Sponsors Link

8 Cara Membuat Pupuk Organik Untuk Lada

Tanaman Lada sejatinya sama dengan jenis tanaman lainnya. Hanya dalam pembudidayaannya, Anda harus memberinya sebuah masukan nutrisi dan  unsur hara yang baik supaya lada bisa berbuah lebih baik. Penggunaan pupuk tentunya sangat diperlukan untuk bisa mempercepat proses pembuahan dari lada supaya bisa tumbuh subur.

Untuk bisa mendapatkan pupuk, tentu ada 2 pilihan yang baik yaitu dengan membelinya atau membuatnya sendiri. Adapun untuk membuat sebuah pupuk berkualitas anda bisa memilih berbagai bahan untuk dijadikan pupuk. Anda dapat menggunakan kompos dari buah busuk, bisa juga dengan menggunakan kompos dari jerami padi. Namun apabila anda tidak memilikinya bisa juga menggunakan kulit pisang, atau kulit telur, selain itu juga anda bisa menggunakan kotoran ayam.

Baca Juga : Cara Pemakaian Pupuk Top G2

Dari berbagai bahan tersebut, ternyata ada satu bahan lagi yang sangat mudah didapatkan yakni garam dapur. Tentu saja hal ini telah banyak dilakukan oleh beberapa petani untuk bisa membuat tanamannya tumbuh dengan baik. Garam sendiri memiliki kandungan yang baik. NaCl mempunyai keunggulan untuk bisa menahan kandungan air pada saat kemarau.

Anda juga bisa mendapatkan sebuah kandungan yang lain apabila menggunakan garam Epson atau garam inggris. Hal ini karena ada kandungan magnesium dan sulfur yang berguna bagi tanaman Lada. Selain lada, tanaman lain juga bisa menggunakan pupuk dengan bahan dasar dari garam.

Hal ini jelas akan membantu perkembangan dan juga menghasilkan buah dengan kualitas yang baik. Pentingnya pengenalan pada pupuk dari garam untuk tanaman lada, berikut cara membuat pupuk organik untuk lada yang bisa dipraktekkan sendiri.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pupuk Hantu Pada Jambu Madu

Ada banyak keunggulan apabila menggunakan garam sebagai bahan dasar pupuk. Seperti dengan menambah kekebalan dari tanaman. Hal ini dikarenakan berbagai serangga atau hama bisa menjauhkan diri apabila sebuah tanaman atau kebun terdapat kandungan garam. Untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat pupuk organik untuk lada. Berikut manfaat bila anda menggunakan garam sebagai bahan pembuatan pupuk.

  • Dengan garam pH tanah yang sifatnya tanah alkali bisa dinetralkan. Dengan menggunakan garam penggunaan bisa langsung berbeda dengan penggunaan pupuk seperti :
  1. Dari kotoran berbagai ternak,
  2. Dari tanah parit,
  3. Dari urin hewan kelinci,
  4. Dari sebuah abu sisa pembakaran.

dan semua bahan dari sebuah proses pembusukan, semuanya membutuhkan pendingin dalam penggunaannya.

  • Seperti diketahui bahwa Garam identik dengan kandungan dari sebuah unsur seperti Natrium dan Chlor atau Na Cl dengan unsur tersebut tentunya bisa melakukan pendistribusian dengan baik sebuah unsur Kalium pada tanah, kalium tentu sangat diperlukan oleh tanaman maka dari itu harus didistribusikan dengan baik.
  • Garam juga memiliki sebuah kandungan Sodium dan juga Klor, unsur tersebut sangat bermanfaat bagi tanaman, tentunya untuk sebuah proses tumbuh dan berkembangnya tanaman.
  • Garam sendiri adalah unsur yang mampu memperkaya adanya banyak mikroorganisme yang ada pada tanah, seperti dengan adanya cacing, adanya bakteri yang membantu tanah lebih subur.
  • Garam memiliki sebuah fungsi yang mampu menghindari sebuah dehidrasi, hal ini sangat berguna bila terjadi musim kemarau, tentu saja dengan begitu kandungan air dalam tanah bisa tertahan .
  • Adanya Makro dan mikronutrien yang ada pada tanah tentunya memerlukan Postasium dan klorida. Hal ini bisa terjadi dengan adanya sebuah proses dekomposisi dan dekomposer yang tentu membantu tanaman bisa lebih subur.
  • Garam mampu membunuh bakteri dan jamur yang merugikan tanaman, tentu saja dengan begitu tanaman menjadi lebih kebal.
  • Tanah menjadi lebih subur tanpa adanya bahan kimia.
  • Garam mampu membantu mikroorganisme menghasilkan unsur hara yang tidak mudah larut dalam hujan.

Baca juga : Cara menggunakan pupuk mutiara pada tanaman cabe

  • Adanya senyawa ionik yang membantu kekuatan pada tanaman.
  • Akar tanaman dan batangnya akan semakin kuat.
  • Dengan adanya kandungan garam bisa mencegah bunga pada tanaman rontok.
  • Buah yang dihasilkan bisa menjadi lebih baik.
  • Buah yang ada pada tanaman tidak akan mudah busuk.
  • Sifat Klorosis dan nekrosis yang menyebabkan daun rontok bisa diatasi dengan kandungan pupuk garam.
  • Bisa mengatasi sebuah masalah seperti dengan terjadinya keriting pada daun.
  • Langkah antisipasi untuk bisa mencegah daun gugur.
  • Hama ataupun gulma tidak akan hadir bila menggunakan bahan pupuk dari garam.
  • Baik itu sebuah virus, bakteri, jamur, dan juga mikroorganisme yang lain bisa dicegah dengan kandungan garam.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pupuk Herbafarm Pada Jenis Tanaman Cengkeh

Langkah Dalam Cara Membuat Pupuk Organik Untuk Lada :

  1. Larutkan sekitar 1 kg garam pada 5 liter air
  2. Aduk-aduk sampai garam tersebut melarut dalam air, pastikan larutan tersebut tidak terlalu pekat.
  3. Pupuk bisa digunakan apabila larutan sudah tidak terlalu pekat
  4. Untuk penggunaan lain yang lebih banyak, larutkan lagi larutan pekan dengan ditambahkan lagi takaran garam dan juga air yang disesuaikan.
  5. Untuk cara yang lebih sederhana anda bisa mengambil satu sendok garam dan diaduk pada air sebanyak 1 liter.
  6. Pastikan larutan telah bena-benar tercampur hancur pada air
  7. Selanjutnya larutan air garam telah bisa digunakan ke tanaman lada
  8. Anda bisa menentukan takaran yang lebih banyak dengan melakukan penambahan takaran garam dan juga airnya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pupuk Granul Terbaik

Demikianlah artikel mengenai cara membuat pupuk organik untuk lada. Dan tanaman lada adalah salah satu tanaman bumbu yang terkenal dari Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

, , ,




Oleh :
Kategori : Tanaman