Sponsors Link

Cara Stek Pohon Durian Berkaki Tiga – Sederhana dan Mudah

Sponsors Link

Cara stek seperti ini pertama kali ditemukan dan dikembangkan di Thailand, tujuan utama penyambungan ini supaya bisa menyelamatkan pertumbuhan bibit dari pembusukan akar. Manfaat lainnya juga sangat banyak antara lain akar makin kuat dan luas sehingga bisa memberi nutrisi dan suplai yang bagus untuk batang utama. Lainnya bisa mengurangi penyakit terutama penyakit akar yang kerap penyebab bibit durian mati.

ads

Stek berkaki tiga dianggap bisa meningkatkan sistem gerak yang akhirnya rasa buah semakin lezat dan manis. Karena perakaran yang disambung dari jenis pohon berbeda namun masih dalam satu famili.

Keuntungan lainnya stek pohon durian berkaki tiga untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dari luar. Jika tanaman durian lokal dijadikan kaki, maka perakarannya mudah tumbuh dan memberi nutrisi kepada tanaman indukan yang berasal dari luar. Tanaman juga akan makin kokoh.

Saat masa pertumbuhan hingga berbuah, sebenarnya semua jenis durian yang berasal dari stek dua sampai tujuh batang, memiliki persamaan buah dengan durian berkaki tunggal. Perbedaannya tanaman berkaki tiga pastinya lebih banyak menyerap unsur hara atau nutrisi dari dalam tanah. Tidak demikian halnya dengan durian kaki tunggal, pohon durian berkaki tiga lebih mudah besar dan mudah berbuah karena perakarannya lebih kokoh sehingga tidak gampang tumbang bila terserang angin kencang.

Pada dasarnya metode ini tidak begitu sulit, jika gagal dalam melakukan teknik ini harus mau mengulangi lagi. Yang mendasar untuk memulai stek ini adalah pemilihan batang stek untuk akar yang harus sehat, demikian juga pohon induknya. Tanaman yang subur kunci utama keberhasilan. Setelah itu siapkan pemilihan stek untuk akar yang bagus dan baik, harus berasal dari tanaman sehat.

  • Penyetekan ideal dilakukan pada pagi hari sampai dari jam 7 sampai jam 9. Atau sore hari dari jam 2 sampai jam 4 sore.
  • Umur batang untuk penyambungan adalah dua bulan lebih dengan ketinggian tanaman 30 sampai 40 cm. Pilih tanaman yang memiliki batang kuat dan kokoh.
  • Siapkan tali plastik dan sungkup plastik transparan
  • Alat pemotong dan pisau okulasi

Memulai proses penyambungan:

Yang pertama kita siapkan adalah tiga tanaman durian yang akan dijadikan akar, dan satu tanaman induk yang terpilih. Tanaman induk harus berkualitas bagus, sebaiknya tanaman varietas unggul, seperti Musang King.

Tanaman untuk stek dan perakaran dari tanaman durian lokal, tapi berasal dari bibit berkualitas baik, sehat, dan buahnya manis.

  • Proses menyayat batang sambungan harus seperti bentuk kapak supaya tidak ada celah saat ditempel pada batang utama. Penyayatan jangan terlalu dalam karena batang masih muda.
  • Pengikatan jangan terlalu kenceng kalau terlalu kencang kerap mengakibatkan luka pada penyambungan. Pengikatan tidak kencang akan memberikan tanaman sirkulasi udara dan jika di musim hujan air tidak tertahan di tengah sambungan yang bisa menyebabkan pembusukan batang. Air yang tergenang di bagian ikatan akan mengakibatkan luka bagian irisan cepat membusuk.
  • Tutup batang induk hingga bagian penyambungan dengan plastik transparan, untuk menghindari serangan hama juga memberikan suhu stabil. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

Di daerah tertentu yang memiliki suhu dingin, seperti di daerah Cipanas, Puncak bisa ditanam langsung ditanam di tempat terbuka karena tanaman bisa beradaptasi. Jika di tempat panas diletakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung dan lakukan penyiraman tergantung kebutuhan. Tidak ada patokan harus berapa kali menyiramnya, tergantung kelembaban media tanam dan kebutuhan stek batang..

Akar baru dari stek batang biasanya tumbuh di usia 3 bulan, namun dalam usia 1 bulan lebih juga bisa kelihatan pertumbuhan stek batang berhasil atau tidak. Di masa ini bisa kita putuskan langkah-langkah meneruskan stek atau menggantinya dengan yang baru.

Di umur satu bulan juga sungkup plastik bisa dibuka.

Selama masa tiga bulan itu tanaman akan menempel sempurna dan akar stek tumbuh. Saat itu bisa dilepas tali pengikat. Setelah terbuka, untuk menghindari perbedaan cuaca, diamkan tanaman minimal tiga hari sampai sepekan di tempatnya, setelah itu baru bisa ditempatkan di tempat baru.


Perawatan Stek Pohon Durian:

Setelah tiga bulan penanaman di tempat terbuka, durian berkaki tiga akan tumbuh tidak terlalu tinggi tapi rimbun. Perakarannya kokoh dan mulai menyatu.

Perawatan tanaman durian berkaki tiga tidak sulit, asal didukung perawatan yang telaten. Bisa tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut. Bisa hidup optimal di daerah bercurah hujan tinggi atau iklim basah.

Pemeliharaan mencakup pemangkasan, penyemprotan, pemupukan, dan penyiraman. Beri pupuk NPK sesudah tanaman durian berusia 3 bulan, dan dilakukan teratur tiap empat bulan sekali, sampai tanaman berumur tahun tahun.

Saat proses ini bisa diselingi pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos dengan rutin sebab tanaman durian memerlukan air yang banyak untuk mendukung pertumbuhannya. Tapi, tidak boleh terlalu lama tanah tergenang air. Karena itu, pembuatan drainase atau saluran air diperlukan supaya air tidak menggenang bedengan tanaman.

Lakukan penyemprotan dan pemangkasan cabang secara berkala, penyemprotan dilakukan supaya pertumbuhan tanaman sehat dan lepas dari serangan cendawan atau serangga. Saat musim hujan dilakukan pemangkasan supaya tumbuh tunas tunas baru.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Stek