Sponsors Link

6 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Cantik

Sponsors Link

Berbicara mengenai jenis- jenis tanaman, tanaman hias merupakan jenis tanaman yang sering dicari orang. Selain karena bentuknya yang menarik, setiap tanaman hias memiliki keunikannya sendiri. Seperti namanya, tanaman hias berfungsi sebagai penghias rumah seperti penghias ruangan ataupun kebun dan taman, tak jarang juga orang memanfaatkan tanaman hias sebagai bahan untuk dekorasi berbagai macam acara seperti acara ulang tahun, acara pernikahan dan masih banyak lagi.

ads

Banyaknya peminat dari tanaman hias membuat banyak pula pedagang tanaman mulai menjual berbagai macam tanaman hias, mulai dari tanaman hias yang biasa saja dan sering dijumpai hingga tanaman hias yang unik- unik dan tidak umum. Bentuk serta keunikan yang terdapat pada tanaman hias dapat menentukan harganya, semakin menarik dan unik tanaman hias tersebut harganya pun semakin mahal dan semakin biasa bentuk tanaman hias tersebut harganya pun cenderung murah.

Dan bagi anda pemilik tanaman hias, agar tanaman hias yang anda miliki tetap terjaga keindahannya anda juga perlu melakukan perawatan khusus tidak seperti pada Cara Menanam Durian. Perawatan pada tanaman hias berbeda dengan perawatan yang anda lakukan pada tanaman biasa ataupun tanaman jenis sayur pada umumnya. Merawat tanaman hias sebenarnya bisa terbilang mudah, anda hanya perlu memperhatikan kondisi tanaman dengan baik dan tekun dalam merawatnya.

Untuk anda yang masih bingung dengan perawatan tanaman hias, berikut adalah cara merawat tanaman hias yang sudah kami ulas dengan lebih sederhana agar anda dapat dengan mudah mengikutinya. Lakukanlah cara- cara berikut dengan benar agar tanaman hias anda tetap tumbuh dan terawatt dengan baik.

  1. Penyiraman Tanaman Hias

Hal terpenting yang harus anda lakukan dalam merawat tanaman hias yaitu melakukan penyiraman dengan baik. Penyiraman pada tanaman hias berbeda dengan jika anda menyiram tanaman jenis lainnya. Perlu anda ketahui juga bahwa tanaman hias ini lebih cenderung sensitif dan memerlukan cara khusus untuk perawatannya. Setiap tanaman hias memiliki caranya tersendiri dalam penyiraman dan ini harus anda perhatikan dengan baik.

Untuk lebih jelas dan memudahkan anda, berikut adalah langkah tepat dalam melakukan penyiraman pada tanaman hias :

  • Perhatikanlah jenis tanaman hias apa yang anda miliki, apakah itu termasuk jenis tanaman hias yang harus disiram setiap saat ataukah tidak.
  • Jika tanaman hias anda cenderung tidak suka air seperti jenis tanaman kaktus ataupun violces yang dapat mati jika disiram air terlalu banyak, maka anda tidak perlu melakukan penyiraman setiap hari.
  • Anda hanya perlu melakukan penyiraman pada saat tanah tanaman hias sudah mulai mongering.
  • Namun apabila anda memiliki tanaman hias yang sangat senang dengan air, anda harus rutin menyiramnya sehari sebanyak 2 kali pada pagi dan sore.
  • Hindari penyiraman tanaman hias pada siang hari, ini akan mengganggu proses fotosintetis pada tanaman.
  • Untuk tanaman hias berukuran kecil dan dalam pot, anda sebaiknya menggunakan metode spray untuk penyiraman dan untuk tanaman hias yang cenderung berukuran besar, anda dapat menyiramnya menggunakan alat penyiram biasa seperti slang ataupun teko penyiram.
Sponsors Link

  1. Kelembaban Tanaman Hias

Terkait dengan penyiraman yang anda lakukan, anda juga harus memperhatikan kondisi tanah dan pada udara di sekitar  tanaman hias anda tidak seperti Cara Menanam Singkong. Untuk mengetahui apakah tingkat kelembaban pada tanaman hias anda telah cukup, anda dapat memperhatikan warna serta tekstur yang ada pada tanaman hias anda. Jika anda melihat daun yang agak layu dengan warna kecoklatan ataupun kekuningan, ini artinya tingkat kelembaban udara dan tanah pada tanaman hias anda tidak mencukupi.

