Sponsors Link

5 Cara Memperbanyak Tumbuhan Tanpa Menanam Biji Yang Wajib Kamu Ketahui!

Berkebun atau bercocok tanamn sudah menjadi hobi banyak orang, dengan berkebun ada kepuasan tersendiri saat tanaman yang ditanam dapat menghasilkan sesuatu.

Memiliki satu atau dua tumbuhan akan terasa tidak ada tantangan dalam merawat, untuk itu yang memiliki hobi berkebun pasti memiliki banyak jenis tumbuhan dalam jumlah tidak sedikit. Berikut adalah cara memperbanyak tumbuhan tanpa perlu menanam bijinya.

Cara Memperbanyak Tumbuhan Tanpa Menanam Bijinya

  1. CANGKOK

Kata-kata cangkok sudah terdengan akrab di telinga masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang menekuni atau berprofesi tidak jauh dari seputar tumbuhan.

Mencangkok sendiri adalah cara memperbanyak tumbuhan atau mengembangbiakkan tumbuhan dengan cara membuat akar baru dari sebuah batang.

Setelah akar tumbuh dari batang tersebut, barulah batang akan di potong kemudian dipindahkan ke media tanah yang lain 7 Manfaat dari Menanam Pohon Mangga dengan Mencangkok. Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar cangkokan bisa berhasil diantaranya:

  • Cabang yang akan digunakan mencangkok setidaknya berwarna coklat muda dan kulitnya mulus
  • Pilih batang yang tidak terlalu tua maupun terlalu muda
  • Pastikan ukuran batang pas, tidak terlalu kecil maupun terlalu besar
  • Pilih batang yang lurus jika akan mencangkok

Cara melakukannya terbilang sederhana, kita cukup memilih batang yang akan di cangkok. Kemudian membuat keratin pada kulit batang dengan jarak antar keratin 5 – 10 cm.

setelah itu kita cupuk kupas batang tumbuhan hingga pada lapisan kayu yang agak berlendir (dinamakan lapiasn kambium). Lalu bersihkan lapisan lendir dari batang tumbuhan, lalu diamkan hingga kering.

Langkah terakhir kita cukup membungkus/membalut batang tersebut dengan campuran tanah dan pupuk organik menggunakan sabut kelapa atau plastik. Jika menggunakan plastic jangan lupa untuk dilubangi agar kita dapat menyiram dan air masuk kedalam bungkus.

Agar batang yang kita cangkok dapat tumbuh akar dengan cepat, kita cukup tidak lupa menyiram minimal 2 hari sekali. Setelah sekiranya akar tumbuh banyak, kita dapat memotongnya dan memindahkan batang yang sudah berakar tersebut ke media yang lain.

Jenis-jenis tumbuhan yang biasa dicangkok ada banyak seperti mangga, jeruk, jambu, melati, nusa indah, dan beberapa jenis tumbuhan baik buah maupun tumbuhan hias lainnya.

  1. STEK

Cara memperbanyak tumbuhan tanpa menanam biji lainnya adalah dengan stek. Stek atau menyetek ini merupakan cara memperbanyak tumbuhan yang juga terkenal nomer 2 setelah mencangkok.

Jika mencangkok menggunakan bagian batangnya dan ditunggu hingga munculnya akar, cara stek cukup mengambil bagian dari tumbuhan tertentu yang kemudian di tanam di media yang lain Cara Mudah dan Jitu Perkembangbiakan Tanaman Euphorbia Milii dengan Stek. Ada 3 cara dalam melakukan stek, diantaranya:

  • Stek Akar

Seperti penjelasan diatas, dengan stek akar kita cukup mengambil bagian akar dari suatu tumbuhan kemudian kita pindahkan akar tersebut ke media tanam yang lain.

Bagi yang belum tahu tumbuhan apa saja yang dapat dilakukan stek akar diantaranya sukun dan kersen.

  • Stek Batang

Yang kedua adalah stek batang. Kita cukup mengambil batang atau ranting dari suatu tumbuhan indukan yang kemudian kita tanam di pot atau media tanam yang lain.

Tumbuhan yang dapat dilakukan stek batang adalah tebu, ketela pohon, bunga sepatu, dan lain-lain.

  • Stek Daun

Dan yang terakhir adalah stek daun. Siapa bilang dengan mengambil bagian daun suatu tumbuhan tidak dapat ditanam kembali.

Beberapa tumbuhan dapat diperbanyak melalui stek daun ini diantaranya bunga cocor bebek, begonia, dan sania

Itulah ketiga cara melakukan stek untuk memperbanyak suatu tumbuhan tanpa memerlukan bibit atau bijinya untuk ditanam.

Teknik-teknik tersebut terbukti memudahkan terutama bagi yang memang membudidayakan tumbuhan tersebut karena dapat menghemat waktu dan biaya, ketimbang diperbanyak melalui dengan biji yang tingkat keberhasilannya pun rendah

  1. OKULASI/MENEMPEL

Jika pada cangkok dan stek kita mengambil dari tumbuhan induk, untuk teknik okulasi atau menempel ini kita menempelkan tumbuhan lain ke tumbuhan induk untuk menggambungkan 2 sifat berbeda.

Teknik ini lebih dominan untuk memperbanyak cabang pada tumbuhan induk. Kita cukup menempelkan tumbuhan muda atau tunas pada tumbuhan induk, sehingga diharapkan nanti buah atau hasilnya akan memiliki sifat gabungan keduanya dan lebih memiliki kualitas yang lebih bagus.

Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dilakukan dengan okulasi adalah jeruk, rambutan, dan durian Cara Merawat Pohon Rambutan Agar Berbuah Lebat di Pekarangan Rumah.

  1. PEMBAGIAN/PEMBELAHAN

Teknik memperbanyak tumbuhan tanpa menanam biji dengan pembelahan ini mungkin jarang terdengar, karena tidak banyak yang mengetahui bahwa teknik ini dapat dilakukan.

Salah satunya teknik ini dapat dilakukan untuk memperbanyak tumbuhan lidah buaya 8 Cara Menanam Lidah Buaya di Rumah (Teknik Mudah). Caranya kita dapat menggali lubang disekitar lidah buaya yang akan kita bagi.

Kemudian angkat dan bersihkan akar-akar tumbuhan dari sisa tanah. Selanjutnya kita bisa langsung membagi tumbuhan tersebut dengan mengikuti batas-batas alami pada tumbuhan.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena setiap bagian tumbuhan tersebut memiliki tunas dan akarnya sendiri-sndiri. Setelah itu kita bisa menanamnya dan tumbuhan lidah buaya yang awalnya hanya satu kelompok ini diperbanyak menjadi dua kelompok 7 Cara Menanam Lidah Buaya Tanpa Akar dengan Mudah.

  1. PERENDAMAN

Dan cara terakhir memperbanyak tanaman tanpa menanam bijinya adalah dengan perendaman. Pada dasarnya perendaman ini hampir sama dengan teknik cangkok, yaitu memunculkan akar tumbuhan.

Bedanya jika cangkok membutuhkan media tanah dan pupuk, sedangkan perendaman tentu saja membutuhkan media air sebagai tempat bertumbuhnya akar.

Teknik ini biasa digunakan untuk memperbanyak tanaman hidroponik Cara Menanam Hidroponik Kangkung yang Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai teknik-teknik yang dapat dilakukan untuk memperbanyak tumbuhan tanpa perlu melakukan step awal yaitu penanaman biji. Sehingga diharapkan dengan adanya kelima teknik diatas dapat mempermudah masyarakat dalam memperbanyak jumlah tumbuhan dengan mudah.

, , , ,