Sponsors Link

Cara Agar Bunga Belimbing jadi Buah dan Subur

cara agar bunga belimbing jadi buahSebagai salah satu buah yang banyak diminati oleh setiap orang, belimbing kini mulai banyak dikembangkan juga di budidayakan oleh para petani. Akan tetapi dengan minimnya sebuah penyuluhan, menjadikan proses dari pembuahan dari buah belimbing sangat minim.

Agar hasil dari panen yang maksimal dan juga bisa dilakukan dengan proses yang lebih singkat dari setiap musimnya.

Cara agar Bunga Belimbing jadi Buah

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membuat tanaman belimbing bisa cepat berbuah, selain itu mampu untuk bisa membuat bunga yang ada pada tanamannya mampu melakukan proses cepat supaya bisa menjadi buah.

Baca Juga : Inilah Jenis Bunga Yang Cocok Ditanam di Pot dan Nggak Ribet

Melakukan Proses Penjarangan

Apabila anda ingin mempercepat sebuah bunga belimbing untuk cepat menjadi buah, ada sebuah metode yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan sebuah cara penjarangan. Cara ini dilakukan tentunya agar setiap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bisa terpusat pada dahan pohon yang tersisa.

Penjarangan sendiri tentunya merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk memangkas ranting yang terlihat kurang produktif dalam menghasilkan bunga yang nantinya akan menjadi buah.

Baca Juga : Cara Menanam Kembang Sepatu di Halaman Rumah Kamu

Selain dari pada itu dampak dari sebuah penjarangan tentunya bisa membuat kualitas dan juga produksi dari buah menjadi lebih baik. Adapun proses yang tepat untuk melakukan sebuah proses penjarangan adalah pada saat di beberapa bagian pohon terlihat bunga yang diproduksi sangat jarang.

Membantu Proses Penyerbukan

Sebagai salah satu jenis tanaman pastinya belimbing akan mengalami proses penyerbukan, hal ini terjadi ketika bunga pada belimbing bermekaran.

Ada beberapa hal yang bisa membuat bunga belimbing bisa menjadi buah dengan cepat, tentu saja salah satunya adalah dengan membantu sebuah proses penyerbukan.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Putri Salju Agar Selalu Indah dan Subur

Penyerbukan pada tanaman tentunya melalui sebuah putik dan benang sari, dimana benang sari yang selaku alat reproduksi jantan akan menyerbuki putik yang merupakan alat kelamin betina pada tumbuhan.

Apabila tumbuhan belimbing anda mengalami telat dalam berbuah, bisa jadi beberapa serangga yang membantu penyerbukan bekerja kurang optimal. Maka dari itu anda bisa membantu penyerbukan supaya bisa cepat menjadi buah.

Mengatur Jarak Tanaman

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih di Halaman Rumah

Hal yang bisa anda lakukan untuk membuat bunga belimbing cepat untuk menjadi buah, adalah dengan melakukan memberikan jarak pada bunga supaya buah bisa tumbuh dengan lebat dan juga bisa sangat maksimal berkembangnya.

Mengatur jarak supaya tidak berhimpitan tentu saja bisa mengantisipasi sebuah buah yang tumbuh secara tidak normal, anda bisa melakukannya dengan cara memangkas beberapa bagian dari ranting yang sudah terlihat sudah keliatan tidak produktif. 

Melakukan Proses Pemupukan

Baca Juga : Inilah Jenis Bunga Yang Cocok di dalam Rumah

Setiap jenis tanaman pastinya akan memerlukan proses pemupukan supaya buah yang dihasilkan bisa mampu tampak lebat dengan kualitas terbaik.

Selain itu pula dengan pemupukan proses perkembangan dari bunga menjadi buah semakin lebih cepat. Adapun untuk proses pemupukan nya anda bisa menggunakan beberapa pupuk kandang dan juga NPK, berikut adalah beberapa cara yang perlu anda lakukan :

  • Lakukan pemupukan apabila sudah berusia 3 bulan setelah ditanam, untuk dosisnya anda gunakan pupuk kandang sekitar 25 kg dan pupuk NPK sekitar 50gram untuk setiap pohon
  • Untuk pemupukan pada saat memasuki usia setahun, dosisnya 25 kg pupuk kandang dan NPK untuk per pohonnya diberi 150 gram
  • Untuk pemupukan pada saat memasuki usia 2 tahun, dosisnya 50 kg pupuk kandang dan untuk pupuk NPK/ beri 1 kg untuk setiap pohonnya
  • Apabila belimbing sudah berbunga beri takaran 25-50 gram Npk untuk setiap pohon
  • Apabila belimbing sudah berbuah kecil beri takaran 25-50 gram Npk untuk setiap pohon, namun untuk proses pemupukan yang utama adalah ketika belimbing belum berbunga
  • Yang terakhir apabila sudah dipanen maka proses pemupukan dilakukan sebanyak 3 kali dengan diberi dosis sepertiga bagian dari biasanya. 

Memperhatikan Pengairan Pada Belimbing

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Petunia Gantung Agar Tetap Subur dan Indah

Sebagai salah satu tanaman buah, maka belimbing harus diperhatikan pengairannya. Hal tersebut dikarenakan tanaman belimbing sangat memerlukan air di sepanjang proses pertumbuhannya.  Akan hal tersebut, maka ada baiknya anda memperhatikan kadar air dari tanah di sekitar tanaman belimbing.

Perlu diketahui bahwa pada setiap musim kemarau kandungan air yang ada di sekitar pohon belimbing pastinya berkurang, akan hal tersebut maka pastikan untuk selalu mengirinya supaya tanah di sekitar pohon bisa lembab.

Apabila hal tersebut diperhatikan maka tanaman belimbing yang anda miliki bisa terjaga kualitasnya, dan juga porses perkembangan dari setiap proses pertumbuhannya bisa berjalan lancar.

Baca Juga : Jenis Bunga Yang Cocok Untuk Pot Gantung di Rumah Kamu!

Untuk menciptakan hasil panen yang terus produktif, maka anda perlu memperhatikan kandungan air yang ada di sekitar tanaman belimbing tersebut.

Dengan melakukan sebuah langkah pengecekan, anda bisa juga memeriksa hal lain seperti dengan pengecekan hama dan juga mampu menyelidiki setiap hal lain yang mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman anda. Adapun untuk pengecekannya sendiri anda bisa melakukannya sekitar satu minggu sekali dengan sebuah melakukannya secara intensif.




Oleh :
Kategori : Buah Buahan