Adapun tips agar tanaman hias anda memperoleh kelembaban yang cukup :

  • Perhatikanlah kondisi udara sekitar tanaman apabila kondisinya sedikit panas dan kering maka anda dapat memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk seperti di dalam ruangan.
  • Namun apabila kondisi sekitar terlalu sejuk dan lembab maka anda dapat memindahkan tanaman pada ruang terbuka seperti taman ataupun kebun.
  • Perhatikan pula tanah lahan tanam, apabila tanah kering dan terlihat pecah- pecah maka anda perlu menyiramnya dan menggemburkannya agar tanah subur kembali dan kelembabannya terjaga.
  • Perhatikan pula musim saat itu, jika musim kemarau tiba, sebaiknya anda meletakkan tanaman hias anda di dalam ruangan yang sejuk agar kesegaran serta keindahannya tetap terjaga.
  • Anda juga dapat menyemprotkan air dingin di sekitar tanaman jika kelembaban udaranya sangat tidak mencukupi, hal ini dapat membuat udara disekitar menjadi lebih sejuk dan lembab.
  1. Penyiangan dan Kebersihan Tanaman Hias

Sama halnya ketika anda menanam berbagai jenis tanaman lainnya seperti Cara Menanam Bunga Aster, anda juga harus melakukan penyiangan untuk menjaga kebersihan pada tanaman hias agar terlihat lebih indah. Untuk penyiangan yang dilakukan pada tanaman hias berbeda dengan ppenyiangan yang anda lakukan jika menanam tanaman jenis lain.

Untuk itu berikut adalah penjelasan mengenai langkah penyiangan dan kebersihan cara merawat tanaman hias tanaman hias :

  • Penyiangan pada tanaman hias harus dilakukan setiap saat ketika ada daun tanaman yang sudah mulai layu dan menguning.
  • Anda dianjurkan untuk sesering mungkin memperhatikan tanaman hias anda. Perhatikanlah di sekitar lahan tanam ataupun tanah pada pot, cabutlah rumput liar ataupun gulma yang tumbuh di tanah tanaman hias anda.
  • Untuk mencabutnya usahakan agar pencabutan tidak merusah tanaman.
  • Dan anda juga diharuskan untuk membersihkan daun- daun yang menguning dan kering, dengan membersihkan daun- daun ini maka tanaman hias anda akan lebih terhindar dari berbagai macam hama dan penyakit.
  • Untuk membersihkan daun- daun yang menguning, disarankan anda menggunak alat gunting tanaman agar bentuk serta tekstur tanaman tidak rusak dan pertumbuhannya juga tidak terganggu seperti Cara Menanam Bunga Lavender.
ads
  1. Pemupukan Tanamn Hias

Cara merawat tanman hias berikutnya adalah pemupukan. Berbeda dengan tanaman jenis lain, pemupukan terhadap tanaman hias perlu dilakukan secara khusus. Anda disarankan untuk memupuknya menggunakan pupuk jenis organik seperti pupuk kandang ataupun kompos.

Untuk pupuk kandang ataupun kompos pilihlah pupuk yang memang untuk tanaman hias jadi bukan hanya sekedar pupuk biasa yang digunakan untuk tanaman pada umumnya. Dan pupuk juga haruslah pupuk yang berkualitas baik agar tanaman hias anda dapat tumbuh dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah tepat dalam melakukan pemupukan terhadap tanaman hias :

