Sponsors Link

Cara Stek Pohon Melinjo dan Perawatannya yang Mudah

Agar bisa mendapatkan pembibitan yang lebih akuran dan mengandung sifat indukan lebih banyak maka sangat disarankan menggunakan cara stek pohon melinjo. Melinjo ini adalah salah satu jenis pohon buah yang dapat diolah menjadi beragam hal yang menarik. Bahkan bisa dijadikan sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan emping yang enak.

Untuk itu, tidak ada salahnya kita belajar untuk mengetahui bagaimana saja cara stek pohon melinjo yang baik dan benar agar bisa menghasilkan anakan yang unggulan.

Berikut pembahasan panduan cara stek pohon melinjo yang dianjurkan apalagi untuk para pemula, yaitu :

1. Mengetahui Syarat Tumbuh

Agar bisa berkembang dan tumbuh dengan baik, maka terlebih dahulu kita harus mengenali apa saja syarat tumbuh untuk pohon melinjo ini. Seperti Cara Stek Pohon Langsat, tanaman buah yang satu ini juga memerlukan persayarat tumbuh tertentu.

Agar bibit melinjo bisa tumbuh dengan baik nantinya setelah cara stek pohon melinjo berhasil dilakukan, maka lebih baik untuk menempatkan di daerah yang sejuk. Daerah yang baik untuk perkembangan bibit melinjo ini adalah di ketinggian 0 hingga 1200 Mdpl. Sedangkan untuk penggunaan tanah yang baik bagi pertumbuhannya adalah tanah lempung, liat dan sedikit berpasir.

2. Pembibitan

Sebenarnya cara pembibitan melinjo ini bisa dilakukan dengan cara penumbuhan biji selain cara stek pohon melinjo itu sendiri. Namun, karena kali ini kita akan membahas tentang cara stek pohon melinjo, maka kita akan lebih fokus bagaimana cara pembibitan menggunakan cara stek batang.

Tidak jauh dengan cara Cara Stek Bunga Seribu Bintang, cara lain yang bisa dilakukan adalah pembibitan dengan cara okulasi ataupun cara sambung. Namun, untuk menghasilkan bibit yang baik apalagi dengan cara stek pohon melinjo, maka kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu.

3. Persiapan Lahan Tanam

Jika nantinya hasil pembibitan dari stek pohon ini akan dibudidayakan dalam jumlah yang besar seperti Cara Stek Pohon Durian Berkaki Tiga, maka usahakan menyediakan lahan yang luas.

Tidak hanya menyediakan lahan yang luas, namun juga menentukan penempatan yang tepat. Ini juga termasuk jarak tanam, maupun pembersihan lahan.

Setidaknya bersihkan lahan sebelum mulai menanam bibit melinjo tersebut. Bersihkan lahan dari beragam tanaman pengganggu seperti rumput dan sisa akar tanama. Bajak atau hanya menggunakan cangkul untuk menggemburkan tanah selama 2 hingga 4 minggu sebelum ditanam. Lakukan pemupukan dasar pada lubang tanam setidaknya 2 minggu sebelum penanaman.

4. Pemilihan Indukan Bibit

Seperti halnya Cara Stek Bunga Kertas 2 Warna dalam Satu Batang dan Perawatannya, kita harus tentukan indukan mana yang lolos seleksi untuk pembibitan. Mengapa harus memilih pohon indukan? Karena nantinya bibit yang lahir dari cara stek pohon melinjo ini akan meniru sifat indukan.

Jadi, kemungkinan mendapatkan bibit unggulan yang sama dengan indukan akan lebih besar. Inilah mengapa sangat penting mengetahui indukan yang mana yang cocok untuk dilakukan stek tersebut. Pastikan indukan ini sudah cukup umur dan sebelumnya sudah dipastikan berkualitas baik dan unggulan.

5. Persiapan Pembibitan Menggunakan Cara Stek Batang

Setelah mengetahui indukan mana yang akan dipilih untuk distek, maka berikut hal-hal yang harus dilakukan:

  • Pilihlah cabang ranting yang panjangnya 10 -15 cm dari pangkal. Bukan cabang ranting baru atau yang masih kecil.
  • Pilihlah ranting yang daunnya sudah agak tua dan menyimpan banyak krolofil atau cadangan makanan.
  • Sayat secara miring di bagian hampir kepangkal cabang yang sudah dipilih tersebut. Usahakan menggunakan pisau tajam dan bersih untuk menghindari kerusakan dan infeksi cabang oleh mikroba dan perusak lainnyta.
  • Tutup cabang yang sudah disayat menggunakan media tanam dan siram dan tunggu hingga menghasilkan akar baru.
  • Setelah akar baru tumbuh, maka potong dan tanam di media tanam yang khusus untuk pembibitan seperti polybag.
  • Isi polybag dengan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1.
  • Tempatkan di daerah teduh dan tidak langsung terkena air hujan. Sirami bibit seperlunya, jangan sampai media tanam terlalu lembab jika tidak ingin mengalami kebusukan.
  • Tanam di lahan yang sudah disediakan jika bibit sudah menghasilkan tunas baru di dalam polybag tersebut.

6. Penanaman Tanaman Melinjo

Ini hanya dilakukan setelah semua langkah di atas dilakukan dengan baik. Pastikn tidak terjadi kerusakan akar saat anda melakukan pembukaan bibit dari dalam polybag penanaman. Cara terbaik adalah dengan memukul terlebih dahulu agar nantinya media tanam di dalam polybag lebih longgar dan tidak menyakiti bagian akar bibit.

Setelah bibit dipisahkan dari polybag maka saatnya untuk memasukkan kedalam lubang tanam yang sebelumnya telah di beri pupuk. Dan jangan lakukan penyiraman terlalu banyak setelah memindahkan bibit ke dalam lahan tanam. Agar bisa terjaga dan tumbuh dengan baik, sebaiknya bibit disangga menggunakan bambu ataupun kayu.

, ,
Oleh :
Kategori : Stek