Sponsors Link

5 Cara Menanam Delima dari Biji Paling Mudah

Sponsors Link

Bagi anda yang sangat hobi melakukan bercocok tanaman jenis buah, sama halnya ketika anda melakukan Cara Menanam Oregano mungkin anda perlu mencoba untuk menanam buah yang satu ini. untuk lebih mengenal tentang buah delima agar anda mudah menanamnya, berikut merupakan penjelasan singkat mengenai buah delima. Buah delima memiliki nama latin Punica granatum yang termasuk jenis tanaman buah buahan dengan tinggi mulai dari 5 hingga 8m.

ads

Awalnya, tanaman ini berasal dari Iran dan karena era perdagangan, maka buah delima ini  menyebar hingga ke berbagai Negara. Banyaknya petani delima membuat buah ini semakin digemari oleh masyarakat, selain karena rasanya yang manis dan renyah buah delima juga memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh anda.

Kandungan Buah Delima

  • Polifenol
  • Glikosida
  • Antosianin
  • Antioksidan
  • Vitamin C, B, E, K
  • Fosfor

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam buah delima membuat buah ini kaya akan manfaat, tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga bagi keindahan tubuh anda. Seperti yang anda tahu, buah delima juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias di pot- pot, sebagai tanaman obat ataupun bahan minuman diet.

Namun banyak juga orang yang memakainya sebagai bahan campuran kosmetik ataupun vitamin rambut, hal ini karena banyaknya kandungan dalam buah delima dapat membuat kulit tubuh tampak lebih cerah, sehat, halus serta awet muda dan bagi rambut, kandungan buah delima dapat membuat rambut anda lebih hitam dan tampak berkilau.

Banyaknya manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah delima ini, sama seperti pada Cara Menanam Oyong, maka anda bisa menanamnya dirumah. Dengan begitu anda tidak perlu bersusah payah ataupun mengeluarkan uang untuk mendapatkan buah delima. Untuk anda yang sangat ingin menanam buah delima, berikut adalah cara menanam delima dengan mudah yang dapat anda aplikasikan di rumah.

  1. Benih/ Bibit Delima

Sebenarnya untuk menanam buah delima ada berbagai cara sama dengan Cara Menanam Semangka Inul, cara- cara ini dikelompokkan berdasarkan dari cara memperoleh benih ataupun bibit pohon delima. Untuk memperjelas agar anda mudah dalam menanam pohon delima, berikut merupakan langkah- langkahnya :

  • Anda dapat memperoleh benih atau bibit delima secara cangkok dari pohon indukan delima yang sehat serta memiliki buah yang berkualitas baik dan subur.
  • Anda juga dapat memperoleh bibit delima yang siap untuk ditanam di media tanam seperti pot ataupun lahan luas seperti pekarangan tanpa harus melakukan penyemaian terlebih dahulu.
  • Selain itu jika anda ingin menanamnya dari benih yang anda dapatkan dari buah delimanya langsung, anda bisa menjemur biji buah delima hingga kering dan melkukan proses penyemaian terlebih dahulu.
  • Untuk media semai anda dapat menggunakan tanah gembur yang sudah anda campur dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 2: 1: 1.
  • Setelah benih bertunas dengan ketinggian 5 hingga 10 cm maka anda sudah bisa memindahkan di lahan tanam.
Sponsors Link

  1. Lahan tanam

Setelah bibit delima anda siapkan seperti jika anda melakukan Cara Menanam Bunga Tulip , langkah selanjutnya anda harus menyiapkan lahan tanam bagi tanaman delima anda. Untuk menyiapkan lahan tanam pohon delima, anda harus menyiapkan dari segi penyinaran, kelembaban tanah serta kadar asam atau pH tanah. Ada dua media lahan tanam tumbuhan delima yang dapat anda siapkan, anda bisa memilih salah satunya saja.

