Home » Buah Buahan » Media Tanam Untuk Bibit Durian Beserta Tips Menanamnya

Media Tanam Untuk Bibit Durian Beserta Tips Menanamnya

by Rifqi Rifqi

Durian termasuk buah dengan banyak peminatnya, selain rasanya lezat aroma harum yang dihasilkan juga membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Walaupun begitu, ternyata masih banyak juga orang yang malah tidak suka durian karena baunya menyengat.

Setiap orang mempunyai seleranya masing-masing, kita tidak bisa memaksa seseorang yang tidak menyukai salah satu buah untuk mencobanya. Bisa-bisa orang tersebut muntah dan marah kepada Anda. Baca:Cara Menanam Nangka Mini di Pot

Durian sendiri sering disebut raja buah, entah apa yang menyebabkan durian diberikan gelar tersebut. Mungkin dikarenakan rasanya lezat dan bentuknya unik yang tidak dimiliki buah-buahan lain.

Seperti yang sama-sama kita ketahui kalau durian mempunyai kulit berduri tajam berwarna kuning keemasan. Untuk membukanya terkadang kita mengalami kesulitan, alat bantu seperti pisau sangat dibutuhkan untuk membuka kulitnya berbeda dari cara agar bunga durian tidak rontok.

Di pasaran, harga satu buah durian relatif mahal. Beberapa jenis durian bahkan memiliki harga selangit seperti durian monthong yang berasal dari Thailand. Anda harus merogeh kocek hingga ratusan ribu untuk bisa menikmati satu potongnya. Tidak heran kalau harga durian bisa melambung tinggi, musim panennya saja hanya satu tahun sekali. Jarang kita bisa menemui buah tersebut.

Selain itu proses menanamnya juga tidak lah mudah, para petani setidaknya harus menyiapkan lahan yang cukup luas guna memastikan durian dapat tumbuh dengan baik. Penanamannya juga tidak boleh di tempat sembarangan apalagi di daerah permukiman penduduk, sebab bisa saja buah durian yang telah matang akan menimpa rumah warga.

Melihat begitu ribetnya menanam buah durian, Anda sebagai penikmat tidak boleh protes lagi dengan harga durian yang tergolong mahal. Distributor durian juga hanya akan untung sedikit, banyak modal yang mesti mereka keluarkan, selain modal uang juga mereka butuh tenaga dan kesabaran saat menunggu pohon durian berbuah.

Namun bukan berarti prospek bisnis durian kurang menguntungkan, para petani raja buah akan untung berkali-kali lipat jika penjualannya banyak terlebih konsumen durian di Indonesia masih sangat berlimpah jumlahnya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik menanam pohon durian untuk konsumsi pribadi atau pun dijual ke pasaran? sebelum itu Anda perlu mempersiapkan media tanam untuk bibit durian supaya dapat tumbuh besar yang berbeda dari media tanam untuk anggrek ephytis dan semi ephytis.

Media Tanam Bibit Durian Paling Direkomendasikan

Beberapa media tanam berikut diyakini mampu membuat bibit buah durian tumbuh besar, Anda disarankan untuk memakainya. Beberapa media tanam tersebut antara lain :

1.Tanah dan pasir

Anda perlu media tanam utama yakni tanah dan pasir. Gunakan perbandingan 1:1 supaya didapati durian dengan kualitas unggul.

2.Polybag

Anda bisa menggunakan polybag untuk menanam bibit durian, selain keberadaannya mudah ditemukan polybag ternyata mampu membuat durian tumbuh hingga besar.

Sudah banyak orang yang memanfaatkan polybag dan berhasil hingga panen. Anda bisa memasukkan bibit durian ke dalam polybag yang telah diisi tanah dan pupuk.

3.Lahan

Setelah dirasa pohon durian tumbuh semakin besar, Anda perlu memindahkannya dari polybag ke media tanam berupa lahan. Ingat! lahan yang digunakan sebaiknya memiliki wilayah yang luas karena pohon durian nantinya dapat berkembang hingga sangat besar.

Pemindahan dari polybag ke lahan wajib dilakukan setelah bibit tumbuh setinggi 40 cm.

Tips Menanam Bibit Durian

  • Pilihlah benih/bibit yang berkualitas.
  • Siram bibit durian secara berkala.
  • Semprotkan basamid untuk mencegah jamur yang mengganggu.
  • Memangkas pertumbuhan yang tidak diharapkan.
  • Menyiangi dan memupuk bibit durian.
  • Melakukan pengendalian hama untuk mencegah serangan serangga seperti lebah, ini bisa dilakukan dengan memberi pestisida dan insektisida.

Setelah semua tahapan dilakukan dengan benar, maka Anda hanya tinggal menunggu masa panen buah durian yang umumnya terjadi di musim kemarau setiap tahunnya. Demikian media tanam untuk bibit durian beserta tips menanamnya, sebelum mengakhiri artikel ini Anda harus membaca cara stek lidah mertua dan manfaat air cucian beras untuk bunga anggrek untuk menambah pengetahuan.

You may also like