Sponsors Link

Inilah 4 Cara Memilih Bibit yang Baik Untuk Budidaya Satwa Harapan

Beternak adalah pekerjaan yang sudah ada sejak jaman dulu dan ada banyak sekali hewan yang selalu menjadi favorit masyarakat seperti kambing, ayam, burung, sapi, kuda dan berbagai jenis hewan lainnya. Untuk membudidayakan satwa harapan, bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan dan ada berbagai teknik yang harus dikuasai.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk membudidayakan satwa harapan adalah pemilihan bibit yang baik dan untuk menentukan bibit, ada berbagai hal yang perlu diperhatian. Berikut ini adalah cara memilih bibit yang baik untuk budidaya satwa harapan:

1. Ciri fisik bibit yang baik

Pada dasarnya ada berbagai manfaat hewan ternak bagi kehidupan manusia dan selain bisa menghasilkan makanan yang sehat, satwa juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar bagi manusia. Dalam pemilihan bibit satwa harapan, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dan salah satunya mengenai ciri fisik satwanya.

Ciri fisik satwa yang baik untuk dibudidayakan adalah memiliki mata yang bersih, tidak memiliki luka pada bagian mulutnya, memiliki kondisi bulu yang mulus atau sehat, memiliki nafsu makan yang baik, memiliki kondisi dubur yang bersih, memiliki kondisi kaki yang kuat atau tidak pincang, memiliki dada yang lebar dan tak ada cacat di berbagai bagian tubuhnya.

2. Membeli satwa harapan dari pemilik yang jelas

Janganlah membeli bibit satwa dari orang yang tidak dikenal, karena sangat rawan akan penipuan dan ada berbagai manfaat beternak hewan unggas bagi masyarakat.

Melakukan budidaya satwa harapan adalah sebuah hal yang sulit dilakukan, karena memerlukan perawatan yang sangat rutin dan ada berbagai hal yang perlu diperhatikan saat pemeliharaan.

Untuk membeli bibit satwa harapan yang akan dibudidayakan, sebaiknya belilah bibit dari pemilik yang jelas dan janganlah membeli ke sembarangan orang. Hal ini juga menjadi salah satu cara budidaya ayam bangkok dan berbagai hewan lainnya.

Pemilik satwa yang jelas akan memudahkan untuk proses komunikasi, karena setiap satwa memiliki karakter yang berbeda-beda.

3. Memiliki hewan yang berlisensi

Cara terbaik untuk menentukan bibit satwa yang akan dibudidayakan adalah dengan memilih satwa yang memiliki surat kelengkapan dan memiliki keterangan sehat yang ditandatangani oleh dokter hewan.

Hal ini menjadi salah satu cara budidaya ayam bangkok aduan yang tepat dan cara ini bisa dilakukan untuk memilih bibit satwa dengan jenis yang lainnya.

Satwa yang memiliki lisensi tentu memiliki tingkat keamanan dan kesehatan yang lebih tinggi, karena memiliki tingkat resiko kematian yang rendah. Kondisi satwa biasanya lebih sehat, karena terjaga berbagai asupannya dan sangat cocok untuk dibudidayakan di rumah.

4. Pilihlah bibit satwa yang disusui indukannya

Salah satu cara tepat menentukan bibit satwa harapan adalah dengan memilih satwa yang selalu diberi air susu oleh indukannya dan hindarilah bibit satwa yang sejak lahir tak mendapat air susu indukan.

Air susu indukan akan berpengarh terhadap kekebalan tubuh bibit satwa yang dipilih dan hal ini menjadi salah satu cara budidaya ayam pedaging yang bisa dilakukan.

Hewan yang diberi susu oleh indukannya, biasanya memiliki kondisi tubuh yang baik dan bisa tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Dengan air susu yang rutin diberikan indukan, maka bibit satwa akan memiliki pertumbuhan yang stabil dan bisa memiliki kondisi yang baik untuk budidayakan.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memilih bibit yang baik untuk budidaya satwa harapan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan