Sponsors Link

Cara Membesarkan Batang Pohon Menggunakan Hormon dan Pupuk

Cara memperbesar batang pohon, menjadi topik menarik yang kali ini akan kita bahas. Pohon memiliki nilai penting dalam kehidupan manusia, selain dapat menjadi sumber penghasil oksigen keberadaan pohon juga dapat membantu menghijaukan kembali lingkungan sekitar.

Inilah yang kemudian membuat pohon dipilih sebagai tanaman yang banyak di tanam di pinggir jalan ataupun pekarangan rumah sebagaimana cara menanam nangka mini di pot. Selain itu juga pohon merupakan penghasil kayu yang menjadi salah satu komoditas bernilai jual tinggi.

Bagian pohonyang diambil sebagai kayu adalah bagian batang tanaman yang bertektur keras dan kuat. Oleh sebab itu, maka batang pohon yang berukuran besar akan dapat menghasilkan kayu yang banyak serta juga hasil kualitas kayu dari batang pohon besar akan lebih bagus ketimbang yang berasal dari pohon yang kecil sebagaimana juga  cara mengolah tanah tandus agar menjadi subur.

Namun, untuk mendapatkan pohon yang berukuran besar pastilah memutuhkan waktu yang lama. Tentunya ada cara instan yang tidak membutuhkan waktu dalam yang akan diuraikan dalam Cara memperbesar batang pohon –menggunakan hormon dan pupuk.

Cara Memperbesar Batang Pohon Menggunakan Hormon

Hormon merupakan senyawa yang disintesis oleh bagian tanaman yang fungsinya adalah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut sebagaimana  media tanam cemara udang.

Namun, kini hormon tidak hanya dapat dihasilkan sendiri oleh tanaman melainkan juga dapat ditambahkan melalui produk produk hormone yang banyak dijual di pasaran. Salah satu hormone yang berfungsi untuk membantu mempercepat pembesaran batang adalah hormone sitokinin.

Sitokinin merupakan hormone yang berfungsi dalam mempercepat pembelahan sebagimana pada  cara menanam padi hibrida mapan, pertumbuhan dan perkembangan sel tanaman. Selain itu hormone sitokinin juga berfungsi dalam menunda penuaan daun, bunga dan buah, dengan cara mengontrol dengan baik proses kemunduran yang dapat menyebabkan kematian sel.

Sitokonin menjadi hormone yang berperan penting dalam proses pembesaran batang tanaman, sebab sejak tanaman muda maka sel sel dalam batang tanaman akan aktif membelah. Lama kelamaan kadar hormone akan berkurang sehingga pertumbuhan pembesaran batang akan cenderung menjadi melambat. Karenanya untuk dapat kembali memacu pembesaran pohon maka hasrus diberikan hormone sitokinin secara buatan.

Dipasaran sendiri hormone sitokinin buatan lebih dikenal dengan nama, BA, Kineti dan PBA. Ini merupakan jenis hormone sitokinin sitesis yang banyak dipakai dalam dunia pertanian. Konsentrasi pemberian hormone tentu tergantung dari pada kondisi batang pohon yang akan dibesarkan. Serta juga tentu anda dapat melihat rekomendasi pemberian pada label pembungkusnya. 

Untuk pemberian hormone sintetis ini ketanaman, dapat diberikan melalui metode infuse atau juga disuntikkan kebagian batang tanaman. Jika dilakukan melalui metode infuse maka caranya adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan pelubangan pada bagian tanaman dengan mengggunakan bor tanaman, tidak perlku terlalu dalam cukup sedalam 3-4 cm saja.
  2. Kemudian siapkan selang dan plastik infuse atau wadah bekas infuse obat.
  3. Selanjutnya larutkan hormon dengan konsentrasi yang direkomndasikan, masukkan larutan hormone kedalam wadah infuse.
  4. Kemudian pasangkan selang infus, selanjutnya masukkan selang yang satunya lagi kedalam pohon yang tadi telah kita lubangi.
  5. Selanjutnya gantung wadah infuse pada batang tanaman yang posisinya lebih tinggi dibanding dengan letak selang yang dimasukkan kebatang pohon.
  6. Jika cairan habis maka ganti atau tambahkan dengan larutan yang baru.

Memperbesar Batang Pohon Menggunakan Pupuk

Unsure hara merupakan salah satu elemen penting yang harus dipenuhi agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman optimal.

Oleh sebab itu, maka dalam hal ini, untuk dapat memperbesar batang pohon secara buatan dapat dilakukan dengan bantuan menggunakan pupuk. Baik itu pupuk organik ataupun anorganik dapat digunakan sebagai perantara untuk memperbesar batang pohon sebagaimana  mengapa gulma dapat mengganggu pertumbuhan tanaman

Jenis pupuk yang diberikan adalah pupuk yang mengandung unsur hara makto yakni N (Nitrogen ), P (Posfor) dan K (Kalium). Unsur hara ini merupakan unsure hara yang paling dibutuhkan oleh tanaman, meskipun begitu terdapat unsure hara mikro lainnya yang juga harus diberikan namun jumlahnya tidaklah terlampau besar.

Pupuk NPK anorganik banyak ditemukan dan dijual dipasaran, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Agar pupuk lebih cepat diserap oleh tanaman sehingga batang akan lebih cepat memebesar maka direkomendasikan untuk diberikan dengan cara di kocorkan. Dengan demikian maka akar akan lebih cepat menyerap sehingga pertumbuhan tanaman akan lebih cepat.

Pupuk organik yang dapat menjadi sumber NP dan K adalah jenis pupuk kandang, baik kotoran sapi, ayam, atau juga kambing serta pupuk kompos. Sebelum digunakan pupuk kandang haruslah  dikeringkan terlebih dahulu dengan cara di komposkan.. setelah itu dapat di berikan ke pohon dengan cara diletakkan di bawah akar tanaman.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, maka dapat juga melakukan pemupukan dengan menggunakan kedua jenis yang dikombinasikan. Frekuensi pemberian pupuk dapat di lakukan sesering mungkin yakni satu hingga dua minggu sekali.

Untuk dosisnya dapat ditingkatkan sesuai dengan pertumbuhan tanaman.  Bisa dimulai dengan dosis paling rendah yakni 10 gram/liter hingga 25 gram perliter untuk pupuk NPK anorganik. Sedangkan untuk pupuk organik dimulai dengan dosis 1 kg hingga maksimal 3 kilogram.

Itulah tadi, Cara memperbesar batang pohon –  menggunakan hormon dan pupuk. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pohon