Home » Tips dan Trik » 8 Cara Membasmi Hama Tikus di Sawah Paling Ampuh

8 Cara Membasmi Hama Tikus di Sawah Paling Ampuh

by rennataheri9

Permasalahan utama bagi petani yang sangat mengancam pertatanian mereka adalah serangan hama. Dan salah satu hama yang paling merugikan adalah tikus. Sebenarnya, terdapat beberapa cara membasmi hama tikus di sawah yang bisa dilakukan. Tidak hanya itu, beberapa cara diantaranya pun sebenarnya bisa dilakukan secara gratis.

Seperti sudah dijelaskan diawal, dalam mengatasi permasalahan hama tikus ini sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Tidak hanya itu, cara-cara tersebut juga tergolong cara yang alami sehingga tidak akan menganggu pertumbuhan tanaman pertanian anda. Langsung saja, berikut 8 cara membasmi hama tikus di sawah yang bisa anda coba pada sawah anda:

  1. Burung Hantu

Cara membasmi hama tikus di sawah yang pertama adalah dengan menggunakan hewan lain: burung hantu. Seperti kita tahu, burung hantu adalah predator alami bagi tikus. Selain itu, burung yang aktif pada malam hari ini juga sama dengan aktifnya tikus untuk mulai menyerang lawan pertanian.

Cara ini pertama kali di temukan pada area persawahan salah satu desa yang ada di Demak, Jawa Tengah. Setiap malam, petani-petani disana selalu melepas burung hantu mereka yang berjenis Tyto Alba untuk memangsa hama tikus yang ada di persawahan mereka. Tidak tanggug-tanggung, setiap malam ada 400 burung yang dilepas. Cara ini efektif karena membuat lahan persawahan mereka tidak lagi mengalami gagal panen akibat serangan hama tikus.

Tidak hanya tikus, cara membasmi hama wereng pada tanaman padi pun bisa melakukan cara yang sama. Anda hanya perlu mencari predator alami dari wereng tersebut sehingga tanaman padi anda terselamatkan.

  1. Perangkap Tikus TBS dan LTBS

TBS adalah singkatan dari Trap Barrier System sedangkan LTBS adalah Linier Trap Barrier System. Keduanya merupakan cara membasmi hama tikus di sawah yang cukup ampuh untuk dicoba. TBS merupakan perangkap tikus yang dibuat dengan ukuran 20m x 20m diarea yang rawan dengan hama tikus ini. Ukuran ini bisa untuk mengamankan area persawahan sampai dengan 15 hektar.

Berbeda dengan TBS, LTBS adalah pengaman area persawahan yang dibuat dengan cara pemasangan pagar yang terbuat dari plastik atau terpal di sepanjang area persawahan. Fungsi dari LTBS ini adalah untuk membatasi jumlah habitat tikus di area persawahan.

  1. Singkong

Menggunakan ubi kayu atau singkong dapat dikategorikan sebagai cara mengatasi hama tanaman dengan pestisida alami. Caranya menggunakannya juga relatif mudah. Anda hanya perlu memarut singkong yang sudah disiapkan sebelumnya namun jangan mencucinya.

Parutan singkong lalu dicampur dengan air kelapa untuk kemudian di rebus. Singkong yang sudah matang bisa diletakkan di lubang-lubang tikus atau pada tempat dimana tikus sering melintas.

  1. Kolang Kaling

Cara membasmi hama tikus di sawah selanjutnya bisa menggunakan buah kolang kaling. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan karena buah kolang kaling hanya perlu di kupas, dicacah, dan diletakkan di tempat diamana tikus biasa melintas.

Buah kolang kaling termasuk buah yang mengandung getah yang bisa membuat tikus yang terkena olehnya merasakan gatal. Mengunakan kolang kaling juga bisa digunakan dalam cara megatasi hama dan penyakit tanaman jagung yang disebabkan oleh hewan sejenis.

  1. Maja

Buah maja juga bisa digunakan untuk membasmi hama tikus di sawah sama seperti buah kolang kaling. Anda hanya perlu mencacah buah maja sama seperti mencacah buah kolang kaling untuk kemudian diletakkan pada tempat yang sering dilewati oleh tikus. Buah maja ini juga cocok untuk cara mengatasi hama pada tanaman kakao.

  1. Mengkudu

Cara membasmi hama tikus di sawah selanjutnya adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Cara ini cukup mudah bahkan jika dibandingkan cara menanam daun mint. Yang anda perlukan hanya membelah buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian dan diletakkan di tempat yang biasa dilintasi oleh tikus. Buah mengkudu adalah buah yang terkenal karena baunya yang busuk. Bau busuknya ini ternyata juga mampu mempengaruhi tikus sehingga tidak enggan masuk ke area persawahan anda lagi.

  1. Kulit Durian

Selain buah-buah diatas, ternyata buah durian juga bisa digunakan untuk membasmi hama tikus disawah. Cara ini bahkan termasuk cara yang cukup banyak dipakai oleh para petani.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan buah durian yang sudah matang dan berbau menyengat. Kupas buah tersebut untuk kemudian isinya anda makan.

Namun, walaupun seperti itu, jangan sampai kulit dari buah durian ini anda buang karena kulitnya inilah yang akan anda gunakan untuk mengatasi hama tikus di sawah. Kulit durian tersebut hanya perlu anda letakkan di tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Kulitnya yang tajam membuat tikus akan kesulitan untuk melalui jalan dan jika dipaksakan kulit durian itu pasti akan melukai kulit tikus tersebut. (baca juga: cara mengatasi busuk buah melon)

  1. Duri

Masih berkaitan dengan duri. Jika untuk mendapatkan buah durian dirasa cukup sulit, anda bisa mencoba cara membasmi hama tikus disawah yang satu ini. Anda hanya perlu mencari tangkai tanaman yang memiliki duri seperti pada pelepah pohon salak.

Sama seperti sebelumnya, tangkai duri ini bisa anda letakkan pada jalan yang sering dilalui oleh tikus. Tikus yang terkena duri secara otomatis akan menjauhi area persawahan sehingga tanaman anda akan terbebas dari hama ini.

Itulah 8 cara membasmi hama tikus di sawah yang bisa coba pada area persawahan anda. Kini, dengan cara ini anda tidak perlu lagi takut dalam menghadapi gagal panen. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

You may also like