Berikut adalah penjelasan singkat serta langkah- langkahnya :

  • Pilihlah lokasi lahan tanam yang memiliki pencahayaan cukup dan baik, ini sangatlah penting bagi pertumbuhan serta kesuburan tanaman anda nantinya.
  • Pilih juga lokasi yang memiliki tanah gembur, jika tanah belum cukup gembur maka disarankan anda melakukan pembajakan menggunakan sekop ataupun cangkul.
  • Setelah lokasi tepat, anda diharuskan untuk melakukan pemupukan awal yaitu dengan mencampurkan tanah mneggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.
  • Atur juga keasaman serta kelembaban tanah, jika tanah memiliki pH kurang dari 6, anda bisa menambahkan zat kapur agar pH menjadi 6. Sebelumnya siramlah tanah terlebih dahulu hingga tanah terasa lembab namun tidak terlalu basah.
  • Jika anda menanam dalam pot, pilihlah pot yang berukuran sedang dengan diameter kurang lebih sekitar 20 hingga 30 cm.
  • Isi pot dengan tanah campuran pupuk kandang ataupun pupuk kompos terlebih dahulu.
Sponsors Link

  1. Menanam Bibit Delima

Sebelum anda menanam bibit, pastikan bibit merupakan bibit unggul yang sehat dan tidak cacat sama sekali. Setelah itu, berikut merupakan langkah- langkahnya :

  • Pohon delima sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis tumbuhan semak, namun pohon delima juga dapat tumbuh besar layaknya pohon buah pada umumnya. Sebelum menanam anda harus membuat lubang tanam terlebih dahulu pada lahan tanam.
  • Lubang tanam dibuat dengan jarak 1m pada tiap lubang tanam. Ini bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan sebur.
  • Setelah anda membuat lubang tanam, masukkan bibit tanaman delima ke dalam tiap lubang tanam.
  • Tutup lubang tanam dengan tanah campuran pupuk kandang ataupun kompos dan sekam dan sedikit padatkan tanahnya agar tanaman dapat berdiri kokoh dan tidak mudah jatuh ketuka terkena angin.
  • Untuk penanaman di pot, anda bisa langsung menanamkan bibit delima ke dalam lubang tanam yang telah anda buat.
ads
  1. Perawatan Delima

Dalam melakukan cara menanam delima, anda juga harus melakukan perawatan sama halnya jika anda melakukan Cara Menanam Wheatgrass, kepada tanaman delima yang telah anda tanam. Untuk perawatan pada delima sangatlah mudah dan praktis, berikut langkahnya :

  • Penyiraman harus anda lakukan maksimal 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. Anda hanya perlu memastikan bahwa tanah lahan tanam selalu lembab dan tidak kekeringan. Anda juga bisa melakukan penyesuaian penyiraman pada musim saat anda menanam.
  • Selanjutnya adalah pemupukan dan penyiangan, pemupukan dan penyiangan dapat anda lakukan secara bersamaan dalam setiap 2 minggu sekali.
  • Anda juga dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan tanaman delima anda, jika tanaman delima memiliki hama yang sulit diatasi, anda dapat mengatasinya menggunakan pestisida secukupnya untuk mengatasi hama yang menyerang.
  1. Memanen Delima

Jika anda sudah melakukan cara menanam delima serta perawatannya dengan tepat, maka anda bisa memanen buah delima kurang lebih 3 tahun setelah masa tanam. Biasanya buah delima matang dan siap untuk dipanen pada bulan Agustus hingga September.

Berikut adalah cara memanen delima dengan tepat :

  • Ciri dari buah delima yang matang yaitu berukuran sekitar 5 hingga 13 cm dengan kulit buah yang halus dan berwarna kuning ke merahan hingga merah.
  • Ciri yang lain yaitu, jika anda mengetuknya dengan jari, maka ada bunyian seperti logam yang beradu, maka anda sudah dapat memanennya.
  • Untuk memanen delima, anda bisa menggunakan gunting, pisau bahkan memetiknya secara langsung.
  • Jika anda ingin memetiknya secara langsung maka lakukan pemetikan dengan cara memutar buahnya, dengan begini tekstur tanaman tidak akan rusak.

Cara menanam delima di atas merupakan cara sederhana serta mudah yang dapat anda lakukan. selain itu berbeda dengan buah lainnya, buah delima dapat bertahan hingga 6 bulan jika disimpan di lemari es. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan