Sponsors Link

7 Cara Merawat Tanaman Buah Jambu Kristal Sampai Panen

Sponsors Link

Hallo penyuka jambu, pastinya anda yang sedang mebaca artikel aini menyukai banyak jenis jambu, atau sedang memikirkan ide budidaya jambu bukan? Nah coba cek terlebih dahulu artikel kami : cara menanam jambu bol dari biji, sebelum anda melanjutkan mebaca cara merawat buah jambu kristal yang akan kita bahas kali ini.

ads

Jambu kristal adalah salah satu jenis jambu yang banyak dicari dan disukai oleh banyak orang. Mengapa? Karena rasa buahnya yang manis, memiliki sedikit biji dan mudah untuk dipelihara. Nah, tunggu apa lagi yuk kita sipak panduan cara merawat tanaman buah jambu kristal ini.

1. Pemeliharan Harian Jambu Kristal

Anda tidak boleh mengabaikan hal-hal kecil yang mungkin sering disepelekan dalam pemeliharaan harian seperti cara membasmi hama pada daun jambu. Karena ini akan menentukan keoptimalan panen dari jambu nantinya, loh.

  • lakukan penyiangan dengan cara membuang bagian dari tunas yang muncul dan menempel pada batang indukan utama. Penyiangan ini tidak lain bertujuan untuk maksimalnya pertumbuhan buah dan ukurannya bisa lebih besar dan tentu saja buahnya akan menjadi lebih manis.
  • Begitu juga dengan pengelolaan tanah, jangan lupa untuk selalu mengolah tanah dan usahakan tanah tempat penanaman dari tumbuhan jambu kristal ini tetap subur dan gembur. Ini akan diperuntukan untuk pertumbuhan maksimal dari jambu kristal dan tanaman akan tumbuh dengan kuat.
  • Lakukan juga penyulaman dan penjarangan agar nantinya tumbuhan bisa bebas dari gangguan gulma penggangu yang akan merusak pertumbuhannya. Sebelum melakukan metode ini pastikan bagian tanaman memang sudah bersih dari beragam gulma dan jika memang ada bibit tanaman yang sudah terlanjur rusak dan hampir mati maka ganti saja dengan bibit tanaman yang baru.
  • Lakukan pemangkasan atau perempelan yang akan terjadi di ujung tanaman setelah tumbuhan jambu kristal ini nantinya menginjak usia 2 tahu. Ini diperuntukan untuk pertumbuhan daun yang subur yang akan memicu proses pertumbuhan buah. Bahkan setelah proses panen anda juga harus melakukan tahapan pemangkasan ini seperti cara menanam jambu air citra.

2. Proses Pemupukan Tanaman

Seperti ketika anda mepelajari cara membasmi hama pada daun jambu, anda juga harus mengetahui kapan harus melakuakan pemangkasan atau perempelan untuk jambu kristal ini. Biasanya proses ini akan segera dilakukan jika tumbuhan jau kristal sudah mulai berusia 2 tahun.bahkan ini merupakan proses yang akan segera dilakukan setelah pemanenan.

3. Pemupukan Tanaman

Agar tumbuhan jambu kristal ini tumbuh dengan baik dan subur maka setidaknya lakukan pemupukan secara berkala. Anda bisa melakukan pemupukan ketika berumur 0 hingga 1 tahun sedangkan jenis pupuk yang akan diberikan adalah pupuk campuran : TSP, Pupuk Kandang, ZK dan Urea. Taburkan pupuk di sekitar tanaman atau and ajuga bisa dnegan cara melubangi tanah dan masukan pupuk sedalam 30 cm.

Sponsors Link

4. Proses Pengairan Serta penyiraman

Anda bisa melakukan penyiraman setelah bibit yang didapat dari hasil transpalasi maupun cankokan setelah 2 minggu lamanya. Penyiraman ini sendiri cukup dilakukan 2 kali sehari. Setelah bibit tumbuh dengan baik maka kurangi intensitas penyiraman hanya menjadi sekali setiap hari nya.

Dan usahakan anda menjauhkan bibit tanaman ini dari area yang mudah mendapatkan genangan air ketika hujan lebat melanda. Jika memang tidak memungkinkan maka gunakan saja parit yang dibuat secara manual. Ini akan memudahkan jalur air anda untuk mengalir dan lakukan saja panyiraman setiap pagi atau sore.

5. Cara Pengendalian Hama Dan Penyakit

Tidak jarang hal sering menyebabkan hasil panen tidak optimal adalah masalah hama maupun penyakit yang menyerang tanaman kita. Nah untuk masalah penyakit maupun hama tanaman jambu kristal ini kami akan mengulasnya, di bawah ini :

  • Kutu putih, ulat daun, jamur karat merah, kumbang buah, lalat buah, kutu putih dan jamur embun adalah jenis penyakit dan hama yang sering menyerang jambu kristal.
  • Gunakan metode membungkus buah agar bisa menjadi pengendalian dan pencegahan hama yang akan merusak kualitas buah.
  • Gunakan pengontrolan menggunakan penyemprotan insektisida, umpan beracun serta menggunakan air rebusan pala.
  • Air rebusan pala ini mengandung senayawa metyl eugenol yang bisa mebasmi hama dan penyakit jambu kristal sedangkan insektisida sebaiknya gunakan yang mengandung zat aktif metyl eugenol serta yang memiliki kandungan Chloropyrifos.
    Sponsors Link

6. Cara Pembungkusan Buah

Agar bisa menghindari serangan hama seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya diperlukan metode pembungkusan buah seperti :

  • Gunakan plastik bening dan lakukan pembungkusan buah ini setelah kelopak buah hampir jatuh. Sebaiknya gunakan dulu jaring buah sebelum melakuakn pembungkudan buah menggunakan plastik bening ini, biasanya jaring buah adalah bahan yang menggunakan sterogorm.
  • Ada 2 cara dalam pembungkusan buah jambu kristal ini. Pertama anda bisa langsung mengikat plastik di daerah tangkai daun.
  • Anda juga bisa mengikat plastik di bagian cabang dari buah jambu kristal ini. Metode kedua akan lebih aman dimana jika terkena angin jambu akan berada di dalam plastik dan tidak mudah putus.

7. Pemanenan

Jika and amenanam bibit jambu kristal yang berasal dari cangkokan maka biasanya akan bisa mulai dipanen setelah berumur 6 bulan dan metode penanaman bibit yang berasal dari cangkok disinyalir menghasilkan bua yang lih cepat. namun jika dari bibit biasa maka harus menunggu hingga sekitar 2 tahun agar bisa dipanen. Itulah cara merawat tanaman buah jambu kristal sampai panen.

Biasanya jambu kristal akan berubah warna menjadi putih kekuningan jika sedah siap untuk dipanen. Sedangkan buah yang masih belum siap panen akan tetap bewarna hijau. Lakukan penyortiran sesuai selera jika hendak memasarkan jambu ini.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Buah Buahan