Sponsors Link

8 Cara Budidaya Ayam Kate dengan Mudah

Sponsors Link

Jika mimpi Anda adalah memiliki kawanan ayam kebun belakang yang indah dan semarak yang akan menyenangkan untuk ditonton dan bisa memberi Anda telur segar untuk ladang pertanian Anda sendiri.

ads

Namun, Anda khawatir halaman belakang perternakan ayam impian Anda yang cukup nyaman akan menghasilkan banyak ayam yang sesak dan tidak bahagia, dan bahkan tidak ada telur!

Kenapa tidak mencoba melakukan budidaya ayam kate?  Ayam kate adalah varietas ayam istimewa yang kira-kira berukuran satu setengah sampai tiga per empat ukuran ayam biasa. Mereka datang dalam berbagai jenis dan warna, berkaki bersih, beberapa bulu kaki. Aayam kate adalah jenis ayam yang sangat menyenangkan karena perawakannya yang kecil seperti keuntungan beternak ayam.

Ayam kate masih akan menjadi hewan peliharaan yang menawan yang akan banyak memeberikan Anda telur yang indah, yang sama bergizi dan lezat seperti telur dari ayam berukuran biasa, hanya sedikit lebih kecil ukurannya yang unik. Jadi jika Anda berpikir bahwa sekawanan ayam kate mungkin sangat sesuai untuk Anda dan halaman belakang rumah Anda, baca terus untuk mendapatkan yang terbaik tentang bagaimana menjaga dan merawat ayam tersebut.

1. Kandang

Sama seperti ayam lainnya, ayam kate membutuhkan kandang yang aman dan kokoh untuk dihubungi di rumah, yang mampu memenuhi kebutuhan hidup dan perumahan mereka. Dengan asumsi ruang berada di sisi yang lebih kecil, entah berupa kandang biasa atau sistem umbaran akan menjadi kandang yang sempurna untuk ayam kate Anda cukup kecil untuk dipasang di halaman belakang, namun cukup besar untuk menampung kawanan ayam berukuran kecil yang berukuran wajar.

Masing-masing kandang ini membuat rumah ideal untuk ayam bantam, memberi mereka ruang yang cukup untuk bertengger, bersarang, bermain dan mandi debu sampai mereka puas. Sebagai ayam kate yang berjenis lebih kecil, mereka merasakan unsur-unsurnya lebih banyak dari pada ayam berukuran biasa, jadi penting bagi kandang mereka berventilasi baik agar tetap hangat di musim hujan dan dingin di musim panas seperti cara budidaya ayam pedaging.

2. Keamanan

Penting untuk memastikan teman ayam kate kecil Anda aman dari predator manapun yang bersembunyi. Jadi pastikan kandang Anda dilengkapi dengan pelindung atau kawat yang kokoh, dan tutup dengan benar, agar ayam bantam Anda tetap aman dan sehat dari yang lebih besar dan lebih berani!

3. Makanan

Ayam bantam memiliki kebutuhan nutrisi ayam biasa yang sama, mereka hanya membutuhkan jumlah yang lebih sedikit karena ukurannya yang kecil. Penting agar ayam kate memiliki akses terhadap air bersih segar dan pelet unggas setiap saat baik di dalam maupun di luar kandang mereka. Seperti ayam biasa, ayam kate hanya akan makan jika mereka lapar atau jika ada sesuatu yang sangat lezat, jadi tidak perlu takut kebanyakan memberikan makanan pada pelet dan ayam menjadi lebih gemuk.

Mereka membutuhkan pelet unggas berkualitas bagus, ayam kate membutuhkan nutrisi dari beberapa makanan manusia, khususnya buah dan sayuran segar. Semangka, bayam, stroberi dan labu semua memberi nilai gizi bagi bantam ayam, plus mereka bisa untuk mengobati beragam penyakit! Memilah makanan lain yang bisa Anda berikan pada ayam kate Anda berikut beberapayang disarankan

Sponsors Link

  • roti
  • telur

Ayam kate memerlukan dorongan kalsium dari waktu ke waktu untuk menjaga tubuh mereka dalam bentuk telur prima. Namun, jika ayam bantam Anda diberi banyak rumput dan tanah segar untuk dimakan, mereka akan menerima banyak protein dan nutrisi penting lainnya agar mereka tetap bahagia dan sehat seperti cara budidaya ayam bangkok.

4. Berapa Banyak Telur yang Akan Dihasilkan?

Bergantung pada jenis jenis kate yang Anda miliki, jika Anda memiliki versi kate dari jenis yang bagus, seperti White Leghorn, Anda bisa mengharapkan bantam leghorn Anda untuk meletakkan sebanyak telur per minggu sebagai hasil standar. Anda bisa melihat sekitar 4-5 butir telur yang dihasilkan per minggu, terlepas dari jenisnya pada bantam yang Anda miliki. Ini akan berlanjut untuk 2 tahun pertama, tapi tentu saja tidak akan terjadi saat kate Anda moulting. Ayam kate akan hidup selama antara 4 – 8 tahun tergantung pada jenisnya.

5. Ukuran Telur Bantam

Karena ayam bantam jauh lebih kecil dari pada ayam standar. Seperempat dari ukuran tubuhnya, ada anggapan bahwa telur akan lebih kecil. Ini harus diingat saat menggunakan telur ini untuk keperluan baking dan penggunaan resep lain sering bertanya-tanya berapa banyak telur kate yang akan membentuk 1 butir telur ayam standar. Biasanya, tergantung ukuran telur Anda, Anda akan menggunakan 2 telur kate untuk 1 telur standar, atau 3 telur kate.

6. Penyakit 

Ayam kate, seperti ayam biasa, terkena berbagai penyakit, disebabkan oleh pemberian makan yang tidak tepat atau kurangnya kebersihan, baik di rumah, jalan, atau air mereka, dan dalam beberapa hal, terhadap iklim lingkungan.

ads

Ayam kate yang berada dalam kandang, bahkan dijaga dengan teliti, terkadang terkena berbagai penyakit dan mungkin hilang bahkan bila tidak ada gejala nyata yang memungkinkan Anda mengobati penyakit ini walaupun Anda ahli dalam pengelolaan unggas.

  • Penyakit Melalui Kelebihan Makan atau Over-Feeding Chickens

Seekor ayam kate sehat yang baik bisa jatuh mati dari tempat bertenggernya. Hal ini dapat disebabkan oleh over-feeding, dan tidak dapat berolahraga pada ayam dalam keadaan alami seperti yang dapat mereka lakukan untuk mencari makanan. Sayangnya jika peradangan otak terjadi maka mereka bisa mati dalam sekejap. Hati-hati,  dalam memberi makan, jangan berlebihan, tapi makan hanya sebanding dengan latihan yang dimiliki ayam.

  • Pip (Infectious Coryza) pada Ayam

Banyak ayam terkena penyakit yang biasa disebut pip, tapi sekarang dikenal sebagai coryza infeksi. Ayam berumur 14 minggu dan lebih tua paling rentan dan bertambah seiring bertambahnya usia. Penyakit ini bukan di mana tampaknya, tapi mempengaruhi kanal pencernaan. Pip mudah ditemukan oleh penampilan lidah ayam, yang mengental, seperti halnya langit-langit, yang menyebabkan kesulitan bernafas, dan membuat ayam terkesiap seolah tersedak. Anda menemukan ayam kate Anda tidak dapat makan, bulu mereka menjadi acak-acakan dan akhirnya mati.

  • Peradangan Paru-Paru pada ayam

Ayam kate juga terkena radang paru-paru, dan jika Anda bisa menyembuhkannya, Anda harus berhati-hati dalam membiakkan dari mereka, karena walaupun dengan hati-hati Anda bisa mengembalikan unggas ke keadaan yang tampaknya sehat, tapi penyakit akan kembali berkembang seperti cara mengatasi kronis pada ayam

Ayam akan menderita karena moulting karena keluhan yang mereka hadapi, seperti yang bisa dibayangkan dari penyebabnya menyebabkan perubahan keseluruhan atau secara bertahap dari bulu mereka. Selama perubahan ini Anda tidak bisa mengharapkan adanya telur dan sementara prosesnya selesai sendiri, mereka harus tetap hangat, diberi makanan yang murah hati, dan di atas segalanya membersihkan air dengan sepotong besi berkarat yang ada di dalamnya.

7. Perawatan Anak Ayam Kate

  • Isi bagian bawah bak plastik Anda dengan satu inci kertas robek atau sedotan jika Anda mengawali langkah budidaya dengan anak ayam. Pastikan bagian bawah kotak Anda tidak licin, karena aya rentan terhadap kaki yang terpeleset jika berada di permukaan licin.
  • Isi sumber air Anda dengan air bersih setiap hari. Jika terjadi lendir atau penumpukan, gosok plastik dan bilas dengan air panas dan sabun cuci piring. Jangan gunakan pemutih pada sumber plastik karena akan menurunkan unsurplastik dengan cepat.
  • Isi cangkir karton atau pengumpan telur Anda dengan umpan starter dari toko pakan lokal Anda. Kandungan protein harus 18 sampai 22 persen. Obat yang diberi obat sulfa bersifat opsional dan harus mencegah koksidiosis, namun mungkin membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi lain di kemudian hari. Anak ayam kate bisa mendapatkan keuntungan dari pakan protein tinggi seperti starter ayam  jika tersedia.
  • Gantungkan lampu panas di salah satu sisi pena Anda. Tingkat suhu di lantai kotak harus 32 C. Angkat atau turunkan cahaya Anda untuk menyesuaikan suhu. Bantams tidak dapat menahan perubahan suhu yang cepat. Pastikan ruangan kotak Anda tidak memiliki ventilasi panas atau udara yang bertiup langsung di atas kotak.
  • Tempatkan wadah pakan dan air di satu sisi tempat sampah dan lampu panas di sisi lainnya. Anak ayam harus bisa bergerak dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain tanpa terlalu ramai. Anak ayam juga harus bisa berada di bawah cahaya atau jauh dari itu untuk mengatur suhu tubuh mereka.
    Sponsors Link

  • Perhatikan anak ayam dengan hati-hati. Jika mereka meringkuk di bawah cahaya, mereka kedinginan. Jika mereka menyebar dengan sayap menggantung dan terengah-engah melalui mulut mereka, mereka kepanasan.
  • Buatlah makanan dan air tersedia sepanjang siang dan malam. Jauhkan lampu di siang dan malam juga. Bersihkan sampah setidaknya sekali sehari untuk memastikan kesehatan anak ayam. Jika Anda pernah melihat darah dalam kotorannya, mereka perlu diobati dengan coccidiosis dengan obat sulfa terlarut dari toko pakan lokal Anda.

8. Perawatan Kate Dewasa

Pindahkan kate dewasa atau remaja ke kandang pemeliharaan saat mereka benar-benar berbulu dan cukup besar. Rumah ayam harus memiliki setidaknya dua kaki persegi ruang untuk masing-masing bantam, lebih baik lagi. Setiap rumah harus memiliki kotak bersarang dan bertengger agar ayambisa turun dari tanah.

  • Tempatkan dua sampai tiga inci sedotan di lantai rumah ayam Anda. Isi feeder dengan pakan berlapis (16 sampai 18 persen protein). Isi tempat minum ayam Anda dengan air. Masing-masing harus berada di tempat dimana ayam dapat dengan mudah mengaksesnya.
  • Periksa ayam setiap hari karena sakit. Beri mereka makanan segar dan air setiap hari dan kumpulkan telurnya. Buang sampah seperlunya, tapi setidaknya setiap empat minggu sekali.
  • Periksa ayam Anda untuk lendir di mata mereka, lubang hidung atau mulut yang merupakan gejala infeksi pernafasan. Ayam dengan infeksi pernafasan perlu diobati dengan antibiotik selama seminggu.
  • Jika ayam terlihat mengalami gangguan neurologis dan kotoran yang tidak biasa, mereka perlu dirawat karena infeksi bakteri dengan obat-obatan.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Unggas