Sponsors Link

Inilah Cara Merawat Bunga Jambu Kristal Agar Tidak Rontok

cara merawat bunga jambu kristal agar tidak rontokMengenai sebuah cara yang perlu dilakukan untuk membuat bunga yang ada pada jambu kristal supaya tidak rontok, ada beberapa aspek yang haus dicermati dan juga diperhatikan.

Hal ini dikarenakan sebuah proses pembungaan pada setiap tanaman terlebih pada jambu kristal, bukan hanya dipengaruhi oleh faktor dalam tanaman, akan tetapi juga oleh faktor yang berada di luar dari tanaman jambu itu sendiri.

Cara merawat bunga jambu kristal agar tidak rontok

Oleh karena itu, penting rasanya supaya mampu memperhatikan setiap perkembangan pada jambu kristal supaya proses perawatannya berjalan maksimal. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut

Baca Juga : Jenis Bunga Yang Cocok Untuk Pot Gantung di Rumah Kamu!

Memperhatikan Kandungan Air

Salah satu unsur yang sangat diperlukan oleh setiap jenis tanaman adalah air, maka dari itu apabila airnya jarang maka tentu saja membuat tanaman bisa kekurangan cairan. Hal ini juga berlaku untuk jambu kristal, apabila kekurangan air akan membuat jambu kristal menjadi kerdil dan proses dalam pembentukan bunga juga sulit dilakukan.  Adapun proses penangan untuk masalah air maka anda haruslah memperhitungkan setiap takaran kandungan yang diperlukan.

Hal tersebut sangatlah jelas mampu untuk membuat setiap tanaman terutama jambu kristal bisa terhindar dari kerontokan bunga sebelum terjadinya pembuahan. Selain memperhitungkan kandungan, anda juga haruslah menyuplai kebutuhan air yang sesuai.

hal ini dikarenakan kondisi tanah di sekitar pohon jambu bisa saja terlihat kering apalagi di musim kemarau yang pastinya membuat bunga jambu tidak akan bisa bertahan lama. Langkah penyiraman secara rutin bisa membuat dampak kerontokan bisa berkurang dan pohon jambu kristal bisa menghasilkan jumlah bunga yang banyak untuk proses pembuahan.

Baca Juga : Inilah Jenis Bunga Yang Cocok Ditanam di Pot dan Nggak Ribet

Memberikan Pupuk

Memberikan puuk tentulah harus menjadi prioritas setela kondisi pengairan sudah dipastikan aman. Apabila anda segera sigap memberikan pupuk pada tanaman jambu kristal, maka proses pertumbuhan akan lebih baik bahkan lebih cepat.

Pemberian pupuk juga mampu menghindari kerontokan pada bunga jambu kristal, untuk itu ada baiknya bila anda memberikan sebuah pemberian pupuk ketika tanaman jambu belum menampakkan bunga. Karena pemberian sebelum proses berbunga bisa membuat tanaman bisa menghasilkan produksi bunga yang lebih banyak.

Kandungan dari pupuk sendiri tentunya banyak mengandung unsur hara yang diperlukan tanaman untuk menunjang proses pembungaan. Selain dengan itu juga pemberian pupuk bisa membuat tangkai tanaman lebih kuat dan tangkai bunga bisa berdiri lebih kokoh dalam menopang penyerbukan.

Baca Juga : Inilah Jenis Bunga Yang Cocok di dalam Rumah

Pemberian Hormon Perangsang Bunga

Salah satu yang paling efektif untuk bisa memperkuat bunga jambu kristal bisa tumbuh sempurna adalah dengan memberikan sebuah perangsang atau hormon pada bunga jambu kristal. Setidaknya ada beberapa hormon yang bisa digunakan untuk proses penyerbukan dan mekarnya bunga sehingga nantinya pada proses pembuahan bisa berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Menanam Kembang Sepatu di Halaman Rumah Kamu

Adapun beberapa jenis hormon yang bisa digunakan adalah jenis hormon Gibberellin dan juga hormon Auksin. Kedu jenis hormon ini bisa anda temukan dengan mudah di toko pertanian, dengan memiliki sebuah fungsi yang sama yakni sebagai perangsang pertumbuhan tanaman.

Untuk target dari proses pemberian hormon nya sendiri, anda bisa mengarahkan pada bagian akar, bagian daun, bagian bunga ataupun juga pada bagian buah. Karena langkah yang diperlukan adalah merawat bunga supaya tidak mudah rontok, maka anda bisa menargetkan hormon tersebut pada bagian kuncup bunga supaya bisa lebih stabil dan cepat memasuki proses pembuahan.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih di Halaman Rumah

Apabila anda hendak membuatnya hormon untuk merangsang pertumbuhan bunganya sendiri maka anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti dengan menyiapkan sekitar 1 kg keong mas, 5 liter air, sekitar 1 kg gula dan yang terpenting jangan lupa untuk menyertakan juga EM4 atau MOL sekitar satu gelas. 

Apabila semua bahan terkumpul anda bisa langsung meracik sebuah perangsang yang bisa digunakan pada bunga jambu kristal supaya tidak rontok, berikut cara pembuatannya :

  • keong mas rebus pada air yang mendidih
  • Setelah itu pastikan mengambil bagian daging dari keong mas
  • Campurkan dengan EM4 atau MOL pada sebuah wadah
  • Beri penutup yang rapat dengan menggunakan plastik yang diikat karet
  • Tunggu sekitar 15 hari sebelum siap digunakan
  • Apabila sudah selelasi anda langsung bisa menyemprotkan nya pada bunga jambu kristal

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Petunia Gantung Agar Tetap Subur dan Indah

Pada saat anda memberikan obat perangsang racikan, pastikan untuk memperhatikan target yang akan diberi perangsang. Untuk membuat bunga jambu kristal tidak rontok, maka anda bisa langsung menempatkan penyemprotan pada bagian kuncup dari bunga jambu kristal. Selain itu anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting dalam penyemprotannya sebagai berikut

  • Dosis pemberian harus tetap diperhatikan
  • penyiraman harus dilakukan secara konsisten dan jangan sampai airnya menggenangi pohon
  • Berilah pupuk dengan kandungan yang bisa membuat proses pembuahan lebih cepat

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Putri Salju Agar Selalu Indah dan Subur




Oleh :
Kategori : Tanaman