Sponsors Link

Kenapa Tanaman Layu Bila Kekurangan Air? Cara Mengatasinya

kenapa tanaman layu bila kekurangan airSering kali kita melihat adanya sebuah kondisi dimana tanaman yang kita tanam mengalami layu. Beberapa faktor bisa terjadi pada tanaman kita diantaranya seperti dengan kekurangan air yang membuat tanaman menjadi layu.

Perlu anda ketahui bahwa kelayuan muncul sebetulnya bukan karena kekurangan air, melainkan adanya sebuah proses transpirasi yang terhambat yang mengganggu proses penyerapan air.

Ketahui juga oleh anda mengenai Cara Agar Bunga Buah Naga Berbuah dan juga Cara Agar Bunga Belimbing jadi Buah.Untuk lebih jelasnya mengenai kenapa tanaman layu bila kekurangan air, berikut adalah peran air bagi tanaman yang perlu anda ketahui pengaruh kekurangan air dan juga akibat dari kekurangan air.

Peran Air pada Tanaman

Tanaman yang kita tanaman adalah sebuah makhluk hidup yang sama halnya dengan manusia, tanaman pun memerlukan air yang cukup baik untuk pertumbuhan dan perkembangan nya. Ketahui juga oleh anda mengenai Tips Agar Bunga Petai Tidak Rontok bila anda memiliki tanaman petai.

Selain menghasilkan sebuah hal yang sangat membantu pada proses pertumbuhan, ada banyak peran air yang perlu anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Air merpakan komponen utama dalam proses fotosintesis dan transpirasi, tentu saja bila air yang dibutuhkan berkurang, maka proses pertumbuhan pada tanaman akan kurang baik dan terlihat menurun.
  • Adanya sebuah proses yang disebut turgor pressure dimana tanaman bisa tetap tegak. Apabila sebuah tanaman kekurangan air, bukan tidak mungkin bahwa tanaman tersebut akan layu dan tidak bisa tegak seperti sedia kala.
  • Air bisa membantu beberapa mineral dalam tanah bisa bergerak ke atas tanaman, beberapa tanaman tersebut diantaranya seperti dengan H2PO4¯, NH4+, NO3­¯, dan mineral yang lainnya. Tentu saja bila air kurang, maka berbagai mineral yang diperlukan oleh tanaman tidak bisa disalurkan. Ketahui juga oleh anda Cara Agar Bunga Seruni Cepat Berbunga supaya halaman rumah anda tetap indah.
  • Air Bisa berfungsi untuk menyalurkan berbagai manfaat dan juga hasil proses dari fotosintesis. Dengan air hasil proses tersebut bisa disalurkan ke berbagai tubuh tanaman. Apabila air kurang maka dipastikan kesehatan tanaman bisa menurun
  • Air bisa membantu pembukaan stomata dan juga mampu menutupnya selain itu air mampu mengatasi adanya masalah transpirasi dan proses dari Bila air berkurang maka proses tersebut bisa terganggu dan tanaman bisa layu.
  • Air menjadi sebuah sumber tekanan yang bisa menggerakkan akar ke dalam tanah, tentu saja bila tidak ada air akar bisa menjadi rapuh dan kesehatan tanaman bisa terganggu.
  • Air bisa menjadi media untuk poses dari reaksi biokimia, tentu bila kekurangan air maka reaksinya bisa kurang efektif dan terganggu.

Mempengaruhi Proses pertumbuhan

Apabila tanaman kekurangan air maka bisa mempengaruhi proses fisiologis maupun morfologis, degan demikian pertumbuhan tanaman bisa terhenti.

Dengan terjadi pengaruh pada pertumbuhan maka tanaman akan melakukan perubahan ditingkat seluler dan molekuler yang bisa anda perhatikan. Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Adanya sebuah perubahan pada pertumbuhan tanaman
  • Tingkat volume sel menjadi lebih kecil
  • Adanya sebuah penurunan luas daun
  • Daun akan tampak lebih tebal
  • Terlihatnya rambut pada daun
  • Adanya sebuah peningkatan rasio dari akar dan tajuk
  • Stomata jadi lebih sensitiv
  • Adanya sebuah proses penurunan laju dari fotosintesis
  • Adanya perubahan pada proses metabolisme dari karbon dan nitrogen
  • Adanya perubahan pada sebuah proses produksi aktivitas enzim dan juga hormon
  • Adanya sebuah perubahan dari ekspresi tanaman

Akibat Kurangnya Air Tanaman

Kekurangan air bisa terjadi karena beberapa hal baik itu karena jarang nya disiram ataupun juga cara penyiraman yang tidak tepat. Ketidak tepatan dalam memberikan kebutuhan air juga akan sangat mempengaruhi ketersediaan air bagi tanaman.

Bahkan bila anda menempatkan pada sebuah tempat yang sulit menemukan air tentu saja akan berpotensi kekurangan air. Oleh karena itu perhatikan selalu oleh anda ketersediaan dari air supaya tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Ketahui juga oleh anda Cara Agar Bunga Durian Tidak Rontok  bila memiliki pohon durian.

Meskipun tanaman bisa tumbuh tanpa adanya bantuan penyiraman dari manusia, akan tetapi hal ini bisa terjadi apabila kondisi lingkungan memadai dan mendukung. Seperti halnya hutan, di sana anda bisa melihat berbagai tanaman bisa tumbuh dan tidak perlu adanya proses penyiraman karena kondisi lingkungannya sangat mendukung. 

Tentu saja bila anda menanam dalam kondisi yang tidak memadai baik itu dengan adanya  proses pengairan yang baik, maka tumbuhan tersebut menjadi kering.

Akan hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang bisa terjadi apabila sebuah tanaman kekurangan air seperti dengan adanya penurunan dalam proses pertumbuhannya, daun yang berubah warnanya. Ketahui juga Cara Merawat Bunga Jambu Kristal bila anda memiliki tanaman jambu.

Kesimpulan

Untuk bisa mengantisipasi setiap hal yang bisa terjadi ketika tanaman mengalami kelayuan akibat kurangnya air, maka ada baiknya ketika hendak menanam memperhatikan sebuah media tanam yang baik.

Berbagai tanaman pastinya memiliki ketahanan tertentu, akan hal tersebut maka anda harus selalu rajin memperhatikan setiap ketersediaan air supaya tanaman tumbuh dengan baik. Ketahui juga oleh anda mengenai Tips Agar Bunga Hortensia Cepat Berbunga supaya halaman rumah tampak indah.

, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman