Sponsors Link

Cara Merawat Tanaman English Ivy Agar Subur

Sponsors Link

ads

English ivy adalah sebuah tanaman hias yang sering ditanam di pakarangan rumah maupun di pot. Seperti halnya cara menanam bunga hias hidroponik, tanaman ini sangat populer karena ia bisa merambat dan menjadikannya salah satu tanaman hias yang lumayan unik.

Bagaimana tidak, ini bisa menjadi salah satu tanaman hias yang menghiasi pagar ruma dengan memiarkannya merambat. Tidak sulit kok, jika ingin memilihara tanaman dan mengetahui cara merawat tanaman englis ivy ini. Cara merawat tanaman english ivy bisa dengan mudah dengan mengikuti panduan berikut :

1. Penempatan Tanaman

Tidak jauh berbeda dengan cara mudah merawat tanaman hias di rumah, disini kita harus terlebih dahulu menentukan dimana lokasi untuk menanam english ivy tersebut. Apakah nantinya anda akan membiarkannya merambat langsung di tanah, pakarangan rumah, di pagar maupun menanamnya di dalam pot.

Nah, jika anda ingin berencana merawat dan meananamnya di dalam pot maka terlebih dahulu sediakan pot dan media tanam yang pas. Gunakanlah pot yang diameternya setidaknya 20 hingga 30 cm yang di isi langsung dengan tanah kompos atau tanah humus. Berikut tata cara pemilihan pot:

  • Sebaiknya gunakan pot yang tebuat dari tanah liat atau plastik
  • Memilih pot yang baik akan menyebabkan pertumbuhan akar dan tanaman menjadi lebih terjaga
  • bahan pot dari tanah liat akan menjaga kelembaban dalam suhu normal sedangkan bahan plastik akan lebih lama dalam menjaga kelembabannya.
  • Jangan lupa untuk memeriksa dengan baik lubang drainase pada dasar pot
  • Pot yang benar adalah pot yang bisa dimasukan bibit tanaman dengan leluasa.

Setelah itu anda hanya tinggal menanam bibitnya saja. Bibit dari english ivy ini ada banyak diperjual belikan. Namun, jika anda sebelumnya sudah memiliki tanaman ini, maka tinggal melakukan stek untuk mendaptkan bibit baru dari english ivy tanpa harus membelinya.

2. pH Tanah

Ini sangat penting demi kesuburan dari tanaman english ivy yang ditanam. Jika tanah yang disediakan tidak mendekati pH nya dnegan yang bisa ditolerir oleh tanaman ini maka tidak akan tumbuh dengan subur dan bahkan akan mengalami banyak kendala.

Pada umumnya tanaman english ivy akan tumbuh dnegan baik di beragam jenis pH tanah. Namun pH yang paling bagus adalah 6,5. lakukan pengapuran untuk mendapatkan nilai pH tanah yang sesuai dan pas untuk menambah kesuburan dari tanaman ini nantinya.

3. Lokasi

Terlepas dari bagaimana cara anda akan menanam dan membudidayakannya seperti cara merawat tanaman hias daun suplir. Tanaman ini sangat baik jika di tanamn di tempat yang teduh dan juga lembab. Sebaiknya hindari penanaman yang langsung mendapatkan cahaya matahari. Ini akan mebuat tanaman menjadi lebih rentan mati. 


4. Cahaya dan Suhu

Ini merupakan dua komponen yang penting dalam menanam tanaman english Ivy, Kenapa? Karena ini merupakan kombinasi yang akan menentukan pertumbuhan dari tanaman tersebut nantinya. Nah, apalagi jika anda menanamnya di dalam rumah menggunakan pot.

Harus mengetahui dan memperhatikan pencahayaan dan suhu ruangan tanaman tersebut jika ditanam di dalam ruangan. Tanaman english ivy akan tetap subur walaupun mendapatkan cahaya terbatas, bukan berarti anda harus meletakaknya di tempat gelap. Telakan di daerah yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Sekali dalam dua minggu anda juga harus mengeluarkan tanaman yang ditanam di dalam ruangan agar mendapatkan sinar matahari. Ini penting untuk menunjang pertumbuhannya. Namun perhatikan bahwa terlalu banyak paparan sinar matahari bisa merusak tanaman juga.

5. Penyiraman Harian

Hal penting lainnya adalah masalah penyiraman harian, karena kita tahu bahwa ivy adalah tumbuhan yang sangat menyukai kelembaban. Seperti yang tercantum dalam cara budidaya tanaman hias jenis euphorbia, anda harus menyiramnya secara rutin.

Jika and amenanam tanaman english ivy di dalam ruangan maka pastikan drainase dalam pot bekerja dnegan baik. Jangan terlalu banyak menyiramnya, periksalah dengan menyentuh tanah atau media tanamnya. Jika terlalu banyak maka akan berpotensi menumbuhkan jamur. 


6. Pemupukan

Hal penting lainnya adalah dnegan mepertimbangkan pemupukan yang mengandung keseimbangan kalium, nitrogen dan fosofor. Jadi pupuklah english ivy secara berkala.

7. Perawatan Diluar Ruangan

Tanaman ini sudah bisa dikembangkan dan ditanam langsung diluar ruangan jika sudah berumur 4 bulan. Usahakan mencari tempat yang lumayan teduh seperti di pinggir dinding. Isi lubang penanamn dengan kompos terlebih dahulu sebelum memindahkannya ketanah dan menanam nya.

Agar bisa tumbuh dnegan baik dan subur ini juga memerlukan penyiraman dan pupuk secara berkala. Untuk pertumbuhan tunas anda bisa mepercepatnya dengan cara memotong ujung tunas tersebut. Secara rutin setiap bulan memberikan kotoran hewan atau pupuk kompos.

Jika anda membiarkan english ivy merambat di dinding maka pangkaslah secara teratur agar tidak memenuhi dan menutupi didnding secara sepenuhnya. Harus diketahui bahwa bagian terluar dari dinding akan berpotensi rusak jika anda tidak merawatnya dengan baik. Karena tanaman ini akan sangat melekat dan sulit dilepaskan.

Tidak sulit memang untuk merawat dan memelihara tanaman english ivy ini. Sepanjang dirawat dnegan baik, ditempatkan di daerah yang lembab dan sejuk maka pertumbuhannya akan terpelihara dengan baik. Demikianlah cara merawat tanaman english ivy, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tanaman Hias