Sponsors Link

Alasan Utama Kenapa Pupuk Kompos Organik Menggunakan EM4 yang Luar Biasa

Sponsors Link

Hampir semua tanaman membutuhkan pupuk beserta dengan air untuk menunjang hidup dan perkembangan serta pertumbuhan mereka. Air merupakan esensi dari kehidupan seluruh makhluk hidup dan dibutuhkan dalam cara membuat tanaman gantung dari botol plastik serta cara menanam dan memelihara pohon albasia dan kegiatan bercocok tanam dan budidaya lainnya. Tanpa air, cara budidaya hamster yang baik dan benar tidak akan dapat diterapkan dan dicoba dengan baik bahkan dapat mematikan makhluk hidup yang dibudidayakan.

ads

Begitu juga dengan pupuk bagi tanaman. Layaknya vitamin dan supplemen bagi manusia, pupuk menjadi faktor penjaga kesehatan dan pendorong perkembangan serta pertumbuhan para tanaman. Begitu besar peran pupuk dalam kehidupan tanaman juga mempengaruhi kesejahteraan para pihak yang menjadikan kegiatan bercocok tanam sebagai mata pencaharian utama mereka untuk menggunakan pupuk tersebut.

Namun modal yang tidak mencukupi pun menjadi faktor penghambat dan penghalang yang tidak disangka-sangka serta apabila dipaksakan maka tidak malah membuahkan hasil manis namun hasil pahit yang tidak sebanding. Hal tersebut menyebabkan tingginya jumlah para pencocok tanam atau pihak berkepentingan dalam usaha tersebut untuk mencari dan mencoba berbagai cara membuat dan meracik pupuk ampuh sendiri, baik cara membuat pupuk kompos vermikompos, cara membuat pupuk trichoderma, ataupun cara-cara lainnya.

Manfaat EM4

Salah satu cara membuat pupuk yang ampuh dan manjur bagi para kaum tanaman adalah dengan menggunakan Effective Microorganism 4 atau yang sering disebut dengan EM4. EM4 seringkali dirancang dalam bentuk cairan yang tersimpan dalam botol kedap udara yang terbuat dari plastik tebal untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Seperti singkatan namanya, dalam cairan EM4 tersebut hidup berbagai jenis mikroorganisme yang berguna dan baik bagi tumbuh-tumbuhan dalam menyerap zat-zat hara di tanah sekitarnya. Alasan utama kenapa pupuk kompos organik menggunakan EM4 adalah karena EM4 ini sebenarnya memiliki kegunaan yang beraneka ragam, yakni sebagai berikut:

  • Pertanian, dimana EM4 dapat meningkatkan kualitas tanah dengan meningkatkan zat hara yang ada dalam tanah yang dicampur dengan cairan yang satu ini. Tidak hanya itu, bakteri yang terdapat pada EM4 juga berfungsi untuk mengikat nitrogen dan menyerap fosfat yang dibutuhkan oleh tanaman agar tumbuh lebih optimal.
  • Perikanan, dimana EM4 dapat menstabilkan tingkat keasaman air atau disebut juga pH air agar sesuai dengan habitat yang dibutuhkan. Selain itu, EM4 juga dapat mengurangi bau dari kolam sehingga kolam dapat lebih bersih dan menyehatkan ikan-ikan yang ada di dalamnya.
  • Pertenakan, yang dapat mengurangi bau kotoran hewan ternak Anda serta menambah nafsu makan hewan. Hal ini sangat baik agar nutrisi dan kandungan daging maupun susu yang dihasilkan dapat lebih berkualitas.

Ya, tidak heran jika manfaatnya yang luar biasa sering digunakan, khususnya dalam bidang pertanian. Dari manfaat-manfaat tersebut di atas, tentunya tidaklah sulit untuk mengerti kenapa para petani, tukang kebun, pengusaha bercocok tanam ataupun pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan dalam dunia bercocok tanam sangat mengidam-idamkan pupuk ini dalam salah satu senjata bercocok tanam mereka.


Bagaimana Cara Memperbanyak EM4 ?

EM4 yang sudah Anda beli tidak langsung di berikan kepada bahan kompos, namun Anda harus menambahkan gula sebagai campuran. Gula ini berfungsi sebagai makanan mikroorganisme yang akan melapukan bahan organik. Anda cukup menambahkan 20 ml larutan EM4 kemudian 10 gr gula pasir dan air bersih 1000 ml di dalam jerigen. Jerigen yang sudah berbentuk bahan di dalamnya membutuhkan fermentasi selama 24 jam kocok jerigen sampai merata, kemudian larutan yang Anda buat tadi siap di aplikasikan kepada bahan. Sebenarnya Anda bisa memasukan EM4 langsung ke tong yang berisi bahan organik, namun disini banyak sedikitnya jumlah mikroba atau mikroorganisme yang akan mengurai bahan kompos sangat berpengaruh tarhadap waktu dan kualitas kompos yang Anda buat. Secara tidak langsung, Anda sudah menghemat EM4 Anda dengan memperbanyak mikroorganisme EM4, sehingga Anda bisa memangkas biaya. Jika Anda penasaran bagaimana cara membuat pupuk EM4, Anda bisa mempelajari lebih detail dengan memahami cara membuat pupuk cair dengan EM4. Itulah Alasan utama kenapa pupuk kompos organik menggunakan EM4 yang luar biasa ini, namun tentu Anda harus mengerti cara penggunaannya agar tidak berlebihan dan sesuai dengan porsinya. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik