Sponsors Link

Jenis Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Akar – Dengan Bahan Organik

Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan AkarPupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar, pupuk merupakan salah satu unsure penting dalam budidaya pertanian.

Fungsi utama pupuk sendiri adalah untuk dapat memberikan unsure hara tambahan kepada tanaman. Sebab tidak selamanya tanah atau media tanam yang dipakai dalam budidaya mampu menyediakan unsur hara bagi tanaman.

Melihat hal tersebut, maka tentunya pupuk memiliki fungsi yang vital dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman sebagaimana pada  Cara Stek Bunga Mawar .

Terdapat dua jenis pupuk yang umum dipakai yakni pupuk organic dan anorganik. Keduanya memiliki fungsi yang sama hanya saja pupuk anorganik memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan jika digunakan secara terus menerus seperti  Kenapa Tanaman Layu.

Pupuk juga dapat digunakan untuk merangsan pertumbuhan jaringan tanaman sebagimana  Tanaman Hidup untuk Aquarium, salah satunya adalah pertumbuhan akar tanaman sebagaimana pada sisitem  Infus Tanaman dari Botol Bekas. Dalam kesempatan ini, kita akan mebahas mengenai Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar – Berasal dari bahan organik.

Pupuk Cair dari Air Dedak

Dedak merupakan salah stau jenis limbah organik yang berasal dari  kulit gabah yang terkelupas yang memiliki tekstur yang halus.

Secara umum dedak banyak dipakai sebagai sumber karbohidrat bagi pakan hewan ternak jenis unggas seperti ayam atau bebek. Namun siapa sanga jika air dedak dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman yang fungsinya dapat menumbuhkan organ akar.

Jenis pupuk yang dipakai adalah jenis pupuk yang cair , simana terlebih dahulu dedak harus direndam kedalam air selama 1 minggu. Kemudian dialkukan penyaringan dan dibuang ampasnya. Air rendaman dedak inilah yang kemudian dapat dijadikan sebagai pupuk cair bagi tanaman.

Tujuan daripada penggunaan pupuk cair tidak lain adalah agar tanaman dapat lebih cepat menyerap kandungan vitamin B yang banyak terdapat dalam air dedak. Kandungan vitamin B inilah yang fungsinya serupa dengan hormone rhizhokalin. Dimana tidak lain fungsi hormone rhizokalin adalah untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman.  

Pemberian pupuk cair air dedak ini selain dapat menyuurkan tanah serta tidak memiliki dampak pencemaran pada lingkungan juga merupakan cara yang paling efektif untuk merangsan pembelahan sel meristematik secara terus menerus. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan akar dapat berlangsung dapalam waktu yang lebih cepat.

Beberapa jenis tanaman hortikultura merupakanjenis tanaman yang cocok dirangsang pertumbuhan akarnya mengugunakan pupuk ir dari air cdedak ini. Jenis tanaman tersebut diantaranya adalah tanaman buah yakni strawberry, cabe dalam pot, tanaman hias (Bunga mawar, melati, anggrek dan beberapa jenis tanaman berbungan lainnya, serta tanaman sayuran seperti selada, pakcoy, seledri dan beberapa jenis tanaman sayur daun lainnya.

Pupuk Cair dari air Cucian Beras

Air cucian beras ternyata juga memiliki fungsi yakni dapat merangsang pertumbuhan akar. Tentuya air cucian beras sendiri sangat mudah anda dapatkan sebab sangat mudah ditemui dan bahkan kerap dijadikan sebagai limbah atau smpah yang dibuang begitu saja. Maka dari itu, setelah mengetahui hal ini maka tentu betapa bermanfaatnya air limbah organik yang satu ini. 

Air cucian beras sebelum digunakan sebagai pupuk haruslah dilakukan pengolahan terlebih dahulu, Hal ini adalah agar dapat menghasilkan pupuk cair organik cucian beras yang memiliki akndungan kalin yang besar. Kalin sendiri merupakan kelompok hormone rhizokalin yang juga fungsinya adalah untuk menumbuhkan orga akar pada tanaman.

Air cucian beras yang akan dipakai sebaiknya didiam,kan dulu selama tiga hari. Lebih baik gunakan wadah yang tertutup, sebab jika memakai wadah terbuka bau yang ditimbulkna akan sedikit tidak sedap sehingga dapat menganggu lingkungan. Karenanya diamkan air cucian beras dalam wadah yang tertutup. Simpan ditempat yang sejuk dan  tidak terpapar cahaya matahari.

Setelah tiga hari, maka akan dihasilakn endapan , sebelum digunakan terlebih dahulu harus dikocok agar endapannya dapat naik keatas. Selanjutnya pupuk air cucian beras ini dapat langsung disiramkan ketanaman yang baru ditanam.

Penting untuk diingat bahwa bagian terbaik yang mengandung hormone kalin paling tinggi adalah air cucian beras yang pertama sehingga direomendasikan untuk menggunakan air cucian beras yang pertama saja.

Berbeda dengan pupuk cair dari air deda yang baik dalam merangsang pertumbuhan akar tanaman hortikulturan, pupuk cair dari air cucian beras ini lebih baik untuk digunakan dalam merangsang pertumbuhan akar pada tanaman perkembuhan. Seperti dapat digunakan untuk tunas tunas tanaman perkembunan yang akan ditumbuhkan menjadi bibit.

Tips Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Akar

Kedua jenis pupuk perangsang penumbuhn akar diatas, merupakan jenis pupuk organik yang sangat mudah ditemukan disekitar kita serta juga cara pembuatannyapun sangan mudah.

Selain itu juga, penggunaan pupuk organik ini juga sangat baik bagi lingkungan sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan serta tetap dapat menjaga dan juga semakin menyuburkan tanah.

Kerana fungsi utama pupuk cair diatas adalah selain merangsang pertumbuhaan akar tanaman yang cepat akar akar semakain kokoh, juga tidak akan mematikan mikroorganisme yang ada di dalam tanah sehingga kelestarian lingkungan akan tetap terjaga sebagaimana  Cara Agar Bunga Belimbing jadi Buah dan jugaTips Agar Bunga Petai Tidak Rontok.

Nah, itulah tadi  Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar – berasal dari bahan organik . menarik bukan ? semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , ,