Sponsors Link

Cara Budidaya Kura Kura Ambon dan Perawatannya

Cara Budidaya Kura Kura AmbonCara Budidaya Kura Kura Ambon, menjadi topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Kura kura menjadi salah satu jenis hewan reptil yang paling banyak dipelihara sebab dianggap paling tidak berbahaya dan mudah dekat dengan manusia.

Salah satunya adalah jenis kura kura ambon yang merupakan jenis kura kura batok bulat yang relatif popular dikalangan pecinta kura kura karena dianggap lebih mudah bersahabat dengan manusia ketimbang jenis lainnya.

Meskipun memiliki nama kura kura ambon namun sebenarnya kura kura ini bukanlah hewan asli daerah tersebut. Nama tersebut hanya disematkan agar masyarakat lebih mudah mengingat, fakta nya hewan ini terdapat di daerah Sulawesi. Bagi anda yang tertarik untuk mulai membudidayakan nya dan meraup keuntungan dari budidaya tersebut maka harus memperhatikan teknik budidaya yang benar sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Yuk disimak, Cara budidaya kura kura ambon – tahap perawatan lengkap.

Cara Memilih Indukan kura kura Ambon

Tahap awal dalam budidaya kura kura ambon adalah tentu harus menyiapkan indukan yang berkualitas.

Dengan demikian maka tentu akan didapatkan hasil anakan yang juga sama berkualitas nya seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag. Lantas, bagaimanakah indukan yang berkualitas tersebut, tentunya haruslah memenuhi beberapa kriteria utama berikut ini :

  • 1 Indukan merupakan indukan jantan dan betina yang dalam kondisi sehat dan tidak terkena serangan penyakit apapun.
  • 2 Pengerakan kedunya lincah dan tidak terlihat lemah.
  • 3 Kedua indukan dalam kondisi yang stabil dalam artian tidak stress.
  • 4 Tentunya keduanya juga merupakan indukan yang sudah siap kawin, sehingga anda tidak lagi harus melakukan proses perkenalan yang pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • 5 Untuk mengetahui indukan yang siap kawin maka anda tinggal mendekatkan keduanya dalam satu kandang, jika keduanya tidak terlibat pertengkaran maka pastilah kedua indukan tersebut sudah siap untuk kawin.

Cara Mempersiapkan Kandang yang ideal

Persyaratan utama untuk memulai budidaya kura kura ambon yang sukses adalah menyediakan kandang yang ideal untuk proses budidaya sebagaimana jenis tanaman yang cocok di tanah merah. Selama hal tersebut terpenuhi dan didukung dengan perwatannya optimal maka pasti budidaya akan sukses, nah bagaimanakah kandang yang ideal untuk kura kura ambon.

Pada dasarnya kita harus ketahui karakteristik hewan kura kura ambon yang menyukai hidup di daratan, namun juga jangan lupakan bahwa hewan yang satu ini juga membutuhkan air tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan minumnya tapi juga untuk sarana perkembangannya.

Maka dari itu kandang harus dilengkapi dengan kolam yang diisi oleh air, tidak perlu terlampau dalam yang penting cukup untuk kura kura dapat berenang sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon .

Bagian daratan dalam kandang dapat dibuat dari tanah berpasir yang tentunya ditambahkan bebatuan dan tanaman alami agar Nampak menyerupai habitat alaminya. Selain itu juga kandang haruslah tertutup dimana bagian sekitar kandang dilengkapi dengan pagar yang tingginya mencapai 1 meter dilengkapi dengan pintu untuk keluar masuk anda ketika akan member makan kura kura.

Siapkan juga tempat bersarang didalam kandang agar nantinya saat indukan betina siap bertelur paling tidak ia sudah memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk menyimpan telurnya. Dalam satu kandang berukuran kecil 1×2 meter sebaiknya ditempatkan sepasang indukan, jika ingin menempatkan lebih dari satu pasang maka ukuran kandang haruslah diperbesar.

Cara Merawat Kura Kura Ambon

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan dan perawatan hingga kura kura ambon dapat menghasilkan telur. Adapun tahapan tersebut meliputi hal hal berikut ini:

  • Pakan dan Minum

Pada dasarnya kebutuhan utama kura kura ambon adalah tersedianya pakan dengan baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk kura-kura dapat tumbuh dan berkembang biak. Makanan yang dapat diberikan adalah berupa daun daunan, kebutuhan pakan diberikan secara bertahap yakni 3 kali dalam sehari, dan saat betina siap bertelur maka pemberian kebutuhan pakan harus ditingkatkan.

Untuk minum anda sebaiknya tidak perlu menyediakannya sebab kolam yang biasa dipakai kura kura yang telah tersedia didalam kandang juga merupakan sarana untuk minum hewan tersebut. Paling utama adalah melakukan pergantian air secara rutin sehingga kualitas air minum untuk kura kura ambon akan terjaga.

  • Mengawinkan indukan

Sebenarnya proses ini dapat berlangsung secara alamiah, anda hanya harus menempatkan kedua indukan yang siap kawin didalam satu kandang, maka dengan begitu proses perkawinan alamiah akan dapat berlangsung dengan sendirinya yang berbeda dengan Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

  • Merawat anakan kura kura ambon

Setelah indukan betina bertelur maka sebaiknya indukan jantan dikeluarkan dri dalam kandang, agar indukan betina nantinya dapat fokus merawat anak anak nya saat telur sudah menetas. Biasanya dari indukan bertelur hingga masa telur menetas memerlukan waktu 40-60 hari.

Setelah telur menetas biarkan indukan betina merawat anakan nya sendiri anda hanya perlu menyediakan pakan dan nutrisi yang cukup. Setelah anakan berumur 3 bulan maka anakan kura kura ambon dapat dipisahkan agar indukan dapat melakukan perkawinan kembali.

Itulah tadi, Cara budidaya kura kura ambon – tahap perawatan lengkap, semoga bermanfaat,

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan