Sponsors Link

Bagaimana Cara Menanam Rumput Mutiara?

Bagaimana Cara Menanam Rumput MutiaraBagaimana Cara Menanam Rumput Mutiara, yang merupakan primadonanya rumput hias. Mengapa ? hal ini dikarenakan rumput mutiara memiliki nilai estetika dan keindahan yang tinggi terutama jika di taman di taman, selain dikenal karena lebih murah rumput mutiara juga relatif lebih mudah dalam perawatannya jika dibandingkan dengan jenis rumput taman lainnya seperti rumput jepang atau rumput gajah mini.

Rumput mutiara juga tidak perlu dipotong sebagaimana rumput jepang, ukuran rumput ini juga lebih besar dan juga jika tumbuh pada tanah yang subur maka akan tumbuh dengan sangat baik dan menutupi hamparan media tanam. Maka jika ditanam pada lokasi taman akan dapat mengindahkan taman.

Nah, berikut ini penulis akan menginformasikan mengenai Bagaimana cara menanam rumput mutiara yang baik serta tips pemeliharaanya. Yuk langsung disimak.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Langkah pertama mengenai cara menanam rumput mutiara adalah mempersiapkan lahan tanam. Lahan tanam sebelum dilakukan penanaman harus diolah terlebih dahulu seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Pengolahan dilakukan dengan cara manual yakni mencangkul tanah dengan kedalaman 30 cm. lalu kemudian digemburkan dan diratakan, pastikan bahwa lahan tanam tanahnya diolah dengan halus.

Setelah itu kemudian tambahkan pupuk kandang atau kompos yang sudah benar benar kering. Taburkan pupuk kandang diatas lahan tanam secara merata, dengan dosis yang digunakan adalah 3 kg per meter persegi. Jika pupuk sudah di tebar maka didiamkan terlebih dahulu selama seminggu agar tanah netral dan siap di tanami rumput mutiara.

Memilih Bibit Rumput Mutiara

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih bibit rumput mutiara yang berkualitas. Untuk mendapatkan bibitnya anda dapat membeli pada tukang rumput yang biasa dijual di pinggir jalan.

Biasanya dijual dalam bentuk lempengan beserta dengan tanahnya. Untuk ukuran satu meter persegi harganya berkisar 30 ribu rupiah bisa lebih atau kurang, namun rumput ini tergolong jenis rumput yang murah maka anda tak perlu khawatir mengenai harganya.

Untuk memilih bibit yang baik maka perhatikan hal hal berikut ini :

  • 1 Warna daun rumput mutiara harus berwarna hijau cerah.
  • 2 Pastikan anda mendapatkan bibit rumput dalam kondisi segar, sehat dan tak terpapar hama atau penyakit,
  • 3 Jika sudah mendapatkan bibit maka penanaman harus segera dilakukan agar bibit rumput dapat langsung beradaptasi.
  • 4 Untuk memudahkan penanaman maka rumput dapat disiram terlebih dahulu agar memudahkan memisahkan saat penanaman dilakukan.

Menanam Rumput Mutiara di Lahan

Cara menanam rumput mutiara relatif sama dengan cara menanam rumput pada umumnya. Setelah lahan dan bibit siap maka penanaman dapat dilakukan, sebaiknya lakukan penanaman pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlampau terik dan menyengat.

Dengan kondisi ini maka akan membantu bibit dapat beradaptasi dengan mudah pada lingkungan yang baru.

Penanam rumput yang baik adalah dilakukan dengan teknik berikut ini :

  • 1 Potong potong lempengan rumput yang besar tadi menjadi bagian bagian kecil dengan ukuran 20×20 cm.
  • 2 Penanaman dilakukan dengan cara menanamkan rumput seperti papan catur jika ditanam pada lahan datar, namun jika lahan miring maka sebaiknya ditanam dengan rapat rapat untuk menghindari tanah longsor.
  • 3 Letakkan setiap lempengan secara rapi dan teratur , buat jarak antar lempengan 2-4 cm.
  • 4 Jarak tanaman ini kan membantu rumput nantinya agar tidak tumbuh secara berdesakan sehingga hasil tanamnya akan menjadi lebih bagus dan rapi serta juga akan lebih memudahkan saat pemeliharaan.
  • 5 Setelah semua bagian tertanam maka selanjutnya lakukan penyiraman agar kondisi lahan lembab dan bibit rumput tidak mengalami kekeringan.
  • 6 Siram menggunakan air secukupnya dan jangan sampai menimbulkan genangan air sehingga becek, hal ini malah justru akan membuat bibit mati karena mengalami kebusukan akar.

Tips Memelihara Rumput Mutiara yang baik

Adapun tips memelihara rumput mutiara harus dilakukan dengan cara berikut ini:

Penambahan Pasir

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan rumput mutiara yang tumbuhnya baik maka pada media taman harus ditambahkan media pasir.
Hal ini akan membantu meningkatkan daya serap tanam sehingga nantinya jika terjadi hujan atau anda kelebihan dalam melakukan penyiraman maka air tidak akan menggenang karena pasir kan membantu menyerap air yang berlebih. Gunakan pasir secukupnya saja jangan sampai menutup rumput, jik tidak ada pasir dapat diganti dengan memakai tanah halus.

Penyiraman

Melakukan penyiraman pada rumput mutiara juga sangatlah penting. Sebab pada masa awal tanam tanaman rumput sangat membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Sehingga anda harus melakukan penyiraman secara rutin yang manfaatnya juga akan membuat rumput tumbuh semakin subur, segar dan Nampak selalu hijau.

Pemupukan

Agar rumput tumbuh semakin subur dan bagu maka pemupukan juga harus dilakukan. Hal ini akan bermanfaat bagi media untuk dapat menyediakan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Oleh sebab itu maka pupuk rumput menggunakan pupuk jenis pupuk mengandung nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea,  Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Hal ini karena pupuk urea memiliki banyak manfaat penting.agar dapat meningkatkan kesuburan.

Jangan Injak Rumput

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan menginjak injak rumput sebab hal ini kan merusak struktur rumput dan juga dapat menjadikan rumput menjadi mati.

Nah. Itulah tadi Bagaimana cara menanam rumput mutiara yang baik serta tips pemeliharaanya, semoga dapat bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Tanaman