Sponsors Link

Cara Membuat dan Merawat Vertical Garden dari Botol Bekas yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Vertical Garden dari Botol Bekas yang Mudah dan PraktisBotol bekas dapat digunakan untuk membuat vertical garden. Cara membuat vertical garden dari botol bekas sangat mudah dan prkatis. Selain itu, pemanfaatan botol bekas tersebut dapat mengurangi sampah botol plastik.

Cara membuat vertical garden dari botol bekas dapat memanfaatkan peralatan yang ada di sekitar Anda. Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat vertical garden dari botol bekas yakni:

Alat

  • Pisau
  • Gunting
  • Palu

Bahan

  • Botol bekas, botol plastik lebih disarankan karena pengolahannya lebih mudah dibandingkan botol kaca
  • Paku, ukurannya disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran botol yang akan dipakai
  • Bibit atau benih tanaman
  • Tanah sebagai media tanam

Lagkah pembuatan botol bekas untuk vertical garden adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan alat dan bahan

Cuci botol bekas yang akan digunakan sebagai tempat menanam tanaman. Sterilkan juga gunting dan pisau yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan alat dan bahan dari kuman atau penyakit yang akan merugikan tanaman.

  1. Ubah bentuk botol sesuai keinginan

Anda dapat membentuk botol sesuai dengan keinginan Anda. Bentuk botol dapat disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan Anda tanam.

Botol juga dapat diwarnai sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat menggambar karakter kartun yang lucu.

Namun, jika Anda menginginkan tampilan yang alami maka botol tidak perlu dicat. Anda hanya perlu memotong botol bekas secara horizontal maupun vertikal.

Baca juga cara membuat infus tanaman dari botol bekas, cara membuat pot bunga burung hantu dari botol bekas, dan cara membuat perangkap lalat buah dari botol bekas.

  1. Mengisi botol dengan media tanam

Jika Anda menggunakan tanah sebagai media tanam, maka Anda dapat mengisi botol bekas dengan tanah. Demi mendukung sumber nutrisi tanaman, maka Anda dapat menambahkan pupuk kompos atau kandang pada tanah tersebut sebelum dimasukkan ke dalam botol.

Perbandingan campuran tanah dan kompos adalah 1:1. Diamkan selama lebih kurang 1 hari agar pupuk benar-benar meresap pada tanah. Setelah itu, Anda dapat mengisi botol-botol yang telah dibentuk tersebut dengan tanah.

  1. Masukkan bibit atau benih tanaman

Pastikan bibit ataupun benih yang digunakan adalah bibit atau benih unggulan. Anda dapat berbelanja di toko pertanian atau pun mendapatkan secara langsung dari tanaman induk.

Lubangi media tanam sedalam kurang lebih 5 cm dari permukaan. Masukkan bibit tanaman yang sudah tersedia, tutup kembali dengan tanah.

  1. Tempelkan pada dinding

Setelah itu, tempelkan botol berisi bibit tanaman tersebut pada dinding ruangan yang telah Anda sediakan. Pilihlah tempat yang cukup mendapat pancaran sinar matahari supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan tanaman perlu dilakukan dengan baik, seperti menyiram secara teratur. Lakukan tindakan pemberantasan gulma, hama, dan penyakit yang dapat mengancam tanaman.

Vertical garden dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki rumah dengan halaman yang sempit. Anda hanya perlu menyediakan tempat untuk menempel botol-botol bekas yang diubah menjadi pot bagi tanaman. Jadi Anda dapat memanfaatkan sudut-sudt rumah Anda dengan vertical garden.

Botol  bekas yang Anda buat untuk pot tidak melulu ditempel di dinding. Ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk menggantung atau meletakkan botol-botol bekas tersebut.

  • Digantung di pagar

Vertical garden dapat diterapkan pada pagar rumah Anda. Jenis tanaman yang cocok misalnya jenis tanaman yang tumbuh menjalar. Saat tanaman tumbuh dengan rimbun, maka pagar rumah Anda akan lebih terlihat hidup. Pemandangan halaman rumah Anda pun akan semakin indah dan menarik.

  • Digantung pada tali

Botol-botol bekas berisi tanaman dapat Anda rangkai dan gantungkan pada tali atau kawat yang dibentangkan dengan kuat. Ide ini cocok diterapkan pada berbagai tanaman hias, seperti bunga atau tanaman sukulen. Namun, Anda juga dapat menanam tanaman sayuran yang segar.

Baca juga cara menanam vertikultur dengan botol bekas, cara membuat tanaman gantung dari botol bekas, dan cara membuat tanaman gantung dari botol plastik.

  • Diletakkan pada rak vertical

Jika Anda tidak lagi memiliki dinding yang tersisa untuk dimanfaatkan, Anda dapat menggunakan rak vertical untuk meletakkan botol-botol bekas tersebut.

  • Digantung pada tiang rumah

Jika tiang rumah Anda terkesan membosankan, maka Anda dapat menghiasi tiang tersebut dengan vertical garden. Tanaman yang cocok untuk diletakkan pada tiang tersebut misalnya bunga hias atau tanaman buah-buahan seperti tomat atau cabe hias. Tanaman ini dijamin menambah keindahan rumah Anda.

Baca juga cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas, cara menanam selada hidroponik dengan botol bekas, dan cara menanam bayam hidroponik dengan botol bekas.

Selain menggunakan botol bekas, pot untuk vertical garden juga dapat terbuat dari galon bekas. Anda dapat menggunakan galon bekas air minum yang diisi hingga penuh dengan media tanam. Metode ini akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki lahan sempit. Tanaman seperti bawang-bawangan, kentang, atau wortel dapat ditanam dengan menggunakan wadah galon bekas tersebut.

Inilah penjelasan mengenai cara membuat vertical garden dari botol bekas yang mudah dan praktis. Anda dapat menerapkannya di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

, , ,