Sponsors Link

7 Cara Menanam Mangga Arumanis Tabulampot

Sponsors Link

Mangga arumanis merupakan salah mangga lokal yang dilepas oleh kementrian pertanian sebagai mangga varietas unggul. Mangga merupakan tanaman buah tahunan,  pamor mangga yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Keberadaannya di pasar buah selalu menjadi incaran para pencinta mangga seperti juga cara menanam strawberry di pipa. Dari namanya saja anda pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa.buah ini memiliki wangi harum dan rasa manis.

ads

Yap memang benar rasa buahnya yang manis,  warna daging buah kuning, dengan sedikit kandungan air, sedikit serat dan tentu ukuran dagingnya yang tebal dan bijinya yang relatif kecil membuat buah ini sangat di sukai. Sebagai buah khas daerah tropis tentu saja mangga ini sangat terkenal dan diminati. Buah mangga ini memiliki bentuk jorong dengan sedikit berparuh dan meruncing pada bagian ujungnya. Warna kulit hijau dengam lapisan lilin alami, warna buah ini akan tetap hijau meskipun buah sudah matang.

Produktivitas mangga ini juga dikenal tinggi, dapat menghasilkan 54 kg buah per sekali panen dalam satu batang. Jadi tinggal kalikan saja ya dengan jumlah pohon yang anda miliki. Mungkin, ini juga menjadi salah satu hal mengapa mangga arumanis sangat di minati di tanam di pekarangan rumah seperti juga cara menanam anggur di daerah tropis .

Jika anda memiliki lahan luas mungkin tidak menjadi masalah menanamnya di lahan. Namun, bagaimana dengan mereka yang memiliki lahan sempit terutama yang tinggal di perumahan dan daerah perkotaan. Apakah tidak bisa memiliki tanaman buah sendiri. Namun, dunia pertanian juga semakin berkembang dan selalu menyesuaikan zaman.

Cara Menanam Mangga Arumanis Tabulampot

Jika anda mengenal teknik hidroponik untuk menanam sayuran, tanaman hias dan buah semusim. Maka dalam menanam buah tahunan anda akan mengenal istilah tabulampot. Tabulampot merupakan kepanjangan dari tanam buah dalam pot. Lhoh, kok bisa? Penasaran bukan, berikut 7 cara menanam mangga arumanis tabulampot.

1. Memilih Bibit Mangga Arumanis

Persyaratan utama dalam tabulampot adalah menyiapkan benih yang berkualitas seperti dalam cara menanam mangga alpukat. Agar tanamn lebih cepat berbuah maka sebaiknya memilih bibit hasil cangkok atau okulasi. Biasanya bibit cangkok atau okulasi akan berbuah setelah 1,5-2 tahun.

Sedangkan bibit yang berasal dari biji akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk berbuah sekitar 3-4 tahun. Kriteria bibit cangkok atau okulasi berkualitas dapat anda lihat dari hal-hal seperti dibawah ini :

  • Warna daun hijau, segar, mengkilap, dan cerah.
  • Tidak ada cacat pada tanaman baik dari batang, daun ataupun cabangnya.
  • Tinggi tanaman bibit yang ideal kurang lebih 30 cm.
  • Tanaman sehat, kuat dan kokoh serta tidak terserang hama dan penyakit.
  • Tidak ada akar tanaman yang keluar dari polibag.

2. Menyiapkan Media Tanam

Sama seperti dengan jenis tanaman lain, mangga arumanis juga menghendaki tanah yang gembur, subur, menyerap air dengan cepat serta kaya kn unsur hara seperti dalam cara budidaya nanas madu. Oleh karena itu media tanam yang bisa digunakan adalah tanah, pupuk kandang/kompos, arang sekam. Siapkan  masing masing media dengan perbandingan 2:1:1. Kemudian campurkan hingga merata dan diamkan selama seminggu baru kemudian dapat digunakan. 

Sponsors Link

3. Memilih Wadah/Pot Tanam

Pemiliham pot menjadi faktor penting dalam menanam mangga arumanis secara tabulampot. Ukuran pot harus disesuaikan dengan ukuran pohon yang di tanam seperti pada cara budidaya pepaya california.

Untuk mangga arumanis ukuran pot yang ideal adalah dengan diameter 60 cm, dengan tinggi pot minimal adalah 30 cm. Pilih pot dengan bagian dasar yang berlubang agar memudahkan pengeluaran air. Selain itu, perhatikan juha material pot harus bersifat kuat, kokoh, tidak mudah pecah, tahan terhadap cuaca dan juga tentunya enak di pandang.

4. Menanam Mangga Arumanis

Setelah persiapan alat dan bahan siap, maka tahap selanjutnya adalah menanam mangga arumanis seperti juga pada cara menanam delima . Untuk itu, ikuti panduan cara menanam mangga tabulampot seperti di bawah ini.

  • Isikan media tanam yang telah disiapkan tadi kedalam pot. Isikan 1/3 bagian pot dulu.
  • Kemudian ambil bibit tanaman yang sehat, lalu buka plastik pembungkus polibagnya.
  • Setelah itu masukkan bibit kedalam pot tanam.
  • Kemudian isikan kembali media hingga penuh sampai kepermukaan pot.
  • Usahakan media jangan sampai menutupi bekas cangkokan atau okulasi.
  • Siram media tanam menggunakan air hingga semua air keluar dari pot.
  • Letakkan pot di tempat yang teduh. 
    ads

5. Pemeliharaan dan Perawatan

Pada dasarnya pemeliharaan dan perawatan mangga arumanis tidak jauh berbeda dari perawatan mangga yang di tanam dilahan dan seperti cara menanam pala . Beberapa perawatan standar yang wajib anda lakukan antara lain :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan minimal 2 kali dalam sehari dan di sesuaikan dengan kondisi media. Saat musim kemarau sebaiknya intensitas penyiraman ditingkatkan. Sedangkan pada musim hujan sebaiknya kurangi penyiraman. Idealnya penyiraman dilakukan menggunakan gembor atau selang. Jangan melakukan penyiraman menggunakan ember karena dapat merusak media tanam.

  • Pemupukan

Pemupukan pada tanaman mangga arumanis dapat di berikan dengan menggunakan pupuk anorganik. Pupuk NPK merupakan pupuk yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tanaman mangga yang optimal. Berikan 30 gram NPK setiap sebulan sekali. Sebarkan merata pada tajuk tanaman namun, jangan terlalu dekat dengan batang. Anda juga dapt menambahkan pupuk kandang ke media tanam setiap 2 bulan sekali.

  • Penanggulangan Hama dan Penyakit

Dalam menanam mangga arumanis tabulampot tentu tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Untuk mengendalikannya anda bisa melakukan pencegahan dengan menyemprotkan pestisida setiap 1-2 bulan sekali dengan dosis yang di anjurkan. Pada saat tanaman mulai berbuah anda harus telaten untuk membungkus buah menggunakan koran atau plastik. Lakukan pembungkusan ini sejak buah tanaman berukuran kecil.

  • Penjarangan Buah

Penjarangan buah dilakukan pada saat tanaman menghasilkan buah pertama. Biasanya buah yang dihasilkan pertama kali akan memiliki rasa yang asam dan berukuran kecil. Oleh karena itu, jangan sayang sayang untuk membuang buah yang muncul pertama. Hal ini akan membantu kualitas buah setelahnya lebih bagus dan berukuran besar serta berasa manis.

6. Saatnya Mangga Dipanen

Mangga arumanis akan mulai menghasilkan buah pada umur 1,5-2 tahun setelah tanam. Idealnya tanama akan berbuah setiap setahun sekali seperti juga pada cara menanam kelengkeng.

Untuk mempertahankan kualitas buah sebaiknya petik buah sebelum masak di pohon.

Jika terlalu masak maka buah akan jatuh dengan sendirinya dan tentu berpengaruh pada kualitas buah. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong buah dari tangkainya. Kemudian simpan buah di tempat yang sejuk dan bersih. 

Sponsors Link

7. Repotting atau Penggantian Pot 

Tidak dipungkiri jika semakin lama maka ukuran pohon mangga arumanis yang anda tanam akan semakin besar. Tentunya hal itu membuat tanaman membutuhkan tempat tumbuh yang lebih besar seperti juga cara menanam jambu madu . Oleh karenanya anda harus melakukan  repotting atau pengantian pot dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan pot yang berukuran lebih besar dari ukuran pot yang digunakan sebelumnya.
  • Terlebih dahulu pangkas akar akar yang mengganggu.
  • Kemudian pindahkan tanaman ke dalam pot yang baru.
  • Pada tahap ini anda juga sekaligus melakukan pergantiam media tanam.
  • Cara pindah tanam ini sama dengan yang dilakukan saat penananam mangga peryama kali.
  • Setelah itu, lakukan pemeliharaan dan perawatan seperti biasanya.
  • Idealnya repotting dilakukan setiap 2 tahun sekali agar tanaman mangga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Itulah 7 cara menanam mangga arumanis tabulampot. Solusi bagi anda yang tetap ingin menanam buah namun, terkendala oleh lahan yang sempit. Sangat cocok bagi anda yang tinggal diperumahan sempit dan lingkungan perkotaan. Selain bisa menikmati buah segarnya secara langsung anda juga bisa menggunakan tanamn ini sebagai pelengkap penghias taman rumah. Keberadaannya akan membuat lingkungan hunian anda semakin asri dan sejuk. Mudah bukan, anda bahkan bisa mencobanya sendiri di rumah. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan