Sponsors Link

Cara Menanam Daun Sirih Gading dan Tips Perawatan

Sponsors Link

Kehadiran tanaman hijau di ruangan atau rumah membuat suasana terlihat lebih nyaman dan asri. Tanaman telah lama menjadi salah satu hiasan yang banyak dipakai di rumah, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Salah satu tanaman hias yang akan dibahas kali ini yaitu tanaman daun sirih gading atau sirih gading.

ads

Sirih gading merupakan tanaman hias yang cukup populer. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan merambat semi-epifit (menumpang dengan tumbuhan yang lain). Bernama latin Epipremnum auerum, tanaman ini termasuk ke dalam suku talas-talasan.

Ciri dari daun sirih gading yaitu daunnya yang berwarna hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat. Bentuk daunnya seperti jantung hati. Tanaman ini dapat merambat di tanaman lain yang memiliki batang lebih besar sampai menutupi batang pohon yang dirambatnya. Tanaman sirih gading dapat tumbuh hingga mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Jika ditanam di dalam pot, tanaman ini akan memiliki ukuran daun yang lebih kecil.

Sirih gading terkadang disebut juga dengan julukan golden pothos, devil’s vine, atau devil’s ivy. Tanaman ini memang sulit mati dan memiliki umur yang panjang.

Sebagai tanaman yang mudah untuk ditanam dan dipelihara, banyak orang yang tertarik untuk menanam sendiri daun sirih gading. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara menanam daun sirih gading.

Tips menanam daun sirih gading

Tips untuk menanam daun sirih gading tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyediakan calon tanaman yang layak serta media tanam yang cocok.

Tanaman ini memang bisa dijadikan tanaman hias di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Perawatannya pun tidak terlalu sulit. Ikuti tips berikut untuk menanam daun sirih gading.

Cara memperbanyak tanaman daun sirih gading

Tanaman sirih gading dapat ditanam di dalam pot maupun di dalam air. Tanaman ini tidak sulit untuk diperbanyak karena usianya yang panjang serta tahan terhadap cahaya matahari yang terlalu banyak dan cahaya matahari yang terlalu sedikit.

Selain itu, tanaman ini memang banyak tumbuh dan berkembang di negara-negara tropis termasuk Indonesia.

Tanaman daun sirih gading bisa diperbanyak dengan cara stek daun atau akar daun-tunas atau stek di ujung batang. Tanaman lain yang bisa distek yaitu cara stek bunga seribu bintang.

Cara menanam daun sirih gading

Cara untuk menanam daun sirih gading berbeda-beda, tergantung pada media tanamnya. Berikut adalah cara menanam daun sirih gading berdasarkan media tanamnya.  

Menanam daun sirih gading di dalam air

Daun sirih gading sering ditanam di dalam air sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau di dalam aquarium. Jika ingin menanam daun sirih gading, ikuti petunjuk berikut.

  • Siapkan pot atau wadah hias untuk tempat menanam daun sirih gading
  • Isi pot atau wadah dengan air secukupnya
  • Air yang digunakan untuk media tanam daun sirih gading sebaiknya air sumur atau air tanah yang banyak mengandung mineral
  • Potong bagian batang daun sirih gading sepanjang kurang lebih 15 cm
  • Masukkan bagian batang daun sirih ke dalam media air  

Menanam daun sirih gading di dalam pot

Daun sirih gading juga sering ditanam di dalam pot dalam media tanam tanah biasa sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau di luar ruangan. Jika ingin menanam daun sirih gading, ikuti petunjuk berikut.

  • Siapkan pot untuk tempat menanam daun sirih gading
  • Isi pot dengan media tanah yang akan digunakan berupa campuran tanah kebun, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Baca kembali tentang cara mengolah tanah tandus agar menjadi subur.
  • Potong batang sirih gading sepanjang kurang lebih 15 cm
  • Tancapkan potongan batang sirih gading pada media tanam yang telah disediakan
  • Siram tanaman dengan air secukupnya lalu tempatkan di area yang agak teduh

Cara merawat tanaman daun sirih gading

Merawat daun sirih gading sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi tanaman ini sulit untuk mati dan memiliki umur yang cukup panjang. Cara ini mirip dengan cara merawat tanaman hias di dalam rumah.

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat daun sirih gading:

  • Tanaman yang disimpan di dalam wadah berisi air sebaiknya diganti airnya setiap beberapa hari sekali untuk menghindari tumbuhnya jentik-jentik nyamuk
  • Tanaman yang ditanam dalam pot sebaiknya disiram setiap hari dan jangan sampai kekeringan
  • Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan pupuk tambahan. Jika diperlukan, cukup beri sedikit pupuk kompos 

     

Tentang Tanaman Gading Sirih – Bisa Beracun 

Umur tanaman ini bisa menjadi lebih panjang lagi apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke dalam air. Untuk merawat tanaman dalam vas, simak mengenai cara agar bunga dalam vas awet.

Terkadang, orang juga bisa menempatkan tanaman ini di dalam aquarium. Jika dibiarkan di dalam air, memang nanti akan tumbuh akar gantung di pangkal batang sirih gading.

Sebagai tanaman hias, daun sirih gading memiliki perawatan yang cukup mudah dan tidak sulit. Selain itu, tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat. Daun sirih gading dikenal dapat menyerap racun.

Gas karbon monoksida dan formaldehida yang ada di udara bebas bisa diserap oleh daun sirih gading. Hal ini menyebabkan daun sirih gading bisa menjadi tanaman hias yang bermanfaat. Jika ingin tahu tentang tanaman hias lain, cek jenis bunga yang cocok di dalam rumah.

Meskipun begitu, ada hal yang harus dicatat saat ingin menanam daun sirih gading sebagai tanaman hias di rumah. Hal ini karena daun sirih gading bisa menjadi beracun bagi hewan peliharaan kucing dan anjing.

Hewan peliharaan yang ada di rumah harus dijaga agar tidak mengkonsumsi daun sirih gading. Ciri hewan peliharaan yang terkena keracunan daun sirih gading yaitu iritasi pada mulut, muntah-muntah, dan kesulitan menelan makanan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Daun, Tanaman Hias