Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Busuk Buah pada Melon dan Perawatan Tanaman

Sponsors Link

cara engatasi busuk buah melonMenanam melon memang menyenangkan karena selain rasanya yang enak, harga buah melon yang tinggi juga menjanjikan untuk dijadikan usaha yang menjanjikan.

ads

Namun tidak demikian halnya jika tanaman melon anda terserang penyakit yang cukup parah. Setelah pada artikel sebelumnya kami memposting tutorial cara mengatasi penyakit embun bulu (kresek) pada tanaman melon, kali ini kami akan mengajarkan cara mengatasi busuk buah pada melon.

Sebagaimana namannya, penyakit busuk buah pada melon menyerang bagian buah yang mana merupakan hasil final dari budidaya melon. Tentu akan sangat baik bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi busuk buah melon sebelum anda membudidayakan melon agar hasil panen anda bisa mencapai hasil optimal tanpa ada buah yang busuk. Baca juga Cara Menanam Terong

Sebelum menanganinya, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebab busuk buah melon itu.

Penyebab Busuk Buah Melon

Busuk buah melon bisa terjadi akibat serangan Organisme Penganggu Tanaman (OPT) atau disebut juga organisme pathogen dari golongan serangga, cendawan/jamur dan bakteri. Berikut adalah penggolongannya :

1. Busuk Buah Melon Karena Serangga

Serangga yang mampu menyebabkan busuk buah pada melon ialah jenis lalat buah, ulat dan uret. Khusus hama uret menyerang tanaman melon yang ditanam dengan cara menanam melon sistem lesehan. Hama lalat buah selalu menyerang buah melon dengan cara menyuntikkan telurnya pada buah melon yang akan menetas di dalam buah dan larva akan memakan daging buah melon hinga busuk. Cara Menanam Tomat Sistem Hidroponik

Hama ulat akan memakan buah melon dan membentuk lubang yang dalam hingga mencapai bagian daging buah. Lama-lama lubang itu akan membusuk. Untuk hama ure hanya menyerang melon yang dilesehkan ditanah tanpa alas. Uret akan memakan bagian  buah yang menmpel di tanah sehingga buah akan berongga besar dan busuk.

2. Busuk Buah Melon Karena Cendawan/Jamur

Ada banyak jenis jamur pathogen yang mampu menyebabkan busuk buah seperti Phytopthora, antracknose dan lain-lain. Gejalanya adalah berupa cemong (Pembusukan lokal berwana coklat kehitaman disebagian buah disertai tumbuhnya jamur seperti kapas halus. Buah yang sudah terkena jamur ini lama-lama akn busuk semua. Cara Menanam Pisang

3. Busuk Buah Karena Bakteri

penyebab busuk buah melonBusuk buah karena bakteri terjadi dengan proses sangat cepat karena laju perkembangan bakteri sendiri memanglah sangat cepat disbanding jamur.

Kasus cacar buah dan bacterial spot adalah kasus seranagn bakteri yang bisa langsung tampak. Sedangkan bakteri Erwinia mampu membusukkan bagian dalam buah tanpa membuat cacat bagian kulit luarnya.

Jalan masuknya bakteri sangat banyak, salah satunya bagian tanaman yang luka atau kulit buah yang luka.

Selain itu bakteri juga bisa menginfeksi melalui perakaran atau benih. Cara Menanam Jahe di Pot

Sponsors Link

4. Busuk Buah Karena Terlalu Matang

Kasus ini terjadi pada buah melon yang tidak serempak. Proses seleksi yang tidak merata dan buah yang paling cepat matang adalah buah pertama yang muncul didekat akar. Untuk menghindari hal ini, anda bisa melakukan seleksi buah pada buah di ruas ke 7 secara menyeluruh disetiap tanaman agar perkembangan buah merata.

