Sponsors Link

Cara Membuat Pupuk dari Vetsin dan Manfaatnya bagi Tanaman

Sponsors Link

Vetsin atau MSG yang biasa dijadikan sebagai bahan penyedap masakan ternyata berguna pula dalam dunia pertanian. Manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh para petani untuk menyuburkan tanaman alias digunakan menjadi pupuk alternatif.

ads

Para petani utamanya yang mengusahakan tanaman lada, kentang, dan padi sudah biasa menggunakan larutan vetsin ini untuk menambah hasil panen mereka. Terkhusus untuk tanaman cabe yang cara membuat tanaman cabe rawit berbuah lebat telah kami sampaikan, pupuk dari vetsin ini bisa dibantu pula kesuburannya menggunakan larytan vetsin ini. Tanaman cabe yang diberi pupuk vetsin terbukti menjadi lebih kuat serta lebat buahnya.

Hasil penelitian bahkan menyimpulkan bahwa tanaman cabe yang disiram dengan larutan vetsin mampu menghasilkan tanaman cabe berkualitas dengan batang dan akar yang kuat, daun hijau segar, dan buahnya pun sehat sekaligus lebat.

Cara membuat pupuk dari vetsin

Baiklah tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini akan kami sampaikan langkah demi langkah cara membuat pupuk dari vetsin, khusunya untuk pupuk tanaman cabe yang praktis serta berkhasiat bagi tanaman.

Alat dan bahan:

  • Vetsin, kami menggunakan vetsin dengan merk Ajinomoto dengan ukuran 200 gr sebanyak 5 bungkus
  • Air bersih sebanyak 10 Liter
  • Wadah penyimpanan

Cara pembuatan:

  • Langkah pertama dalam pembuatan pupuk vetsin ini adalah dengan mencampurkan 5 bungkus vetsin dengan air bersih sebanyak 10 L
  • Aduk-aduk hingga larutan tersebut tercampur rata
  • Vetsin yang telah diencerkan tersebut dapat langsung digunakan sebagai pupuk.

Adapun dosis yang perlu diperhatikan dalam pemberian pupuk vetsin terhadap tanaman cabe adalah sebagai berikut,

1/2 gelas atau 100 ml pupuk vetsin untuk masing-masing tanaman cabe dengan disiramkan secara langsung. Pemberian pupuk ini dapat diaplikasikan saat tanaman mulai berusia 20 hari. Hasil menakjubkan dari pemberian pupuk vetsin ini sama pula dengan macam pupuk dan manfaatnya pada tanaman, selain itu, cabe yang diberi pupuk vetsin sudah bisa berbunga ketika tanaman tersebut berusia 50 hari.

Apabila peggunaan pupuk vetsin ada tanaman cabe dirasa kurang, maka dapat Anda dapat membuat pupuk vetsin lagi dengan langkah-langkah yang sudah kami tunjukkan di atas. Dan apabila Anda menghendaki pohon cabe tumbuh tinggi dan kokoh, maka pelajari tekniknya di cara membuat tanaman cabe tinggi 2 meter


Manfaat Pemberian Pupuk Vetsin Bagi Tanaman Cabe

Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari pemberian pupuk vetsin ini, utamanya terhadap tanaman cabe. Berikut beberapa manfaat yang bisa kami sampaikan:

  1. Unsur Natrium (Na) yang terkandung pada vetsin mampu meningkatkan kesuburan tanaman dengan ciri-ciri daun lebat dan hijau, buah banyak, serta tanaman tidak mudah terserang penyakit.
  2. Mempercepat laju pertumbuhan tanaman cabe
  3. Mempercepat munculnya bunga yang mengindikasikan pembentukan buah
  4. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman cabe
  5. Tanaman lebih sehat dan tidak gampang mati
  6. Mencegah tanaman cabe dari penyakit kerdil
  7. Bobot tanaman utamanya pada batang dapat meningkat, dengan demikian tanaman mencadi semakin kuat dan sehat
  8. Pupuk vetsin merupakan pupuk anorganik yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan pupuk berbahan kimia lainnya.

Banyak pro kontra seputar vetsin yang biasa dikonsumsi oleh manusia, ada penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi vetsi secara berlebihan dan terus menerus akan membahayakan tubuh maupun otakn manusia. Namun ada pula penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi vetsin sehari-hari adalah aman.

Kelompok yang kontra terhadap vetsin dimulai sejak munculnya laporan penelitian dari SHIMIZU dkk yang menggunakan anak ayam sebagai objek penelitiannya. Dikatakan bahwa anak ayam yang minumannya dicampuri vetsin ini mengalami penyusutan jumlah sel otak sebanyak 24%.

Sementara itu Grecnberg dkk dalam penelitiannya terhadap tikus juga menyebutkan bahwa sel-sel darah putih dari tikus yang mengkonsumsi vetsin berubah menjadi sel-sel kanker. Masih banyak penelitian yang menyebutkan dampak negatif dari vetsin, pada umumya, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa hewan yang diberi vetsin akan mengalami cacat atau kematian.

Sedangkan kelompok yang pro terhadap konsumsi vetsi dimulai dari penelitian Dr. Ahmad Ramli yang merupakan majelis Pertimbangan Kesehatan dan Syarat Dep. Kes. RI yang menyatakan bahwa tidak berbahaya jika mengkonsumsi vetsin dalam kehidupan sehari-hari.


WHO sendiri menyatakan bahwa vetsin dapat dikonsumsi sehari-hari palinh banyak 6 mg / kgberat badan manusia dewasa. Dengan kata lain jika berat badan mencapai 50 kg, maka jumlah vetsin yang boleh dikonsumsi adalah tidak lebih dari 2 gr.

Menurut komposisinya, kandungan yang terdapat dalam vetsin ini berupa beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan tanaman, diantaranya unsur N (Nitrogen) dan mineral. Tidak mengherankan, mengingat vetsin atau MSG adalah produk dari olahan tetes tebu yang banyak mengandung garam natrium (sodium) dan asam glutamat.

Tetes tebu ini akan mengalami proses fermentasi seperti cara membuat pupuk dari jelantah untuk dijadikan sebagai bibit gula atau gula tebu. Senyawa ini sebenarnya mampu dihasilkan secara mandiri oleh semua tanaman, gunanya adalah untuk proses metabolisme dan sebagai sumber energi bagi tanaman. Oleh sebab itulah saat kita menyiramkan cairan ini, maka tanaman akan lebih cepat tumbuh dari sebelumnya.

Pupuk vetsin ini sangat baik jika digunakan untuk kesuburan tanaman cabe dan juga beberapa tanaman hias seperti bunga bougenvil anggrek. Hasilnya begitu nyata bunga-bunga terus bermekaran dan membentuk kuncup baru setiap saat.

Kebun yang asri dan penuh bunga tentu akan sangat indah dipandang, terlebih lagi jika hasil bunganya dapat kita potong untuk dijadikan hiasan di rumah. Mengenai tutorial perawatan tanaman hias potong semacam mawar dalam rumah silahkan dibaca di cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu.

Namun penggunaan pupuk vetsin tidaklah dianjurkan untuk tanaman buah, karena pengaplikasian pada tanaman buah menyebabkan buah menjadi tidak segar. Untuk tanaman buah, lebih baik mengandalkan booster buah seperti yang pernah kami tuturkan dalam cara membuat pupuk booster lengkengNamun apabila Anda ingin mencoba efek yang dihasilkan pada tanaman buah yang diberi pupuk vetsin, lebih baik mengaplikasikannya pada saat pertumbuhan tanaman tersebut.

Itulah cara membuat pupuk dari vetsin yang dapat kami sampaikan. Kami berharap artikel ini bermanfaat dan dapat melengkapi sumber pengetahuan Anda tentang pembuatan pupuk dari bahan sehari -hari.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik