Sponsors Link

Ini Dia Cara Membasmi Hama Ucrit dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Hama ucrit atau hama benih ikan adalah salah satu hama yang memiliki ukuran sangat kecil dan terbentuk dari suatu larva cybister atau biasa disebut kumbang air. Hama ucrit biasanya memiliki panjang sekitar 3 sampai 5 cm dan korban dari hama ucrit adalah ikan yang berukuran 1-3 cm.

ads

Hama ucrit memiliki ekor yang bercabang dua dan kondisi ekornya tajam. Cara memangsa korbannya adalah dengan menusukkan ekor ke bagian tubuh korbannya dan seketikan ikan buruannya akan lumpuh atau mati.

Cara Membasmi Hama Ucrit

Hama ucrit sangat berbahaya bagi pembudidaya ikan, karena bisa menyebabkan ikan menjadi gagal panen dan ada beberapa cara untuk mengatasi hama ucrit.

1. Seser

Seser adalah salah satu peralatan khusus yang disediakan untuk menangkap ikan dan dengan menggunakan seser, hama ucrit dapat ditangkap. Menangkap hama ucrit dengan tangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan bisa mengigit bagian tangan.

Hama ucrit yang berhasil ditangkap, akan bisa langsung dibasmi dengan cara dibakar atau diletakan dipermukaan tanah yang panas.

Penggunaan pupuk kimia dapat merusak ekosistem dan bisa membuat ikan yang di budidayakan menjadi mati. Penggunaan seser sangatlah ramah lingkungan dan menghindarkan berbagai efek samping yang bisa saja terjadi pada ikan yang di budidayakan.

2. Minyak Tanah

Minyak tanah adalah salah satu cara pemberantasan hama ucrit dengan bahan kimia dan cara ini bisa digunakan sebagai langkah terakhir pemberantasan hama.

Semprotkanlah minyak tanah ke bagian permukaan kolam dengan menggunakan alat semprot, supaya penyebaran minyak tanah lebih merata dan hama ucritpun akan cepat musnah. Namun penggunaan minyak tanah memiliki resiko atau efek samping bagi ikan yang dibudidayakan dan pupuk kimia dapat merusak ekosistem yang ada di kolam.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Efek samping timbul, apabila minyak tanah digunakan secara berlebihan dan menyalahi aturan penggunaan. Sebaiknya gunakanlah minyak tanah secukupnya dan janganlah mencampurkan minyak tanah dengan bahan kimia lainnya.

1. Benih ikan terlalu kecil

Benih ikan yang digunakan janganlah terlalu kecil, karena akan memudahkan ucrit untuk memangsa ikan dan carilah benih ikan yang sehat. Benih ikan yang baik, akan menghasilkan ikan dengan kondisi sehat dan pada masa pertumbuhannya harus dijauhkan dari hama ucrit yang bisa mengganggu.


Ikan yang biasanya banyak dibudidayakan masyarakat adalah ikan mas, ikan mujair, ikan lele dan ikan cupang. Hal ini menjadi salah satu cara budidaya ikan cupang kuping gajah dan ikan cupang harus dijauhkan dari serangan hama ucrit.

Hama ucrit menjadi suatu permasalahan yang sudah lama terjadi dan sangat sulit proses pemberantasannya.

2. Penebaran ikan terlalu banyak

Ketika melakukan budidaya ikan, sebaiknya gunakanlah ikan yang sehat dan penebaran benih ikan janganlah terlalu banyak. Dengan penaburan ikan yang secukupnya, akan membuat pergerakkan ikan menjadi lebih leluasa dan cepat mengalami perkembangan.

Hal ini juga menjadi cara budidaya telur ikan cupang yang efektif dan cara ini bisa diterapkan untuk membudidayakan jenis ikan lainnya.

Janganlah menggunakan jenis pupuk buatan yang menggunakan bahan kimia, karena bisa membuat ikan peliharaan menjadi mati atau punah dan gunakanlah air bersih pada kolam, agar ikan yang di budidayakan dapat tumbuh dengan sehat.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara membasmi hama ucrit dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik