Sponsors Link

Tips dan Trik Agar Bunga Hortensia Cepat Berbunga dan Mekar Terus

Menginginkan sebuah tanaman untuk berbunga dengan cepat, tentunya sebuah hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, tidak banyak orang yang mengetahui sebuah langkah alternatif yang harus dilakukan. Pemberian pupuk tentu bisa membuat setiap tanaman bisa tumbuh subur, namun tidak semua pupuk bisa membuat bunga bisa tumbuh lebih cepat seperti yang diinginkan.

Baca Juga : Inilah Jenis Bunga Yang Cocok Ditanam di Pot dan Nggak Ribet

Tips dan Trik Agar Bunga Hortensia Cepat Berbunga

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika anda menginginkan sebuah bung cepat berbunga seperti yang hendak dilakukan pada bunga hortensia, maka tanaman tersebut haruslah di beri hormon perangsang.

Sebuah hormon untuk tanaman atau fitohormon, bisa bekerja dan mampu merangsang pertumbuhan bunga, hal ini terjadi karena adanya sebuah faktor luar yang juga mempengaruhi. Adapun beberapa jenis hormon yang bisa digunakan untuk proses yang memberi rangsangan supaya bunga bisa tumbuh adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Jenis Bunga Yang Cocok Untuk Pot Gantung di Rumah Kamu!

Hormon Giberelin

Salah satu hormon yang mampu merangsang pertumbuhan bunga lebih cepat adalah seperti hormon Giberelin. Bukan hanya bunga namun hormon ini juga bisa digunakan sebagai perangsang buah yang bisa membuat buah bisa lebih besar dan memiliki daging yang lebih bayak. Pada bunga Hortensia sendiri hormon ini akan membantu membuat bunga bisa lebih cepat berbunga sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : Inilah Jenis Bunga Yang Cocok di dalam Rumah

Apabila anda hendak membuat sebuah hormon Giberelin secara alami, ada baiknya bila mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti dengan rebung bambu sebanyak 1 kg, ar sebanyak 5 liter, gula atau bisa juga menggunakan tetes tebu 1 kg dan juga  EM4 atau juga MOL 1 sebanyak 1 gelas. Untuk proses pembuatannya anda bisa mengikuti langkahnya sebagai berikut :

  • Bersihkan rebung terlebih dahulu
  • Kupaslah rebung tersebut
  • Potong kecil-kecil rebungnya
  • Masukan semua bahan
  • Aduk sampai merata kemudian letakkan pada wadah
  • Setelah itu tutup rapat dengan plastik yang diikat karet
  • Apabila telah sampai 15 hari, hormon bisa langsung diberikan pada tanaman hortensia

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih di Halaman Rumah

Perlu diketahui bahwa secara bawaannya setiap tanaman tentunya memiliki sebuah hormon yang bisa merangsang bunga atau buah bisa tumbuh. Akan tetapi hormon buatan juga diperlukan apabila terjadi kelainan karena sulitnya bunga untuk berkembang karena dipengaruhi faktor lainnya. Tentu saja dengan adanya hormon buatan sebuah masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah dan bisa lebih baik.

Hormon Auksin

Hormon Auksin adalah sebuah hormon yang bisa merangsang pembungaan dan juga pembuahan, tentunya juga bisa diaplikasikan pada bunga hortensia supaya bisa berkembang dengan cepat. Hormon yang ditemukan oleh Frits Went ini memilki sebuah kinerja dalam merangsang tanaman supaya lebih cepat berbunga dan juga berbuah. Akan tetapi cara kerja hormon ini terpengaruh oleh adanya sebuah cahaya matahari yang berlebihan

Baca Juga : Cara Menanam Kembang Sepatu di Halaman Rumah Kamu

Adapun sebuah cara untuk membuat sebuah hormon Auksin, terlebih dahulu anda haus mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti dengan memilih jenis keong mas atau bekicot sekitar 1 kg, air sebanyak 5 liter, siapkan juga gula atau bisa dengan diganti tetes tebu sekitar 1 kg dan juga EM4 atau MOL  sebanyak 1 gelas. 

Setelah anda mengumpulkan bahan tersebut, selanjutnya anda bisa melanjutkan pada proses pembuatannya sebagai berikut :

  • Pastikan anda untuk merebus keong mas atau bekicot
  • Apabila sudah mendidih ambil bagian daging dari keong nya saja
  • Adukan juga dengan larutan EM4 atau MOL
  • Masukan pada wadah yang ditutup rapat
  • Pastikan menutupnya dengan plastik yang diikat kuat dengan beberapa karet
  • Tunggu sampai 15 hari
  • Apabila sudah maka anda bisa memberikannya pada bunga Hortensia supaya cepat berbunga.

Pemberian Hormon Pada Tanaman Hoertensia

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Petunia Gantung Agar Tetap Subur dan Indah

Untuk pemberian hormon yang benar pada bunga hortensia,  pastikan untuk melakukannya secara hati hati dan waspada. Jangan sampai anda memberikan hormon berlebih, hal ini justru akan sangat menghambat sebuah proses terjadinya bunga. Akan pentingnya hal tersebut berikut adalah beberapa cara memberikan sebuah dosis yang tepat pada bunga hortensia.

  • Pemberian hormon dilakukan lansung pada sebuah sasaran yang hendak anda tingkatkan, baik itu pada akar, bunga , daun ,atau buahnya. Karena Bungan Hortensia bunganya yang akan di rangsang, maka bisa dilakukan dengan cara disemprotkan langsung pada ujung tunas bunga.
  • Perhatikan dosisnya dan juga pertumbuhan dari bunganya.
  • Terus lakukan penyiraman secara konsisten
  • Berikan selalu pupuk untuk hasil bunga yang lebih baik
  • Selalu pastikan untuk tidak memberikan dosis yang berlebih

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Putri Salju Agar Selalu Indah dan Subur

Apabila anda menggunakan hormon giberelin dan proses pertumbuhan pada bunga hortensia masih belum terlihat perkembangannya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa hormon telah ter dominasi oleh hormon vegetatif seperti halnya sebuah hormon auksin dan juga sitokinin hal inilah yang bisa membuat sebuah pembungaan menjadi kurang cepat dan terasa sangat lambat.

Untuk sebuah hasil yang maksimal anda harus memberikan terus secara konsisten dengan disertai pengawasan yang kompleks supaya pembungaan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

,
Oleh :
Kategori : Tanaman