bibit bunga panca warna yaitu dengan membelinya di toko bibit ataupun membuat stek dari bunga panca warna. Dan berikut merupakan cara menyetek bunga panca warna untuk mendapatkan bibit yabng berkualita dan layak tanam :

  • Pertama pilihlah indukan bunga panca warna yang memiliki kualitas baik, dengan warna bunga yang segar dan daun yang tidak pucat.
  • Setelah anda menemukan indukan yang pas, bersihkan mulsa dan tanah dasri dasar tanaman indukan bunga panca warna pada bagian belakang dan sampingnya.
  • Carilah tunas yang tidak berbunga dengan jumlah daun 2 hingga 3 lembar, perlu anda ketahui bahwa sangat penting untuk mencari bakal stek dari bagian batang yang mendekati dasar tanaman. Hal ini karena batang yang lebih berkayu akan menghasilkan lebih banyak akar.
    Sponsors Link

  • Pastikan bahwa bakal stek yang anda pilih memiliki panjang minimal 13 hingga 15 cm, anda bisa memilihnya di pagi hari agar batang terjaga kesegarannya ketika anda melakukan stek.
  • Setelah itu, potong bakal stek bunga panca warna yang telah anda pilih menggunakan gunting ataupun pisau yang benar- benar tajam agar bentuknya simetris.
  • Potonglah sekitar 5 cm di bawah nodus dedaunan bagian batang atau tanaman yang sedikit terlihat membengkok dimana tempat tumbuhnya tunas dan daun.
  • Buanglah kelebihan daun dengan memotong daun- daun di bagian bawah dan sepasang daun yang terletak paling atas. Membuang daun- daun tersebut akan memicu tanaman menghasilkan lebih banyak akar.
  • Celupkan bagian bawah potongan batang bunga panca warna ke dalam hormon pengakaran, anda bisa menggunakan hormon dengan jenis cair ataupun bubuk.
  • Stek panca warna bisa berkembang tanpa hormone pengakaran, namun akan tumbuh lebih cepat jika anda menggunakan hormon.
  1. Media Tanam

Ada dua jenis media tanam yang bisa menjadi pilihan anda dalam cara menanam bunga panca warna. Dan berikut penjelasan mengenai bagaimana mempersiapkan lahan tanam dalam media yang tepat dan lebih praktis :

  • Pertama, karena baru saja di stek maka anda membutuhkan media tanam berupa pot untuk satu atau beberapa potong stek bunga panca warna. hal ini untuk melakukan proses pembentukan akar terlebih dahulu sebelum anda memindahkannya ke media tanam lain.
  • Masukkan tanah campuran yang terdiri dari gambut dan pasir atau vermiculite, dengan perbandingan 1: 1 sebanyak setengah bagian pot.
  • Tambahkan tanah ke dalam pot hingga hampir penuh dan siram dengan menggunakan metode spray. Untuk menyiramnya usahakan tanah tidak terlalu basah, ini bertujuan untuk melembabkan tanah saja dan pastikan tidak ada bagian tanah yang masih kering.
    Sponsors Link

  • Tancapkan stek ke dalam pot, tekan ke bawah secara perlahan hingga mencapai kedalaman kurang lebih 5 cm.
  • Biarkan selama 2 atau 3 minggu hingga terjadi proses perakaran, jangan lupa untuk meletakkan pot berisi stek bunga panca warna di luar rumah namun masih ternaungi dan terlindungi dari angin dan hujan.
  • Setelah berusia 2 atau 3 minggu berbeda dengan Cara Menanam Manggis dari Biji, jika stek sudah berakar anda bisa memindahkannya ke media tanam untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Pindahkan bibit stek bunga panca warna ke dalam pot yang lebih besar atau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan untuk setiap satu buah stek.
  • Sedangkan jika anda ingin menanamnya di lahan terbuka secara langsung, anda bisa langsung menanamnya begitu saja, tentunya jangan lupa untuk melakukan proses penggemburan tanah dan pemupukan terlebih dahulu sebelum memindahkannya.
  1. Perawatan

Langkah selanjutnya dalam cara menanam bunga panca warna yaitu melakukan perawatan yang tepat agar bunga panca warna anda selalu terjaga keindahannya. Dan berikut penjelasannya :

  • Pertahankan kelembaban tanah pada media namun jangan terlalu berlebihan jika menyiram, anda hanya bisa menyiram jika tanah mulai kering saja dan hindari menyiram hingga tanah basah ataupun ada air yang menggenang.
  • Lakukan pemupukan lanjutan dan penyiangan setiap 2 minggu sekali.
  • Jagalah kebersihan tanaman dengan melakukan pemangkasan yang berbeda dengan Cara Menanam Bunga Violet, selain itu ini juga bertujuan untuk meregenerasi tanaman.
  • untuk mengatasi hama anda bisa menyemprotnya dengan pestisida secukupnya.

Itulah langkah- langkah mudah dalam cara menanam bunga panca warna yang dapat anda lakukan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga