Home » Tips dan Trik » 6 Cara Membasmi Hama Pada Pohon Mangga Paling Efektif

6 Cara Membasmi Hama Pada Pohon Mangga Paling Efektif

by Zigitputra

Selain enak dikonsumsi, pohon Mangga juga sering dijadikan sebagai hiasan pekarangan rumah oleh sebagian orang. Pohonnya yang besar serta rindang menjadikan rumah terasa lebih sejuk.

Faktor lain yang sering membuat orang-orang suka menanam pohon ini adalah, pohon Mangga termasuk jenis tanaman yang mudah untuk ditanam. Artinya tidak diperlukan perlakuan khusus agar pohon ini bisa tumbuh. Sehingga tidak mengherankan bila pohon Mangga gampang dijumpai, sebab hampir seluruh daerah di tanah air bisa ditanami pohon Mangga.

Meskipun pohon ini sangat mudah untuk dikembangkan, namun pohon Mangga juga gampang terserang oleh hama. Terlebih lagi dengan pohonnya yang sangat besar, sehingga menjadi rumah yang sangat nyaman bagi berbagai jenis hama.

Bila sudah seperti ini, sangat menyebalkan memang bila Mangga kesayangan kita menjadi sasaran empuk oleh hama. Apalagi bila sampai menyebabkan pohon gagal panen, ataupun menyebakan pohon menjadi mati, tentu saja hal ini sangat disayangkan. Baca Juga: Cara Merawat Pohon Mangga yang Sedang Berbunga

Jenis Hama Pada Pohon Mangga dan Cara Mengatasinya 

Oleh sebab itu, agar pohon Mangga kamu terbebas dari hama, berikut adalah beberapa cara membasmi hama pada pohon mangga.

1. Kepik Mangga

Hama kepik termasuk jenis hama yang cukup menyebalkan. Sebab hama ini akan menyerang langsung kepada buah Mangga, sehingga menyebabkan buah menjadi berbintik hitam. Bukan hanya itu saja, serangan hama kepik juga dapat menyebabkan isi buah menjadi busuk. Untuk membasmi hama ini, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Yang pertama, dengan cara kimia. Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

Yaitu dengan menyemprotkan insektisida Stropper 25EC kepada pohon. Sedangkan yang kedua adalah dengan cara alami. Pemberian semut merah kepada pohon juga bisa meminimalisir serang hama Kepik. Sebab semut merah merupakan predator alami dari hama ini.

2. Hama Putih

Berbeda dengan hama Kepik, hama Putih hanya menyerang daun Mangga saja. Serangan hama ini akan membuat daun menjadi kering dan daun tampak menjadi putih. Hama ini merupakan hewan kecil yang memiliki warna putih, dan juga bisa terbang. Biasanya hama ini menyerang dengan cara menempel pada daun, setelah menghisap sari daun tersebut. Baca Juga: Cara Mencangkok Pohon Mangga Harum Manis

Untuk membasmi hama ini, ada dua cara juga yang bisa kamu lakukan. Tergantung dari ukuran pohon saat terserang hama. Bila ukuran pohon masih kecil, kamu cukup membersihkan daun menggunakan deterjen. Usaplah dengan lembut daun yang terkena serangan hama menggunakan spon.

Tetapi bila pohon Manggamu sudah besar, cara terbaik untuk membasmi hama ini adalah dengan menggunakan pestisida. Kamu bisa menyemprotkan pestisida ke daun sekali satu minggu.

3. Bubuk buah Mangga

Hama bubuk tidak hanya menyerang tunas muda Mangga, namun juga menyerang buahnya. Bila buah sudah terkena serangan hama bubuk, secara kasat mata buah Mangga tampak baik-baik saja dari luar. Namun bagian dalam buah akan menjadi busuk. Setelah itu buah Mangga akan jatuh dengan sendirinya. Baca Juga: Cara Menanam Mangga Apel dalam Pot

Cara membasmi hama pada pohon manggaCara mengatasi hama ini sebenarnya cukup gampang. Kamu hanya perlu memberikan zat Prothephon 480SL kepada buah dengan cara menyemprotkannya.

4. Lalat buah

Hama lalat termasuk jenis hama yang menyerang buah secara perlahan. Meskipun mereka lambat dalam menyerang, namun bila dibiarkan, lama kelamaan efek dari hama lalat justru bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup Mangga.

Mula-mula, serangan hama ini hanya akan menyebabkan buah Mangga menimbulkan bintik hitam ataupun kekuningan. Namun setelah itu, larva akan semakin berkembang dan membuat buah Mangga menjadi busuk. Baca Juga: Cara Menanam Mangga Gedong

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi serangan hama ini. Pertama, yaitu dengan cara membungkus buah Mangga dengan plastik agar hama tidak bisa menyerang. Atau yang kedua, kamu bisa menggunakan perangkap lalat buah yang biasanya banyak dijual di toko-toko perlengkapan tani.

5. Wereng

Hama wereng biasanya lebih sering menyarang tanaman Mangga saat musim kemarau. Serangan hama wereng bisa menyebabkan proses penyerbukan ataupun pembentukan buah menjadi terhambat. Hama ini menyerangkan dengan cara menghisap cairan yang ada bunga sehingga bunga menjadi rontok. Bila hama ini menyerang dengan skala yang cukup besar, bukan tidak mungkin bila pohon Manggamu akan gagal berbuah dan gagal panen.

Untuk menanggulangi serangan hama ini, kamu bisa melakukan pengasapan serta memberikan pestisida Natural BVR. Nantinya pestisida ini kamu semprotkan ke pohon Mangga dengan takaran 4 sm/tangki semprot. Penyemprotan akan jauh lebih efektif bila dilakukan sore hari.

6. Tungau

Satu hama lagi yang bisa menyerang pohon Manggamu adalah tungau. Pola serangan tungau secara umum mirip dengan hama wereng, yaitu dengan cara menyerang bunga pohon atau bakal buah. Dan untuk menanggulangi hama ini pun juga mirip ya guys dengan hama wereng. Kamu cukup melakukan pengasapan dan juga penyemprotan pada pohon Mangga.

Nah itulah beberapa cara membasmi hama pada pohon mangga kamu. Masing-masing hama melakukan penyerangan pada objek yang berbeda-beda. Jadi perlu bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri pohon yang terserang, agar bisa ditanggulangi dengan cara yang tepat.

Bila saat ini kamu tertarik untuk membudidayakan pohon Mangga yang sudah ada, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Namun lebih disarankan untuk memperbanyak pohon dengan cara cangkok. Cara ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan memperbanyak pohon Mangga melalui biji. Membudidayakan Mangga melalui cangkok pun termasuk cara yang mudah, kamu bisa membaca artikel 5 Cara Menanam Mangga dengan Cangkok Agar Berbuah Lebat.

You may also like