Sponsors Link

3 Cara Budidaya Cabe Lado f1 Beserta Tips Agar Berbuah Lebat

Siapa yang tidak mengenal cabe? Ini merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu hadir di setiap jenis masakan, terutama masakan Nusantara. Ada beragam jenis cabe yang beredar dipasaran, salah satu yang sering di utamakan dna merupakan varietas unggulan adalah cabe lado F1. Seperti halnya cara menanam cabe rawit organik, cara budidaya cabe lado F1 juga memiliki beberapa aturan umum yang harus diikuti.

Jika anda melakukan cara budidaya cabe lado F1 dengan kumpulan cara yang tepat dan benar, maka anda bisa menghasilkan panen yang melimpah dan ini akan menguntungkan tentunya. Nah, bagaimana saja metode dan cara-caranya? Yuk simak penjabaran nya dibawah ini:

1. Persiapan Memulai Cara Budidaya Cabe Lado F1

Cabe lado F1 akan tumbuh lebih baik di dalam ruangan atau di rumah kaca, atau di luar dengan cuaca dan panas yang seimbang hingga panen Anda akan jauh lebih baik. Semua jenis cabe suka panas dan membutuhkan musim yang cukup panjang untuk tumbuh dari biji ke buah. Benih harus ditanam sedini mungkin sehingga Anda akan panen jauh lebih cepat juga tentunya dalam setahun seperti cara menanam cabe merah keriting.

2. Menabur Benih

Untuk menabur benih, Anda bisa menggunakan nampan benih multi-sel atau nampan tanam besar, tetapi nampan multi-sel akan membuat transplantasi lebih mudah dan lebih aman di kemudian hari.

  • Anda harus menggunakan kompos, kualitas umum tujuan yang baik, tidak menggunakan tanah kebun. Tanah kebun mengandung serangga dan jamur dan akan mempengaruhi kinerja bibit Anda.
  • Gunakan nampan benih bersel banyak. Isi baki dengan kompos sehingga sejajar dengan bagian atas sel. Pastikan Anda memecah gumpalan besar.
  • Dengan lembut tekan kompos di setiap sel dengan beberapa milimeter dan berikan sedikit air pada kompos. Jatuhkan biji cabai individu di tengah setiap sel.
  • Tutup dengan kompos dan kencang dengan lembut. Sirami bijinya untuk mengendapkannya dengan botol semprot atau air penyiram yang dilengkapi dengan mawar yang sangat halus.
  • Tuliskan nama varietas pada baki dan penutup cling film, ini membantu mempertahankan kelembaban dan menciptakan efek rumah kaca mini. Biji cabe Anda membutuhkan kehangatan, 26 – 29 C, untuk memulai proses perkecambahan (sprouting) seperti cara menanam cabe hidroponik dalam polybag.
  • Cahaya tidak kritis pada tahap ini, tetapi panas bawah atau lokasi yang hangat. Jika Anda menggunakan tikar atau nampan pembiakan biji listrik, cukup tancapkan dan masukkan wadah benih di atasnya. Jika tidak, maka di mana saja di rumah yang hangat akan ideal untuk proses ini.
  • Kompos harus disimpan ditempat yang lembab, tetapi tidak basah. Penyiraman berlebihan akan merusak bibit Anda dan dapat menghentikan proses perkecambahan.
  • Periksa benih Anda setiap hari untuk tanda-tanda munculnya. Bersabarlah meskipun beberapa habanero yang lebih panas mungkin membutuhkan waktu satu bulan atau lebih untuk berkecambah, tetapi biasanya bibit cabe lado f1 akan mulai tumbuh dalam waktu 2 minggu.
  • Segera setelah benih mulai bertunas dan terlihat di atas garis tanah, bibit cabe lado f1 membutuhkan cahaya terang. Kusen jendela bagus, konservatori juga sangat baik, tetapi di mana pun Anda meletakkan bibit Anda memastikan bahwa suhu waktu malam tidak menurun, bibit Anda tidak akan menyukai udara yang dingin.
  • 
Tanaman yang tidak memiliki cukup cahaya akan tumbuh menjadi lemah dan pucat, dengan batang yang panjang condong ke arah cahaya.
  • Bibit dapat ditanam pada suhu yang lebih rendah daripada yang sudah berkecambah (kisaran 20 hingga 26 derajat).
  • Ketika bibit Anda tumbuh dan tumbuh, dan memiliki setidaknya 2 set daun, tidak apa-apa membiarkan bagian atas tanah memiliki kesempatan untuk mengeringkan di antara sela sela penyiraman.
  • Periksa setiap hari dengan memasukkan jari telunjuk Anda ke dalam tanah untuk benar-benar menggunakan tes jari ini untuk melihat seberapa lembab tanah tersebut, sulit untuk mengatakan hanya dengan melihat, bahkan untuk tukang kebun yang berpengalaman.

3. Proses Penanaman Bibit

Ketika bibit Anda memiliki beberapa daun, Anda perlu memindahkan atau menanam bibit ke pot individu yang lebih besar atau langsung ketanah.

  • Pot pertama harus memiliki diameter sekitar 7 cm. Untuk transplantasi, isi pot dengan kompos segar dan sedikit air. Kemudian buat pot dengan baik di pot baru yang cukup besar agar sesuai dengan isi sel benih. Hati-hati saat mengeluarkan tanaman dari pot, cobalah untuk tidak mengganggu akar karena ini dapat menyebabkan “kejutan akar”.
  • Melonggarkan media tanam dari bagian bawah sel untuk hasil terbaik. Kemudian tempatkan bibit ke dalam pot baru dan tegakkan dengan lembut kompos di sekitarnya dan beri sedikit air. Cabe lado F1 tidak seperti tanaman lain akan membuat akar baru di sepanjang batang mereka yang terkubur.
  • Anda dapat mencangkoknya sehingga batangnya tertutup oleh tanah hingga ke dasar gugus daun bagian bawah.
  • Saat tanaman tumbuh, pot yang lebih besar akan dibutuhkan. Perkembangan standar adalah, 7cm, 15cm dan kemudian 20cm terakhir. Ingatlah bahwa semakin besar pot tanaman, semakin besar tanaman akan mendapatkan.
  • Setelah tanaman mulai berbuah, mulailah memberi makan satu atau dua kali seminggu dengan pupuk cair serba guna seperti Miracle-Gro dan diencerkan seperti cara menanam cabe hidroponik.
  • Begitu mereka berada di pot yang lebih besar, Anda dapat menyuburkan setiap hari dengan pupuk encer dan pastikan untuk menggunakan beberapa kerikil atau kerikil di dasar panci terakhir, untuk drainase.

Tanaman Cabe Lado F1 Anda membuat Bunga tetapi tidak ada Buah?

Kebanyakan cabe dan beberapa paprika manis membutuhkan penyerbukan serangga untuk menghasilkan buah. Jika serangga yang tepat tidak ada atau jika serangga lokal tidak tertarik pada bunga lada Anda. Anda mungkin melihat bunga tanaman dan tidak pernah mengatur buah.

Hal ini terutama berlaku untuk cabe yang ditanam di dalam ruangan. Serbuk sari dihasilkan pada benang sari, dan biasanya matang antara siang dan 3 sore setiap hari. Ambil kuas cat air yang sudah dibasahi, dan ambil beberapa serbuk sari di sikat Anda dan pindahkan ke pusat bunga lainnya. Anda bisa mendapatkan hampir 100% buah dengan penyerbukan tangan.

Kiat Cepat dalam Cara Budidaya Cabe Lado F1

Siramilah tanaman cabe lado F1 Anda secara menyeluruh dan teratur. Bagian dari proses penyiraman adalah mencuci garam di tanah, penyiraman dangkal yang sering akan menyebabkan garam menumpuk di dalam tanah ketika air menguap, dan penumpukan garam dapat menghantam atau membunuh tanaman Anda.

Setelah berkecambah, bibit semai harus memiliki cahaya sebanyak mungkin untuk menghasilkan tanaman  yang kuat. Untuk menjaga tanaman Anda tumbuh lebih kerdil. Coba patahkan batang tengah setelah mencapai tinggi 20cm. Ini akan memaksa tanaman Anda untuk keluar.

Saat menyiram cabe, gunakan air yang sudah ada selama 24 jam untuk hasil terbaik. Ini karena klorin dalam suplai air. Cabe lado F1akan tumbuh menarik dalam pot sekecil 6 inci, ukuran massa tanah sangat langsung mempengaruhi ukuran tanaman dan tanaman. Akar tanaman membutuhkan udara sebanyak yang mereka butuhkan air, pilihlah kompos yang ringan dan dikeringkan dengan baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Rempah