  • Pemupukan yang baik dilakukan setiap 2 minggu sekali yaitu pada pertengahan bulan.
  • Cara yang baik untuk pemupukan pun tidak sekedar menebarkan pupuk di tanah tanaman hias, buatlah lubang- lubang kecil pada tanah tanaman hias.
  • Lalu isilah lubang- lubang tersebut dengan pupuk khusus tanaman hias dan tutupi lubang dengan tanah yang dicampur sekam. Jangan lupa untuk memadatkan dan meratakannyanya.
  • Lubang pupuk sebaiknya dibuat lebih dari 3 dengan ukuran kecil jika tanaman berada dalam pot kecil, sesuaikan jumlah serta ukuran lubang pupuk dengan media tanam. Lubang ini bertujuan agar tanaman hias anda dapat mudah menyerap pupuk sehingga dapat ternutrisi dengan baik.
  1. Hama Tanaman Hias

Pada tanaman hias hama perlakuan untuk pencegahan serta mengatasi hamanya beragam tergantung pada jenis tananaman hias dan hama yang sering muncul pada tanaman hias tersebut tidak seperti Cara Menanam Labu. Kebanyakan hama yang menghampiri tanaman hias adalah jenis hama ulat dan belalang.

Tentu, hama ini sangatlah merugikan anda karena hama ini tidak hanya menyerang daun tetapi juga dapat menyerang bunga pada tanaman hias anda. Sehingga tanaman hias anda akan rusak dan berkurang keindahannya. Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah langkah tepat dalam menghindari serta mengatasi hama pada tanaman hias anda :

  • Pertama perhatikan terlebih dahulu jenis hama apa yang ada pada tanaman hias anda dan seberapa parah hama yang ada pada tanaman hias anda.
  • Jika tanaman mengidap hama ulat ataupun belalang, dengan kondisi yang tidak begitu parah maka anda dapat mengatasinya dengan memberantasnya.
  • Perhatikan setiap daun dan bunga yang ada pada tanaman hias anda, buanglah ulat ataupun belalang yang menempel pada tanaman dan bersihkan kotoran yang menempel. Buang juga bagian yang telah rusak agar tidak terjangkit oleh hama itu lagi.
  • Namun apabila hama terlanjur parah, maka anda dapat menggunakan pestisida namun dengan secukupnya saja dan dengan dosis yang telah dianjurkan. Hindari penggunaan pestisida berlebih pada tanaman hias anda, ini akan merusak tekstur serta karakteristik tanaman anda.
  • Untuk pemberian pestisida, anda dianjurkan untuk memberikannya dengan metode spray, jika anda ingin memberantas serta mencegah hama tanaman hias secara alami, maka anda dapat menggunakan cairan kunyit.
Sponsors Link

  1. Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman hias tidak dilakukan pada semua jenis tanaman hias seperti Cara Menanam Mentimun, ini hanya dilakukan pada tanaman hias jenis tertentu saja seperti jenis tanaman hias yang ukurannya sedang ataupun besar. Untuk mengetahui lebih jelasnya bagaimana cara yang tepat, sebagai berikut :

  • Perhatikan terlebih dahulu tanaman hias anda apakah ada bagian tanaman yang perlu dirapikan atau tidak, seperti cabang yang tumbuh terlalu panjang ataupun ranting yang mengganggu serta membuat keindahan tanaman hias anda berkurang.
  • Jika ada, pangkaslah bagian tersebut menggunakan gunting tanaman ataupun pisau. Pemangkasan ini bertujuan untuk menjaga keindahan pada tanaman hias anda.
  • Selain untuk menjaga keindahan pada tanaman hias anda, pemangkasan ini juga dilakukan untuk meremajakan kembali tanaman hias anda. Sehingga tanaman hias anda akan lebih bertahan lama.

Itulah cara merawat tanaman hias anda yang dapat kami ulas dengan rinci dan sederhana agar anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Sebelum anda membeli ataupun menanam tanaman hias di rumah, ada baiknya jika anda mengetahui bagaimana karakteristik tanaman hias  anda agar anda lebih paham dengan perawatannya. Pastikan bahwa anda melakukan cara merawat tanaman hias anda dengan benar dan tepat agar tanaman hias anda tetap terjaga keindahan, kesehatan serta kesuburannya. Selamat Bercocok Tanam!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik