Sponsors Link

5 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Dalam industri agribisnis budidaya tanaman hias menjadi salah satu potensi usaha yang cukup menjanjikan. Mengingat juga bahwa kini tanaman hias menjadi salah satu kebutuhan pokok terutama bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan ruang terbuka hijau. Selain itu juga, dapat dilihat bahwa trend tanaman hias selalu mengalami peningkatan permintaan. Tidak hanya bagi masyarakat umum, namun juga pengelola pengelola usaha seperti apartment dan juga hotel hingga usaha seperti resto dan juga cafe.

Terlebih lagi kepedulian masyarakat akan lingkungan juga semakin meningkat, sehingga tentunya kehadiran tanaman hias menjadi salah satu elemen penting dalam mendukung penghijauan terhadap lingkungan. Meskipun setiap tahunnya selalu mengalami perubahan trend dalam jenis tanaman hias yang diminati. Namun beberapa jenis tanaman hias seperti bunga angrek, tanaman bonsai hingga tanaman daun hijau masih tetap memiliki tempat di hati masyarakat. Tentunya hal ini semakin menunjukkan bahwa budidaya tanaman hias masih memiliki potensi yang bagus dan terbuka lebar sebagaimana pada cara merawat bunga jambu agar tidak rontok .

Namun, pada faktanya tidak semua pembudidaya dapat sukses dalam usaha ini. Terutama bagi mereka yang baru akan menvoba memulainya, terlebih lagi jika tidak diimbangi dengan pengetahuan dan keahlian yang memadai. Tentu saja hal ini jika todak diperhatikan akan bisa memberikan dampak negatif bagi kelangsungan usaha selanjutnya. Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan khusu untuk bisa mencapai kesuksesan dalam budidaya tanaman hias sebagiaman pada cara menanam elodea densa . Sebagaimana 5 tips memulai budidaya tanaman hias bagi pemula berikut ini.

  1. Memilih Jenis Tanaman Hias yang Akan Dibudidayakan

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah tentunya menentukan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan. Sebagai pembudidaya anda harus memahami mengenai trend tanaman hias yang akan hits dipasaran. Sebab tanaman hias tidak ubahnya trend fashion yanh selalu saja bisa berganti setiap tahunnya sebagaimana pada cara menanam bunga lee kuan yew .

Jika pada tahun 2000 an trend akan tanaman anthurium melanda para hobiis sehingga menyebabkan harga anthurium saat itu begitu tinggi bahkan ada yang mencapai nilai ratusan juta rupiah. Kini akan jauh berbeda, sebab anthurium tak lagi seberharga dulu.

Tentunya menebak trend tanaman hiasbtidaklah mudah, sebab pasar juga akan selalu berubah. Namun, pada tahap awal ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terutama dalam memilih jenis tanaman hias yang akan dibudididayakan. Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Untuk jenis tanaman berbungan seperti anggrek dan mawar anda tetap bisa mengunakannya sebagai jenis tanaman yang akan dibudidayakan.
  • Untuk jenis tanaman seperti bonsai anda juga dapat menambahkannya sebagai koleksi.
  • Jenis tanaman berdaun hijau sepeeti anthurium juga layak dimasukkan kedalam daftar.
  • Dan yang saat ini sedang hits dan trend serta diprediksi akan terus menjadi trend adalah jenis tanaman sukulen.
  • Selain beberapa tanaman diatas ansa juga bisa menambahkan kedalam daftar jenis tanaman yang biasa digunakan untuk taman.
  • Sebab tanaman ini relatif cukup banyak dicari dan populer sebagai tanaman yang digunakan oleh taman.

2. Manajemen Pemeliharaan dan Perawatan

Tips selanjutnya untuk kesuksesan budidaya tanaman hias yang akan anda geluti adalah dengan memperhatikan manajemen pemeliharaan dan perawatan seperti pada cara merawat tanaman english ivy . Dalam hal ini, merupakan elemen paling penting sebab hal ini akan menjadi penentu dalam keberhasilan budidaya. Selain itu mengingat bahwa tanaman hias anda tidak akan langsung terjual saat itu juga maka yentu pemeliharaan dan perawatan  akan bisa menjadi penentu kualitas tanaman hias yabg dihasilkan. Oleh sebab itu, beberapa hal yang wajib menjadi perhatian anda antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Penyiraman

Penyiraman tentu merupakan bagian penting dalam budidaya tanaman hias. Sebab air merupakan faktor utama yanh dapat mendukung kelangsungan hidup tanaman. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan penyiraman secara teratur minimal sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari. Gunakan air yang bersih dan juga siram menggunakan selang atau gembor. Siram pada bagi media tanam dan juga bagian daun tanaman sekaligus untuk membersihkan kotoran pada bagian daun. 

  • Pemupukan

Pemupukan merupakan bagian dari upaya untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Pemupukan dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan kesuburan media sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan optimal. Lakukan pemupukan dengan menambahn unsur NPK yang merupakan unsur dasar yang dibutuhkan oleh tanaman. Pemupukan dapat dilakukan dengan cata ditaburkan ke media tanam atau juga dilakukan berbarengan dengan penyiraman sehingga lebih efisien. Untuk dosis dan frekuensi penyiraman dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap tanaman hias daun dan berbunga. Pemangkasan ini adalah untuk menjaga estetika dan nilai indah dari tanaman hias sendiri. Sebab tanaman hias nilai jualnya juga di tentukan oleh estetika atau keindahan tanaman itu sendiri. Oleh sebab itu untuk menjaga tanaman hias agar tetap indah maka harus dilakukan pemangkasan secara rutin dan teratur.

3. Manajemen Penanggulangan Hama dan Penyakit

Tips selanjutnya yang juga tak kalah pentig adalah mengenai manajemen penanggulangan hama dan penyakit seperti dalam cara membuat taman bunga dari barang bekas . Dalam hal ini amat penting dilakukan untuk meminimalisir kegagalan panen akibat dari serangan hama dan penyakit.

Selain penyemprotan menggunakan insektisida dan fungisida pengendalian preventif sebagai upaya pencegahan juga penting dilakukan. Seperti misalanya menjaga lingkungan tempat tumbuh dengan menjaga kebersihan dan sanitasi dan juga menjaga kelembaban lingkungan.

4. Manajemen Promosi dan Pemasaran

Sebagai pembudidaya baru tentu saja anda harus melakukan promosi dan pemasaran dalam rangka memperkenalkan budidaya yang anda geluti sebagaimana pada cara menanam bunga air macur.

Sebagai usaha yang baru tentunya anda harus berupaya dan mulai bersaing dengan pembudidaya tanaman hias yang sudah lebih dulu eksis.

Oleh sebab itu, tentu saja anda anda harus memperkenalkan usaha anda dengan lebih giat dan keras. Anda dapat melakukannya dengan ikut berbagai pameran sehingga tentunya dapat semakin meningkatkan peluang anda untuk dikenal lebih banyak orang.

5. Bagaimana Menarik Para Hobiis Tanaman Hias

Tips selanjutnya adalah tentu anda harus memiliki daya tarik terutama terhadap para hobiis. Misalnya dari segi harga, produk atau juga keunikan lainnya seperti pada cara menanam daun dolar rambat . Sehingga tentunya dengan ini anda akan bisa bersaing dengan para pembudidaya yang sudah lebih dulu eksis dibandingkan anda. Perlu diketahui juga bahwa semakin vatiatif jenis tanaman hias yang anda jual pastinya juga akan dapat memberikan banyak pilihan bagi para pembeli.

Dalam hal ini, anda bisa dengan mudah menarik minat para hobiis dengan menyajikan berbagai jenis tanaman hias yang unik. Semakin unik dan berbeda dari yang lainnya maka peluang anda untuk dikenal dan mendapatkan keuntungan juga akan semakin besar.

itulah tadi, 5 tips memulai budidaya tanaman hias bagi pemula. Tentunya dapat menjadi alternatif piliham usaha bagi anda terutama yang memiliki minat terhadap tanaman hias. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, ,