Home » Tanaman » Cara Menanam Padi Hibrida Mapan Sampai Panen

Cara Menanam Padi Hibrida Mapan Sampai Panen

by puputpurwanti A.Md

Cara Menanam Padi Hibrida MapanCara menanam padi hibrida mapan, pada artikel sebelumnya kita telah banyak membicarakan mengenai padi mapan 02 dan padi mapan 05. Maka dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai padi mapan secara umum. Perlu dijelaskan sebelumnya b

ahwa padi mapan merupakan varietas unggulan dengan jenis padi hibrida. Padi ini mampu menghasilkan produktifitas yang tinggi karenanya sudah dikenal secara luas oileh para petani tanaman padi. Padi mapan juga memiliki spesifikasi kecocokan tanam hampir disemua wilayah baik dataran tinggi hingga dataran rendah sebagaimana cara budidaya jamur tiram dengan serbuk gergaji.

Karena hal tersebutlan maka padi mapan menjadi pilihan banyak petani di Indonesia. Meskipun demikian tentunya bukan hanya benih yang menjadi faktor penentu utama kesuksesan sebuah budidaya. Sebab didalamnya terdapat elemen elemen lain yang juga saling berkaitan. Terutama mengenai cara tanam dan teknik budidaya yang benar. Saat keduanya dipadukan dengan benar maka hasilnya sudah pasti akan memuaskan.

Nah pada kesempatan ini, penulis akan mengulas mengenai Cara menanam padi hibrida mapan – Tips dan kiat suskes panen melimpah.

Nah, berikut adalah hal yang wajib diperhatikan dan dicatat baik baik :

Perhatikan pola musim

Menanam padi hibrida mapan tentu harus memperhatikan musim tanam, meskipun saat ini musim tanam tak dapat diprediksi lagi namun sebagai petani tetap harus memiliki patokan seperti jenis tanaman akuarium. Sebagaimana diketahui bahwa umur panen padi hibrida mapan sendiri sudah jelas yakni 80-85 hari.

Artinya anda sudah bisa menentukan kapan akan menenam padi ini atau istirahat sejenak dan menggantinya dengn tanaman lain. Misalnya saja ketika hari raya besar seperti idul fitri permintaan akan besar pasti akan melonjak tentu saja harga jual baik gabah atau beras akan meningkat. Supaya anada mendapatkan kesempatan ini makan anda harus menghitung mundur kapan sebaiknya anda mulai menanm padi mapan di sawah.

Penggunaan benih yang berkulitas

Padi mapan sendiri cukup popular sehingga tidak jarang mengundang oknum yang tidka bertanggung jawab untuk memalsukan benihnya sebagaimana juga jenis tanaman akuarium o2.

Tentu saja hal ini menjadi peluang bagi mereka sebab harga jual benih padi mapan dan benih padi lainnya jauh berbeda. Terng saja tidak sedikit petani yang akhirnya tertipu. Oleh sebab itu, pada saat membeli benih padi ini maka sebaiknya perhatikan hal hal berikut ini :

  • 1 Produsen benih harus menjadi perhatian utama anda, cek di internet nman produsen yang tertera pada label.
  • 2 Pilihlah hanya benih yang sudah tersertifikasi secara resmi dari kementrian terkait.
  • 3 Baca dengan teliti setiap informasi yang tertera pada label, terutama mengenai tanggal kadaluwarsa benih.
  • 4 Jangan tergiur harga murah, sebab pasti hasilnya akan tidak sesuai harapan.

Cara budidaya yang benar

Agar padi mapan hibrida dapat menghasilkan panen yang sesuai harapan maka anda harus melakukan teknik budidaya yang benar yang meliputi :

  • Persemaian

Dilakukan menggunakan benih berkualitas, pada lahan yang kesuburannya terjaga dan juga dalam jarak tanam yang ideal. Selain itu juga penanggulangan terhadap serangan keong dan bekicot harus dilakukan secara optimal agar tidak terjadi kenapa tanaman layu.

  • Penanaman

Penanman dilakukan secara tepat diaman umur bibit benar benar telah cukup umur serta juga bibit siap dipindahkan ke lahan tanam. Dianjurkan penanamn dilakukan pada pagi hari dengan jarak tanam yang disesuaikan dengan kesuburan tanah, lagi lagi karena bibit merupkan tanaman muda maka perhatikan mengenai serangan keong dan bekicot yang seringkali dating.

  • Perawatan dan pemeliharaan

Adapun pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan meliputu pemupukan, pengairang, penganggulangan HPT dan penyiangan. Untuk pemupukan khususnya dilakukan secara spesifik menggunakan jenis pupuk dan jug dalam frekuensi yang dianjurkan.
Untuk dosis, jenis dan macam pupuk yang dipakai dpat merujuk pada cara menanam benih padi mapan 05 dan cara menanam padi mapan 02. Tak kalah penting adalah penanggulana HPT yang seringkali menyerng. Karenanya harus benar benar dicegah dengan cara baik secara manual atau menggubakan bantuan pestisida.

  • Panen dan pasca panen

Pada umunya padi mapan dapat dipenan pada umur kurang dari 90 hari setelah tanam. Padi mapan yang siap panen akan menunjukkan warna malai padi yang sudh menguning keseluruhan serta juga malai atau bulir padinya sudha merunduk.
Biasanya panen dilakukan secara manual dengan cara memotong batang padi 5 cm dari akarnya. Untuk memisahkan padi dan malainya digunakan alat atau mesin seperti juga cara stek bunga mawar ..

Setelahna hasil panen adalah berupa gabah yang masih dalam kondisi basah atau memiliki kadar air sekita 80%. Agar dapat dijual maka gabah harus dikeringkan dengan cara dijemur dibwah terik matahari samapi benar benar kering atau kadar airnya menjadi dibwah 5%.

Kemudian brulah gabah digiling dan selanjutnya menjadi beras yang kita konsumsi sehari hari.

Itulah tadi, Cara menanam padi hibrida mapan – Tips dan kiat suskes panen melimpah. Semoga dapat bermanfaat.

You may also like