Home » Tanaman » Beginilah Cara Menanam Rumput Cuba dan Perawatannya

Beginilah Cara Menanam Rumput Cuba dan Perawatannya

by puputpurwanti A.Md

Cara Menanam Rumput CubaCara Menanam Rumput Cuba, kali ini masih berbicara mengenai rumput yang identik dengan tanaman aquascape atau tanaman yang biasa ditanam dalam kondisi lembab basa dan membutuhkan air dalam jumlah banyak. Rumput cuba atau yang memiliki nama latin Hemianthus callitrichoides merupakan jenis rumput yang biasa di tanam di dalam aquarium.

Memiliki bentuk daun yang kecil, berwarna hijau cerah biasanya dipakai sebagai tanaman foreground/ karpet. Tanaman ini menjadi favorit dan banyak dipilih sebab selain memiliki bentuk yang indah dan bagus daunnya yang berukuran kecil akan terlihat indah saat tumbuh menyebar dan membentuk karpet pada bagian dasar aquarium.

Pada umumnya untuk menanam tanaman rumput cuba ini ada yang mengatakan mudah namun lain pihak ada yang mengatakan sulit. Oleh sebab itu dalam kesempatan ini penulis ingin memberikan solusi yakni dengan melakukan 4 Cara menanam rumput cuba dengan metode emerseed dan pemeliharaanya.

Teknik Penanaman menggunakan Emerseed

Teknik ini merupakan perpaduan metode menanam pada kondisi basah dan kering. Metode ini disebut juga sebagai DSM (Dry Start Methode) dimana penanaman rumput cuba dengan cara setengah di darat dan di air. Adapun keuntungan menggunakan metode ini adalah:

  • Pertumbuhan tanaman rumput cuba akan lebih cepat
  • Lebih kuat terhadap serangan alga
  • Serta minim dalam hal perawatan
  • Namun kekurangannya adalah anda harus melakukan pekerjaan sebanyak dua kali yakni menanam secara emerseed lalu mengadaptasikannya kembali dengan ditanam dalam kondisi submersed atau basah.

Menyiapkan alat dan bahan

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan penanaman rumput cuba. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan dapat berasal dari barang barang sederhana atau juga barang bekas yang tak terpakai dan mudah ditemukan disekitar anda diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Media tanam berupa pasir malang.
  • Pupuk dasar.
  • Bibit rumput cuba sebanyak satu lempeng seharga 15.000.
  • Nampak atau baki dapat juga wadah bekas yang bentuknya persegi dengan bagian bawah yang tertutup.
  • Alat penyemprot atau sprayer.
  • Lampu bohlam 5 watt.

Membuat media tanam

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencampurkan pasir malang dan pupuk dasar, kemudian aduk hingga merata dan tambahkan sedikit air hingga media tanaman lembab dan basah. Kemudian masukkan media tanam tadi kedalam wadah Nampan dengan ketebalan 5 cm. Pastikan permukaan media tanam rata dan halus seperti Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag .

Menanam rumput Cuba

Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu lempeng bibit rumput cuba dibersihkan dari tanah yang menyangkut sehingga bagian akar tanaman akan kelihatan.

Selanjutnya bagi bibit tadi kedalam bagian bagian kecil dengan ukuran panjang kali lebar kurang lebih 1,5×1,5 cm. selanjutnya tanamankan rumput kebagian permukaan media pasir malang dengan jarak 2 x 2 cm antar tanaman.

Pastikan bagian akar tanaman tertimbun dibawah permukaan media sedangkan bagian daun tetap berada pada permukaan media tanam.

Pemeliharaan Rumput Cuba

Agar tanaman rumput cuba dapat tumbuh dengan baik, maka tentu saja harus dilakukan pemeliharaan yang intensif.

Meskipun tidak memerlukan pemeliharaan khusus namun ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menjaga agar rumput cuba dapat tumbuh optimal dan baik serta selalu Nampak segar dan hijau diantaranya adalah dengan cara melakukan beberapa hal berikut ini  :

Penyiraman

Mengingat di habitat aslinya rumput cuba dapat tumbuh dalam air maka pasirnya rumput ini memerlukan air dalam jumlah banyak. Minimal adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin maka anda akan dapat menjaga kelembaban baik pada media atau tanaman. Sehingga rumput cuba nantinya tidak akan mengalami kekeringan atau dehidrasi. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sprayer untuk menghindari terlalu banyak menyiramkan air serta juga untuk menghindari agar media tanam tidak tergenang.

Memberi Penutup

Untuk mencegah penguapan yang berlebih maka pada bagian atas diberikan penutup. Hal ini akan menjaga media tanam tetap dalam kondisi lembab sehingga tanaman akan tetap terjaga kelembabannya dan juga membuat kondisi media tetap basah  sehingga tanaman tidak mengalami dehidrasi dan kekeringan. Terlebih lagi tanaman rumput cuba membutuhkan kondisi kelembaban sangat tinggi.

Pemupukan

Untuk menambahkan unsur hara pada tanaman maka sebaiknya tambahkan pupuk memakai pupuk dengan jenis pupuk mengandung nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea, Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Akan menambahkan unsur nitrogen yang diperlukan tanaman.

Pencahayaan

Untuk memaksimalkan pertumbuhan rumput cuba maka diperlukan pencahayaan yang optimal. Anda bisa meletakkannya pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Namun akan lebih baik lagi jika menggunakan tambahan lampu bohlam yang berwarna kuning dengan kisaran ukuran 5 watt. Pastikan bahwa pencahayaan optimal sebab hal ini akan membantu rumput cuba untuk tumbuh semakin hijau dan segar

Itulah tadi, 4 Cara menanam rumput cuba dengan metode emerseed dan pemeliharaanya., semoga dapat menjadi referensi dan panduan bagi anda sekaligus juga semoga artikel ini dapat bermanfaat.

You may also like