Langkah Pencegahan Hama dan Penyakit Melon

mencegah busuk buah melonSekarang anda sudah tahu penyebab busuk buah melon. Daripada terkena lebih baik anda melakukan pencegahan dari awal. Cara mencegah busuk buah pada melon adalah sebagai berikut :

  1. Membeli benih melon unggul yang terjamin kualitasnya
  2. Melakukan perendaman benih dengan zpt, insektisida sistemik, fungisida sistemik dan bakterisida sistemik selama kurang lebih 4 jam sebelum benih disemaikan
  3. Menyemprotkan Mikoriza pada tanah media persemaian untuk menekan perkembangan bakteri dan jamur pathogen sejak awal
  4. Menggunakan perlakuan trichoderma pada pupuk dasar untuk mencegah berkembangnya organisme pathogen dalam lahan / bedengan
  5. Pada saat buah melon sebesar telur ayam maka gunakan fungisida sistemik + bakterisida sistemik 6 hari sekali dan fungisida kontak serta bakterisida kontak disemprot ke permukaan buah secara merata.
  6. Rutin melakukan penyiangan lahan
  7. Melakuakan perempelan atau pewiwilan tunas sekunder setelah seleksi buah dan diulang setiap 10 hari.
  8. Menggunting daun yang menutupi buah melon agar cahaya matahari bisa masuk dan area sekitar buah tidak lembab
  9. Melakukan penyemprotan insektisida dimetoat berbau menyengat setiap 4-5 hari sekali guna mencegah serangan lalat buah.

Demikian adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar potensi serangan busuk buah bisa berkurang 

Sponsors Link

Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Melon

cara mengatasi busuk buah melonSekarang bagaimana cara mengatasi busuk buah pada melon jika ternyata buah melon yang kita telah mengalami gejala pembusukan? Yang harus dilakukan adalah mengambil tindakan cepat sebagai berikut:

  1. Membuang buah yang sudah busuk parah dan menjauhkannya dari lahan
  2. Segera melakukan penyemprotan Fungisida/Bakterisida berbahan aktif Tembaga (Hidroksida, Oksi Sulfat, Oksi Klorida) di mix (campur) dengan bakterisida sistemik streptomicyn (Agrepth)
  3. Penyemprotan sesuai dosis dan dilakukan tiap hari berturut-turut hingga 3-4 hari.
  4. Setelah itu lakukan selingan dengan Fungisida Tembaga + Mancozeb dengan interval 2 hari sekali
  5. Jika busuk buah akibat serangan lalat buah, maka semprotkan insektisida kontak berbahan aktif dimetoat yang baunya menyengat diselingi dengan insektisida translaminar berbahan aktif metomil.

Tips Sukses Budidaya Melon Tanpa Busuk Buah

Berikut kami berikan beberapa tips untuk anda agar hasil budidaya melon anda bisa terhindar dari busuk buah :

  1. Melakukan penyemprotan Fungisida Bion-M yang bahan aktifnya mengandung Azibensolar S-Methyl. Bahan aktif ini bekerja secara sistemik sebagai plant activatorr yang memacu kemampuan resistensi tanaman dai serangan jamur dan bakteri maupun virus.
  2. Melakukan budidaya melon dengan sistem Ajir (Gantung) karena buah melon yang tergantung akan lebih sedikit terkontaminasi bakteri dan jamur
  3. Menyemprotkan ZPT Sitokinin pada saat buah melon mulai berusia 40 hari guna memperlambat penuaan buah sehingga buah tidak cepat matang dan busuk
  4. Menerapkan sistem pengairan impus atau fertigasi dan tidak mengairi menggunakan sistem lep yang lebih menyebarkan bakteri dan cendawan pathogen
  5. Mengurangi penggunaan pupuk Nitrogen dan menambah penggunaan pupuk Kalium dan Phospat serta Magnesium

Nah, demikianah cara mengatasi busuk buah pada melon yang dapat kami sampaikan. Kami harap artikel kami bisa bermanfaat guna menyukseskan budidaya tanaman melon anda. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain seperti Cara Menanam Asparagus dan Cara Menanam Jambu Madu. Selamat menanam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik