Sponsors Link

Cara Stek Bunga Seribu Bintang, 2 Minggu Tumbuh

Sponsors Link

Bunga Seribu Bintang atau Butter Daisy mudah tumbuh dan gampang perawatannya. bisa hidup di dataran rendah yang panas sampai dataran sedang. Dapat menjadi pilihan utama untuk Anda menghias kebun dan halaman rumah. Bunga yang dihasilkan berwarna kuning segar dan memiliki jumlah banyak. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus.

ads

Daisy tergolong keluarga tanaman terbesar di dunia, spesies tumbuhan vaskular yang kaya nutrisi dan air.  Bisa dijumpai di seluruh daerah kecuali di Antartika. Sebenarnya ada dua bunga tapi tumbuh menjadi satu. Kelopaknya berwarna putih dihitung sebagai bunga pertama, pusat yang berwarna kuning dan berbentuk seperti mata merupakan bunga kedua.

Daisy bisa diekstrak menjadi obat, kaya Vitamin C juga memiliki kemampuan untuk meredakan batuk dan gangguan pencernaan. Dikenal sebagai obat untuk mempercepat proses pengobatan setelah bedah dan meringankan rasa sakit. Sari bunganya bisa menyembuhkan luka pada manusia dan hewan. Lebah sangat menyukai bunganya, karena bunga ini merupakan salah satu bahan untuk menghasilkan madu.

Jenis tanaman herba bisa tumbuh setinggi lima sentimeter. Akan tumbuh sepanjang musim panas dan penyerbukannya dibantu lebah. Tumbuh melalui benih tersebar di musim gugur dan berbunga pada saat musim semi. Bunga akan kuncup saat malam hari.

Cara menanamnya amatlah mudah. Dibiakkan melalui biji benih yang bisa ditabur saja ke atas tanah. Pastikan tempatnya mendapat banyak cahaya matahari. Sebelum itu taburi tanah dengan kompos dan pastikan tempat itu terendam air. Kalau ditanam di tempat yang panas terik, lindunglah sedikit pokoknya dan siramlah selalu. Pastikan jarak antara satu pokok ke pokok yang lain kira-kira 9 hingga 12 inci (lebih kurang 30 cm). Siram selalu pada musim kemarau.

Proses Penyetekan Bunga Seribu Bintang:

Pertama siapkan peralatan untuk penyetekan berupa gunting atau pisau yang tajam. Siapkan pula hormon perangsang akar jika merasa diperlukan, bisa juga dibuat alami dari tumbukan bawang merah. Stek batang nantinya diolesi tumbukan bawang merah tersebut.

Langkah kedua, siapkan media tanam dari sekam dan kompos, atau tanah gembur.

Langkah ketiga menyiapkan bibit stek dari tanaman baik dan berkualitas Cirinya bisa mendapatkannya tanaman berdaun lebat, batang sehat dan hijau, tidak ada tanda-tanda serangan hama atau penyakit.

Memulai Proses Penyetekan:

Stek batang juga kultur jaringan dapat menghasilkan tanaman hias yang cepat berbunga. Cara termudah dan murah menggunakan metode stek batang Pilihlah pohon bunga seribu bintang yang subur dan memiliki batang kuat. Selain itu juga pilihlah tanaman yang menghasilkan bunga yang baik.

Siapkan media semai dengan campuran tanah pasir dan pupuk kandang kemudian potong sekitar 2 sampai tiga sentimeter dari ujung batang bunga induk. Potong semua daun yang ada untuk mengurangi terjadinya proses penguapan.

Jika ingin sedikit berpayah, rendam bagian bawah yang dipotong dengan cairan atau hormon perangsang akar agar pertumbuhan akar. Setelah itu lakukan penyemaian pada media semai dengan cara menancapkan bagian yang direndam cairan perangsang ke media semai.

Kemudian tutup dengan plastik transparan. Letakkan media semai di area yang tidak terkena sinar matahari langsung tapi sirkulasi udara mencukupi. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.

Bibit bunga seribu bintang hasil penyetekan dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen setelah bibit tumbuh dan mengeluarkan tnas. Biasanya dapat dipindahkan setelah dua minggu setelah semai.


Proses Penanaman Stek:

Siapkan lahan tanam dengan melakukan penggemburan tanah menggunakan alat penggembur tanah seperti cangkul. Namun, jika hendak ditanam di pot lebih mudah, cukup mengisi pot dengan tanah gembur dan selalu campurkan pupuk kandang atau kompos.

Pot sebaiknya berukuran sedang agar dapat ditanami bunga yang banyak. Tanaman bunga seribu bintang ini tidak menyukai lahan tanam terlalu lembab sehingga usahakan menyiapkan lahan tanam yang memiliki tanah mudah meloloskan air seperti tanah mengandung pasir.

Jika ditanam di tempat terbuka dapat dilakukan dengan mencabut stek bibit, sebaiknya lakukan penyiraman media semai lebih dahulu sebelum mencabut bibit stek agar akarnya tidak rusak. Setelah bibit dicabut langkah selanjutnya menanam ke lahan tanam permanen

Buatlah lubang tanam menggunakan pisau atau alat gali lainnya dengan jarak tanam 15 sampai 20 cm. Masukkan bagian akar stek ke dalam lubang dan tutup kembali dengan tanah lakukan penyiraman.

Saat proses penanaman bibit yang akan ditanam sebaiknya dipilih yang berkualitas baik salah satu cirinya memiliki 4 sampai 16 tahun segar berwarna hijau merata dan tidak terjangkit penyakit ataupun hama. Selanjutnya potongan ini kita kurangi daunnya tujuannya untuk mengurangi penguapan pada saat proses penyemaian nantinya

Setelah semua lahan pertanaman ditanam, merawat tanaman dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman Selain itu,  cabut tanaman bunga seribu bintang yang terserang hama sebelum menyerang tanaman yang lain.

Perawatan Lainnya yang Diperlukan:

Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari kecuali saat turun hujan. Bunga seribu bintang akan menghasilkan bunga pada umur sekitar 13 minggu setelah tanam. Cara memanen bunga dapat dilakukan dengan memotong tangkai bunganya.

Bunga ini akan tumbuh dengan baik apabila suplai air terpenuhi. Karena itu Anda perlu membuat saluran drainase yang baik sehingga aliran air berjalan lancar.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bunga