Sponsors Link

Inilah 4 Cara Membasmi Hama Ulat Pada Tanaman Jeruk

Sponsors Link

Jeruk adalah salah satu buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia dan buah jeruk memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh. Buah jeruk yang masih memiliki rasa yang asam, sedangkan buah jeruk yang matang memiliki rasa yang manis dan ada banyak jenis buah jeruk yang ada di Indonesia.

ads

Salah satu jenis jeruk yang populer di Indonesia adalah jeruk mandarin, karena kini banyak dijumpai di supermarket seluruh Indonesia dan penggemar jeruk bersal dari berbagai kalangan.

Tanaman jeruk banyak tumbuh subur di berbagai daerah dan ada banyak petani jeruk yang ada di Indonesia. Tanaman jeruk tidak lepas dari gangguan dan salah satu gangguannya, karena adanya serangan hama. Berikut ini adalah cara membasmi hama ulat pada tanaman jeruk:

1. Gunakan kardus

Kardus adalah salah satu peralatan buatan yang memiliki tekstur lembut dan kardus memiliki banyak sekali kegunaan, namun fungsi utama kardus adalah untuk pengaman saat proses packing barang. Kardus sangat disukai oleh ulat dan seringkali dijadikan sarang oleh ulat.

Dengan meletakan kardus di area sekitar tanaman jeruk, akan membuat ulat berkumpul di kardus dan memudahkan para petani untuk membasmi ulat.

Cara ini sangatlah tradisional, karena sudah dilakukan para petani sejak lama dan cara ini sangat jauh dari bahaya bahan kimia, karena ada banyak alasan pupuk kimia dapat merusak tanah. Pupuk kimia akan menimbulkan efek samping bila digunakan secara berlebihan dan cara penggunaannya tidak tepat waktu.

2. Gunakan Minyak Nimba

Minyak nimba adalah salah satu jenis minyak yang bisa menjadi salah satu pestisida alami untuk membasmi berbagai jenis hama dan salah satu hama yang bisa kabur adalah ulat. Biji nimba seringkali dijadikan bahan dasar pembuatan minyak nimba dan bisanya biji nimba dihaluskan terlebih dahulu, lalu kemudian dicairkan.

Penggunaan minyak ini bisa dilakukan dengan disemprotkan dan satu ember air bersih, bisa dicampurkan dengan satu sendok air nimba. Minyak nimba tidaklah berbahaya dibandingkan dengan pupuk kimia dan ada banyak alasan, mengapa pupuk kimia dapat merusak ekosistem di lingkungan atau area tanam.

3. Decis

Decis adalah salah satu insektisida yang populer sejak jaman dulu dan decis menjadi obat khusus untuk membasmi berbagai jenis ulat pada tanaman jeruk. Adanya ulat pada tanaman jeruk, tentu sebuah hal yang sangat merugikan petani dan ada berbagai jenis ulat yang bisa menyerang tanaman jeruk.


Decis memiliki kualitas yang baik dan bisa digunakan dengan cara disemprotkan. Decis menjadi salah satu obat kimia yang ramah lingkungan dan menjadi salah satu solusi pembasmi hama terbaik. Decis juga bisa menjadi cara menyelamatkan tanaman yang hampir mati dan menjauhkan tanaman dari serangan ulat.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak kegunaan dan salah satu kegunaan bawang putih adalah untuk membasmi berbagai jenis ulat. Hama ulat pada tanaman bisa dipergunakan dengan cara dibuat cair dan disemprotkan pada tanaman yang memiliki banyak ulat. Cara ini sangatlah alami dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Ada berbagai jenis tanah yang sesuai untuk kegiatan pertanian dan setiap tanah pasti memiliki keunikkannya masing-masing. Tanah di Indonesia memang sangatlah beragam dan ada banyak daerah di Indonesia yang cocok ditanami jeruk. Jeruk menjadi buah yang laku di Indonesia dan memiliki harga jual yang stabil.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara membasmi hama ulat pada tanaman jeruk dan semoga artikel ini memiliki banyak menfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pohon