Sponsors Link

5 Cara Menanam Pohon Mangga Indramayu Paling Mudah

Sponsors Link

Mangga berasal dari berbagai jenis pohon dalam genus Mangifera , salah satu yang paling umum untuk dijual komersial adalah mangga indramayu. Pola perkecambahan dan pertumbuhan mangga sangat mirip dengan alpukat. Ada lubang di tengah-tengah buah yang menghasilkan satu biji, yang harus tumbuh hanya sekitar satu bulan setelah disemai.

ads

Mangga berasal dari pohon, namun pertumbuhannya lambat, jadi jangan berharap mendapatkan buah apa pun dalam lima tahun pertama. Salah satu ciri khas dari mangga indramayu adalah daging buah yang manis dan tebal. Sekarang sudah banyak yang mencari tau tantang cara menanam pohon mangga indramayu seperti cara menanam mangga dengan cangkok.

Ada begitu banyak cara untuk menumbuhkan pohon yang indah ini dari biji, dan sebagian besar yang saya coba tampaknya bekerja dengan baik. Satu hal yang pasti, Anda harus menanam biji / benih sesegera mungkin setelah makan buah, ini akan memastikan kesempatan terbaik untuk perkecambahan. Juga selama musim semi atau musim panas adalah saat yang tepat untuk mulai menanam biji mangga.

1. Kenali Kondisi Tumbuh

  • Cahaya: Bibit mangga membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung. Setelah tanaman mulai tumbuh, berikan cahaya sebanyak mungkin, termasuk memindahkannya ke luar jika memungkinkan.
  • Air: Air biasa, tetapi jangan biarkan mereka dengan kaki basah. Mangga, seperti banyak buah-buahan tropis , tumbuh subur dalam periode bergantian basah dan kering. Biji membutuhkan kelembaban yang teratur untuk tumbuh.
  • Tanah: Tanah pot yang kaya gambut dengan drainase yang sangat baik sangat bermanfaat.
  • Pupuk: Beri makan dengan pupuk cair yang lemah sepanjang musim tanam. Potong pupuk kembali sebulan sekali atau lebih di musim dingin

2. Menyiapkan bibit dari biji

Pohon mangga tumbuh dengan mudah dari biji. Dapatkan biji mangga segar dan potong kulit kerasnya. Masukan benih di dalam dan tanam dalam campuran tanah, kompos dan benih dalam pot besar seperti cara menanam mangga alpukat.

Tempatkan benih dengan ¼-inci yang menonjol di atas permukaan tanah saat menumbuhkan pohon mangga. Jaga agar tanah tetap lembab dan tempatkan pot di mana suhu tetap setidaknya 21 ° C.

  • Pertumbuhan biji dapat terjadi sedini delapan hingga 14 hari, tetapi bisa memakan waktu hingga tiga minggu. Perlu diingat bahwa bibit pohon mangga baru Anda tidak akan menghasilkan buah setidaknya selama enam tahun pertama.
  • Setelah Anda makan mangga Anda, Anda akan membersihkan sisa serat dan ampas dari biji. Sedikit sisa serat tidak apa-apa.
  • Kemudian biarkan biji mangga mengering sedikit (sekitar satu setengah hari).
  • Keluarkan kulit luar yang keras dari biji. Jika Anda melihat sisi benih, Anda akan melihat punggung bukit. Menempelkan pisau ke punggungan ini dan mencongkel dua bagian terpisah adalah cara termudah untuk melepaskan kulit terluar.
  • Satu sisi inti biji mangga akan lebih bulat daripada yang lain. Tempatkan benih, sisi bulat ke atas, di piring air. Piring harus ditempatkan di ambang jendela di tempat yang hangat dan cerah.
  • Biarkan benih di dalam air sampai mulai bertunas. Ini bisa berlangsung mulai dari 1-3 minggu.
  • Ketika benih telah tumbuh, tanam biji mangga dalam pot gambut sampai tumbuh cukup kuat untuk ditransplantasikan di luar ruangan. 

3. Memindahkan Bibit Mangga Indramayu

Anda dapat menumbuhkan pohon mangga Anda sendiri dengan biji mangga yang berkecambah, banyak tukang kebun lebih memilih untuk memasukkan benih mereka dalam wadah air sebelum menempatkan mereka ke dalam tanah.

Tanam benih mangga ini begitu tumbuh, membutuhkan perhatian khusus pada akar yang membentang sehingga tidak rusak selama proses seperti cara menanam mangga arumanis.

  • Siapkan pot dan kompos untuk benih yang berkecambah. Isi pot dengan kompos hingga 2,5 cm di bawah menggunakan bantuan tangan. Biji mangga Anda mungkin besar, tetapi perlu pot kecil untuk tetap dikeringkan dengan baik selama masa pertumbuhan bibit.
  • Buat lubang kecil di tengah kompos menggunakan trowel tangan Anda. Lubang ini harus cukup besar untuk menampung seluruh bentuk benih, termasuk akar yang mungkin telah melebar ke luar.
  • Hati-hati mengambil biji mangga dari wadah pembibitan aslinya, seperti stoples. Perhatikan dengan seksama ke tempat Anda memegang benih dengan tangan Anda, jangan menyentuh akar jika telah menonjol dari kulit biji. Bahkan kuas kecil di tangan dapat merusak akar dan menyebabkan kematian bibit.
  • Perlahan tempatkan benih ke dalam lubang kompos, dengan sisi lengkung biji menghadap ke atas. Jangan mendorong benih ke dalam kompos; hanya membiarkannya duduk dengan longgar di dalam lubang. Hati-hati isi lubang dengan kompos menggunakan trowel tangan. Tepian biji melengkung seharusnya hanya pada tingkat tanah, dengan lapisan kompos yang menutupi bentuknya.
  • Pilih lokasi sinar matahari penuh untuk pembibitan. Anda mungkin ingin menyimpan pot di dalam ruangan sampai menghasilkan batang dan daun sehingga hewan yang ingin tahu, seperti anjing peliharaan, tidak menggali benih.
  • Siram benih langsung setelah tanam. Amati lingkungan benih setiap hari. Siram lagi hanya ketika bagian atas kompos telah kering dari penyiraman sebelumnya. Permukaan yang kering menunjukkan bahwa komposisi tanah benih cukup baik untuk mengeringkan nutrisi yang mengalir ke bagian tumbuh benih.
  • Biji mangga tumbuh dengan cepat dalam pot kecil. Bersiaplah untuk transplantasi bibit berulang kali ke dalam wadah yang lebih besar karena tanaman menjadi pohon asli. Perawatan benih yang tepat membudidayakan pohon besar yang berbuah. 

4. Cara Menanam Bibit

Cara menanam pohon mangga indramayu adalah dengan menggali lubang yang dua kali lebar dan sedalam gumpalan akar. Periksa drainase dengan mengisi lubang dengan air dan perhatikan seberapa cepat salurannya mengering. Pohon mangga dapat bertahan hidup selama beberapa periode banjir, tetapi tanaman tersehat diproduksi di mana tanah meresap air dengan baik seperti cara menanam mangga dengan biji.

5. Perawatan Pohon

Perawatan pohon mangga indramayu mirip dengan pohon buah apa pun.

  • Sirami pepohonan secara mendalam untuk memenuhi akar tunggang yang panjang. Biarkan permukaan atas tanah mengering hingga kedalaman beberapa inci sebelum disiram lagi.
  • Menahan irigasi selama dua bulan sebelum berbunga dan kemudian melanjutkan kembali setelah buah mulai berproduksi.
  • Pupuklah pohon dengan pupuk nitrogen tiga kali per tahun. Berikan makan dan menerapkan 1 pon per tahun pertumbuhan pohon.
  • Pangkas saat pohon berusia empat tahun untuk menghilangkan batang yang lemah dan menghasilkan cabang pohon yang kuat. Setelah itu, lakukan pemangkasan hanya untuk menghilangkan bahan tanaman yang rusak atau berpenyakit.
  • Merawat pohon mangga juga harus termasuk mengawasi hama dan penyakit. Berurusan dengan ini karena mereka terjadi dengan pestisida organik, kontrol budaya dan biologi atau minyak hortikultura. Menanam pohon mangga di rumah akan memberi Anda buah segar yang segar dari pohon rindang yang menarik.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam pohon mangga indramayu. semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tanaman