Sponsors Link

10 Cara Budidaya Burung Kacer Bagi Pemula

Sponsors Link

Ada banyak jenis burung dan segala macam jenis bisa menjadi hewan peliharaan yang indah. Banyak burung menikmati kontak dekat, yang membuat banyak dari mereka menjadi koloni yang baik. Namun, jika berbicara tentang burung kicauan, maka kacer adalah salah satu burung terbaik seperti cara budidaya burung dara pedaging.

ads

Terlepas dari penampilan dan sifatnya yang menarik, belajar bagaimana merawat seekor burung kacer memerlukan sedikit kerja dan perawatan. Perawatan burung dimulai dengan pendekatan dasar yang sama untuk  jenis burung ini.

Perawatan burung dimulai dengan perumahan untuk burung kacer Anda. Burung membutuhkan lingkungan yang baik yang menyediakan tempat untuk beristirahat serta tempat bermain dan berolahraga. Rumah burung primer biasanya berupa kandang burung. Ada beberapa pilihan saat memikirkan jenis rumah burung untuk hewan peliharaan Anda. Anda bisa menyediakan sangkar burung yang sangat besar atau kandang yang lebih kecil bersama dengan area bermain di luar kandang.

1. Memilih Sangkar

Semua unggas harus ditempatkan di kandang senyaman mungkin, ini sangat penting bagi burung kacer yang akan menghabiskan sebagian besar waktunya di kandang.

Spesifikasi Kandang :

  • Burung harus bisa meregangkan sayapnya dan mengepakkannya tanpa memukul apapun. Mereka juga harus bisa melakukan penerbangan pendek, melompat-lompat dan bermain dengan mainan burung.
  • Burung yang hidup secara eksklusif di dalam kandang membutuhkan ruang tiga kali rentang sayap mereka sebagai ukuran minimum, dengan lebih banyak ruang tentunya lebih baik.
  • Batang horizontal di sisi sangkar burung sangat penting bagi burung yang suka mendaki.
  • Bar spacing perlu cukup kecil sehingga burung tidak bisa mendapatkan kepalanya melalui mereka.
  • Sangat menyenangkan jika kandang mudah dibersihkan. Banyak kandang burung memiliki nampan geser keluar dan ayunan yang mudah dilepas.
  • Di luar kandang Anda bisa menyediakan tempat bermain bersama mainan burung yang aman.

Penempatan Sangkar

  • Kandang burung harus ditempatkan di area bebas hambatan dan di daerah yang cukup terang, tapi tidak di bawah sinar matahari langsung.
  • Agar burung Anda merasa aman dan nyaman untulmenjaga kandang mereka menempel di dinding atau di sudut.
  • Tempatkan sangkar burung Anda sehingga berada pada tingkat ketinggian sedang atau lebih rendah untuk interaksi sosial yang baik.

2. Pemberian Pakan

Sebenarnya, aturan praktis yang bagus untuk burung kacer adalah: tiga sistem mangkuk.

  • Air tawar
  • Sayuran segar dan buah-buahan
  • Pelet, kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua mangkuk harus dicuci dengan sabun dan air panas. Air minum harus sering diganti dan jangan ditempatkan langsung di bawah mainan bertengger atau favorit. Berikan aneka ragam makanan dan jangan takut untuk lebih kreatif. Suplemen vitamin tersedia, tapi hindari yang diberikan di air burung Anda seperti cara budidaya burung branjangan.

3. Mandi

Ya, burung kacer butuh mandi. Sebenarnya, kebanyakan burung suka mandi. Ada tiga cara dasar untuk memperkenalkan sayap ke air:

  • Isi botol semprot bersih dengan air hangat dan setel spray ke pengaturan terkecil kabut. Tahan botol sekitar 18 inci dari burung dan semprotkan secara perlahan.
  • Bawa burungmu ke kamar mandi bersamamu.
  • Siapkan “bak mandi burung” di wastafel atau dengan mangkuk dangkal dan satu atau dua inci air.

Seberapa sering?

Dua atau tiga kali seminggu seharusnya cukup dan jika pada awalnya burung itu akan tampak takut, bersikaplah lembut dan gigih. Segera dia akan lebih baih setelahnya. Setelah mandi, dengan lembut hentikan semprotan air berlebih. Ingat, burung kacer adalah burung tropis.

Sponsors Link

Selalu awasi semua mandi dengan hati-hati, karena burung kacer tidak bisa berenang. Setelah mandi, banyak burung senang ditiup kering. Atur pengering menjadi hangat, tidak panas, dan simpan setidaknya 12 menit sampai 18 menit.

