Sponsors Link

Inilah 4 Cara Membasmi Hama Ulat Bulu Pada Tanaman Paling Efektif

Sponsors Link

Hama ulat adalah salah satu jenis hama yang menyebalkan bagi tanaman dan hama ulat bisa menyerang berbagai jenis tanaman seperti jeruk, alpukat, lemon dan lain-lain.

ads

Penyerangan hama ulat tidak hanya berbahaya bagi tanaman, namun bisa pula membahayakan kesehatan manusia dan salah satu jenis ulat yang paling berbahaya adalah ulat bulu, karena bulunya bisa membuat tubuh menjadi gatal.

Tanaman yang terserang hama bisa dicegah ataupun di basmi dan jangan biarkan tanaman terlelu lama diserang hama. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi hama dan salah satu caranya dengan penggunaan bahan kimia. Berikut ini adalah cara membasmi hama ulat bulu pada tanaman:

1. Langsung di buang

Punya tanaman kesukaan menjadi sebuah hal yang menguntungkan, baik untuk lingkungan maupun untuk diri sendiri dan ada banyak jenis tanaman yang ada di Indonesia.

Tanaman tidak terlepas dari serangan hama dan salah satu hama yang berbahaya adalah ulat bulu. Ada banyak jenis pupuk buatan yang menggunakan bahan kimia, namun penggunaan obat kimi memiliki banyak sekali resiko dan memiliki banyak efek samping.

Untuk memberantas ulat bulu, sebaiknya dilakukan secara langsung atau dibuang langsung dan jangan biarkan ulat bulu menyebar terlalu jauh. Cegah penyebarannya dengan cara langsung membuang ulat menggunakan kayu atau peralatan lainnya.

2. Bubuk Bacillus thuringiensis

Bubuk Bacillus thuringiensis adalah bubuk yang terbuat dari bakteri gram positif dan bubuk ini memiliki kegunaan untuk membasmi ulat bulu. Proses penggunaannya sangatlah simpel, karena hanya perlu ditaburkan di area yang memiliki banyak ulat dan bukuk ini sudah sangat populer sejak jaman dulu.

Penggunaan bubuk bt menjadi salah satu cara menyuburkan tanah pertanian dan bisa membuat tanaman menjadi subur. Perkembangan tanaman sangatlah terhambat dengan adanya hama dan keberadaan hama harus segera di basmi dengan cepat. Bubuk ini menjadi salah satu jenis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar dan mempercepat pertumbuhan suatu tanaman.

3. Oleskan oli

Oli adalah cairan yang selalu digunakan untuk pelumas kendaraan bermotor dan oli yang digunakan tidak perlu oli baru, karena oli bekaspun sudah cukup.

Tanaman mangga selalu menjadi sasaran ulat bulu dan seringkali menyerang para petani. Ulat bulu membuat kulit menjadi gatal dan mudah sekali proses penyebarannya.

Penggunaan oli menjadi cara menyelamatkan tanaman yang hampir mati dan kondisi tanaman yang diolesi oli akan dijauhi oleh berbagai jenis hama perusak seperti ulat bulu.

4. Pelihara unggas

Ada banyak jenis unggas yang populer di Indonesia seperti ayam, burung dan bebek. Saat menanam pohon mangga dan memiliki peluang untuk panen mangga, memelihara unggas menjadi sebuah hal yang menguntungkan. Unggas seringkali mengkonsumsi berbagai jenis ulat dan sering membantu para petani untuk memberantas ulat.

Unggas akan memangsa berbagai jenis ulat dan dengan unggas, para petani dapat memperoleh keuntungan yang berlipat. Petani tidak hanya dapat panen buah, tapi bisa pula panen unggas dan keduanya bisa menghasilkan uang. Indonesia memiliki banyak jenis tanah yang sesuai untuk kegiatan pertanian dan bisa ditanami dengan berbagai jenis tanaman.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara membasmi hama ulat bulu pada tanaman dan semoga artikel ini memiliki banyak manfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik