Sponsors Link

4 Cara Menggunakan Pupuk Herbafarm Pada Jenis Tanaman Cengkeh

Sponsors Link

Herbafarm merupakan pupuk yang tepat untuk pilihan petani dalam menjaga dan merawat tanamannya supaya hasil panennya melimpah. ada banyak sekali keunggulan dari Pupuk Bio Organik yang satu ini diantaranya adalah seperti.

ads
  • Herbafarm diperoleh dari hasil proses bahan tanaman obat dan juga rempah
  • Menggunakan salah satu alat canggih dalam prosesnya yakni dengan biological complex process yang pasti menjamin kualitas.
  • Banyak sekali mengandung unsur hara baik itu makro dan juga micro yang sangat di butuhkan sekali oleh setiap jenis tanaman
  • Herbafarm juga mengandung asam humat dan asam fulvat selain itu juga terdapat hormon tanaman
  • Herbafarm juga mengandung microba yang dinamakan bio fertilizer dengan memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengikatan maupun penyerapan unsur yang terdapat dalam tanah

Baca juga : Cara Menggunakan Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cabe

  • Manfaat Herbafarm

Selain keunggulan tersebut Manfaat Herbafarm juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna sekali bagi tanaman diantaranya seperti dengan.

  1. Herbafarm mampu memperbaiki beberapa sistem tanah baik itu secara fisik, kimia ataupun juga dengan biologi.
  2. Herbafarm mampu menyediakan unsur hara essential tanaman
  3. Herbafarm mampu merangsang setiap proses pertumbuhan tanaman dan juga mampu meningkatkan daya tahan terhadap serangan hama dan juga penyakit
  4. Herbafarm mampu meningkatkan setiap aktivitas mikrobiologi tanah dalam proses penyerapan unsur hara menjadi lebih baik dan juga efisien
  5. Herbafarm mampu mengurangi dosis pemupukan kimia yang sifatnya konvensional sekitar 50% dari setiap dosis yang dianjurakan
  6. Herbafarm mampu meningkatkan efisiensi pemupukan

Baca juga : Inilah Cara Menggunakan Pupuk Glio Nasa

Penggunaan herbafarm sendiri tidak boleh digunakan bersamaan dengan jenis pestisida dan herbisida dengan berbahan kimia. Apabila Sprayer baru saja diaplikasikan oleh pestisida atau dengan herbisida berbahan kimia, haruslah dicuci dahulu dengan sabun.

Untuk aplikasi dari pupuk Bio Organik dari herbafarm dan pestisida atau herbisida berbahan kimia, harus dilakukan dengan 3 hari berselang. Sangat tidak dianjurkan penggunaan Herbafarm bersamaan dengan aplikasi dari jenis pupuk urea. Untuk Aplikasi Herbafarm dan Urea akan baik jika menggunakan jenis dari pupuk organik padat baik itu kompos atau pupuk kandang.

Baca Juga :Cara Menggunakan Pupuk Borax Pada Sawit

Pupuk Herbafarm selain berguna sangat baik bagi tanaman cengkeh, namun juga sangat efektif untuk digunakan pada setiap jenis tanaman yang memiliki umur dengan jangka panjang. Berikut adalah tahapan dan cara menggunakan pupuk herbafarm pada jenis tanaman cengkeh.

Pengolahan Lahan

  1. Herbafarm Disiramkan dengan dosis antara 4 tutup botol dengan dicampur air 2 sampai dengan 4 liter arahkan pada lubang yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Herbafarm Boleh dicampur pupuk kandang apabila tersedia
  3. Diamkan dahulu selama 7 sampai 10 hari sebelum ditanam

Pemupukan

  1. Pemumpukan dilakukan setelah 15 sampai 30 hari proses tanam dilakukan
  2. Untuk Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 15 hari, selama 3 bulan berturut-turut lakukan 6 kali dan jangan sampai terputus.
  3. Setelah itu Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 1 bulan
  4. Penggunaan herbafarm harus dicampur air bila tanahnya kering, namun apabila asah boleh dengan cara dikocor saja
  5. Dosis pada tanaman cengkeh pada usia 5 tahun diberi 1 liter herbafarm untuk 20 pohon, atau lebih jelasnya dengan hanya 4 tutup botol herbafarm per pohon
  6. Dosis Pada tanaman cengkeh pada usia 6 sampai 10 tahun diberi 1 liter herbafarm untuk setiap 15 pohon, atau dengan hanya 6 tutup botol per pohon untuk takaran pasnya
  7. Dosis untuk usia cengkeh 10 tahun ke atas, diberi 1 liter herbafarm untuk setiap 10 pohon atau hanya dengan 8 tutup botol per pohon untuk ukuran pasnya
  8. Cara mengkocor Herbafarm adalah dengan mengarahkan pada tajuk yakni dibawah daun paling luar tanaman.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pupuk Herbafarm Pada Tanaman Cengkeh

Waktu Pemupukan

  1. Pemupukan Untuk tanaman sendiri harusah dilakukan sebelum tepat jam 8 pagi atau sesudah jam 4 sore
  2. Apabila pada batang terdapat sebuah jamur atau semut dan juga ada serangga lainnya, herbafarm bisa disemprotkan dengan diberi dosis 5 tutup botol untuk setiap tangki 14 liter.
  3. Untuk melakukan Semprotkan herbafarm, haruslah memulainya dari bawah ke atas dan sampai ke bagian bawah dari daun.

Aplikasi Herbafarm pada Tahapan Berikutnya.

  1. Pupuk jenis Bio Organik Herbafarm yang telah diencerkan dengan air. Yakni dengan dosis takaran untuk setiap satu tutup botol berisi 10ml harus diencerkan dengan air sekitar 2 sampai 5 liter.
  2. Setiap larutan Herbafarm bisa digunakan untuk merendam benih sebelum siap untuk ditanam.
  3. Setiap larutan Herbafarm bisa disemprotkan ke setiap lahan setelah olah tanah dan juga bisa dilakukan sebelum penanaman
  4. Setipa larutan Herbafarm bisa disemprotkan ke area akar, batang dan juga daun.
  5. Penyemprotan Herbafarm haruslah dilakukan dengan selang waktu di kisaran 7 sampai 10 hari sampai menunggu tanaman berbuah.
  6. Penyemprotan Herbafarm haruslah dilakukan setiap pagi hari sebelum pukul 09.00 atau bisa juga pada sore hari sekitar pukul 16.00.
  7. Penyemprotan Herbafarm haruslah dilakukan pada area permukaan bawah daun, batang dan di sekitar area perakaran.
  8. Untuk Aplikasi pada penggunaan tanaman besar seperti halnya pohon dewasa, bisa dilakukan dengan menyiramkan di area sekitar perakaran atau sebuah piringan pada setiap tanaman.
  9. Untuk Aplikasi pada pemeliharaan tanaman setiap hari setelah tanam sangatlah dianjurkan

Baca Juga : cara-menggunakan-pupuk-nongfeng-kelengkeng

Demikian artikel tentang cara menggunakan pupuk herbafarm pada jenis tanaman cengkeh yang patut dicoba bagi petani cengkeh. semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Tanaman