4. Perawatan medis

Semua burung harus menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh tidak lebih dari 72 jam setelah mereka berada dengan Anda. Ini untuk perlindungan Anda dan juga burungnya tersebut. Sebagian besar jaminan kesehatan akan berakhir dalam waktu 3 sampai 7 hari. Ingat, tidak semua dokter hewan adalah spesialis burung. Gunakan dokter hewan secara eksklusif seperti cara budidaya burung murai batu medan.

5. Kendalikan Penyakit

Di alam liar, burung kacer menyembunyikan beragam gejala penyakit agar tidak dianggap lemah dan mudah terkena predasi. Penyakit mungkin cukup parah pada saat timbulnya gejala yang dapat dirasakan. Jangan ragu untuk menghubungi dokter hewan Anda pada tanda-tanda pertama penyakit kehilangan nafsu makan, pelepasan dari mata, kotoran yang berair atau tidak beraturan, mengi, bersin, lesu, atau penurunan berat badan lebih banyak.

6. Mainan

Mainan sangat penting untuk kebahagiaan kacer Anda. Burung kacer anda akan menjadi sangat cerdas, penasaran, menyenangkan dan gembira. Berikan burung Anda berbagai mainan dan ubahlah mereka setiap beberapa hari sekali. Hindari mainan pada rantai tautan terbuka, kabel yang bengkok atau perangkat lain yang bisa melukai paruh burung kacer Anda. Baca cara menanam jeruk limau.

Banyak barang keperluan rumah tangga seperti gulungan kertas, kotak kardus, buku-buku paper back, majalah  dan minuman kaleng kemasan atau kardus dapat menampung burung Anda berjam-jam. Jika burung Anda takut akan mainan baru, tinggalkan di ruangan itu di dalam garis penglihatannya dan sedikit demi sedikit pindahkan ke kandang. Begitu burung menunjukkan ketertarikan padanya, taruh kembali mainan tersebut ke dalam kandang.

7. Interaksi

Anda harus meluangkan waktu dengan burung kacer Anda. Sangat penting untuk kebahagiaannya dan untuk pembentukan hubungan saling percaya dan damai antara Anda berdua. Burung kacer bukanlah hiasa. Banyak dari spesies burung langka yang terancam punah, sehingga keputusan untuk membeli seekor burung kacer tidak bisa dianggap enteng.

Sponsors Link

Tapi justru aspek sosial burung kacer ini yang membuat mereka begitu istimewa. Anda menginvestasikan waktu dan cinta pada salah satu makhluk cerdas, menghibur, sosial dan cantik ini, Anda akan dihargai dengan hubungan yang tidak ada bandingannya antara manusia dan hewan peliharaan tersebut.

8. Kestabilan Suhu

Jaga agar suhu tetap stabil. Burung dapat mentolerir berbagai macam suhu, namun suhu ideal untuk burung beo Anda adalah antara 26 dan 30 derajat C. Hindari meninggalkan burung kacer Anda di ruangan yang dingin atau menjatuhkan termostat Anda semalaman selama musim penghujan. Suhu di bawah 40 derajat bisa berbahaya bagi burung, terutama yang kurus. Jika Anda harus menjaga burung kacer Anda pada suhu yang lebih tinggi, pastikan bahwa ada banyak sirkulasi udara disekitar. Baca cara menanam sayur aquaponic.

9. Wadah Minum

Miliki wadah untuk air yang cukup besar agar burung Anda bisa mandi. Burung akan minum dari air yang sama dengan yang mereka mandi, dan ini tidak masalah. Pastikan untuk tidak memasukkan suplemen vitamin ke dalam air meskipun beberapa panduannya mengatakan hal ini. Alasannya karena burung tidak banyak minum, jadi Anda tidak tahu berapa yang mereka dapatkan, dan karena bisa menyebabkan bakteri terbentuk dengan cepat di air.

10. Perawatan Wadah Makan, Kandang dan Minuman

Bersihkan dan ganti mangkuk makanan dan air setiap hari. Keluarkan mangkuk makanan dan air setiap hari, bersihkan dan gantikan dengan makanan segar dan air.

  • Keluarkan makanan yang cepat membusuk, seperti kacang matang, segera setelah menyusui.
  • Burung kacer bisa sangat rentan terhadap infeksi bakteri, sehingga menjaga kandang bersih merupakan kebutuhan mutlak.
  • Pastikan untuk menggunakan desinfektan yang aman untuk membersihkan kandang setiap minggu, ini dapat ditemukan di toko hewan peliharaan setempat.
  • Desinfektan manusia biasa bisa terlalu kuat dan bisa membahayakan burung Anda

Demikanlah panduan umum dalam merawat burung kacer Anda. Semoga artikel ini membantu.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Unggas