Sponsors Link

7 Manfaat Dari Menanam Pohon Mangga dengan Mencangkok

Tanaman mangga adalah salah satu tanaman buah yang sering ditanam oleh masyarakat Indonesia. Selain dapat merindangkan pekarangan, pohon mangga mudah berbuah sepanjang tahun.

Salah satu cara menanam pohon mangga yang paling popular adalah dengan mencangkok (selain dengan cara stek). Mencangkok sendiri memiliki arti memperbanyak tanaman baru yang masuk dalam pengembangbiakan secara vegetatuf buatan 7 Cara MEncangkok Tanaman dengan Mudah (Panduan Lengkap).

Menanam mangga dengan bibit cangkokan bukan tanpa alasan dipilih banyak orang Cara Mencangkok Pohon Mangga Harum Manis Paling Sederhana, ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang didapat saat menanam mangga dengan mencangkok.

1. Pohon mangga dapat ditanam dalam pot.

Mangga yang masih muda dan sudah melalui proses cangkok dapat ditanam dalam pot, hal ini tentu tidak bertahan lama karena tentu akar tunggal dari pohon mangga membutuhkan media tanam yang dalam.

2. Pohon mangga akan cepat besar dan berbuah

Karena potongan tanaman yang dicangkok mendapatkan nutrisi dari tanaman induknya, sehingga manfaat utama dari menanam mangga dengan cangkok adalah tanaman hasil cangkok akan cepat tumbuh besar dan menghasilkan buah Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah dan Subur Sepanjang Musim.

Ditambah induk tanaman yang pernah berbuah akan menurunkan sifat berbuahnya pada tanaman yang sudah dicangkok akan mudah berbuah juga meskipun masih muda. Tanaman hasil cangkok akan melalui proses pencangkokan dengan membelah lapisan perlapian bagian batangnya hingga pembuluh xylem pada batang mangga.

Karena pembuluh xylem tersebut akan ditutup menggunakan media (sabut/tanah) proses fotosintesis atau pembuatan zat makanan pada tanaman akan berpusat pada batang hasil cangkokan Cara Mencangkok Agar Cepat Tumbuh Akar.

Sehingga pemenuhan zat makanan pada batang cangkok akan lebih cepat sehingga tanaman akan menghasilkan akar dan pembentukan bunga serta buah. Untuk itu induk pohon yang baik dan berkualitas akan mempengaruhi hasil buah dari pohon hasil cangkokan.

3. Kemungkinan untuk tidak berbuah sedikit

Berbeda dengan jika kita menanam pohon mangga yang benar-benar dari bibit kecil atau bahkan bijinya. Kemungkinan berhasil untuk tumbuh atau berbuah pun masih sedikit.

Berbeda dengan menanam mangga dengan cangkok yang induknya sudah pernah berbuah, maka pohon mangga cangkokkan tersebut akan memiliki kemungkinan berhasil yang lebih besar dibandingkan dengan gagalnya. Baik keberhasilan dalam tumbuh besar dan menghasilkan buah mangga yang lebat.

Untuk itu beberapa jenis buah dilakukan pencangkokan akan dapat berhasil tumbuh dan menghasilkan banyak buah tanpa harus menunggu lama.  

4. Tumbuhan yang dicangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induknya

Tanaman yang dicangkok terkadang memiliki sifat indukan yang berbeda meskipun dari jenis tanaman mangga yang sama. Namun karena dicangkok saat masih muda, maka pohon mangga yang dicangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induknya.

Buah yang dihasilkan pun nantinya akan memiliki hasil dengan karakteristik yang sama seperti induknya. Jadi jangan khawatir dan takut jika nanti tanaman mangga cangkok akan berbeda dengan pohon induknya.

5. Tanaman hasil cangkok tidak tumbuh terlalu tinggi

Tanaman mangga yang dicangkok pada induknya akan mendapatkan nutrisi dan beberapa potensi berbuah sama. Sehingga meskipun nanti tanaman cangkok yang masih muda dan rendah akan dapat berbuah dengan cepat karena ia menurunkan sifat induknya terutama yang sudah berbuah.

Sehingga memudahkan untuk tanaman yang baru ditempel pada pohon induk untuk cepat memiliki buah juga. Bagi yang ingin memulai bisnis berjualan mengga terutama, menanam pohon mangga dengan mencangkok adalah alternatif yang baik. Sebagai petani buah kita akan mendapatkan keuntungan menanam mangga dengan cara mencangkok yaitu pohon kita akan dapat terus berbuah terutama sepanjang tahun.  

6. Produktifitas tinggi

Pohon mangga cangkok akan memiliki produktifitas dalam menghasilkan buah yang lebih tinggi dibandingkan dengan pohon mangga yang ditanam dari biji atau bibit asli. Selain itu nutrisi yang tersedia juga harus mendukung Cara Pemupukan Mangga dalam Pot Agar Subur.

Karena meskipun sudah dilakukan cangkok tapi pohon mangga tidak diberikan pupuk atau nutrisi yang baik, tentu tanaman akan tidak produktif. Sama Halnya dengan tanaman lain, pohon mangga cangkok juga memerlukan perawatan ekstra dan nutrisi penunjang terutama pada bagian cangkoknya tersebut.

7. Dapat dipindah ke media lain

Tanaman cangkok dapat dipindah ke media yang lain terutama media dengan kadar air yang tinggi seperti di pinggiran sungai atau pematang kolam ikan. Untuk memperbanyak bibit mangga pun dapat dilakukan dengan mengambil salah satu bagian batang dari pohon mangga untuk dijadikan bibit pohon mangga.

Itulah ketujuh manfaat dan keuntungan yang kita dapat jika menggunakan cara cangkok dalam membudidayakan tanaman mangga. Metode cangkok ini hanya dapat diterapkan pada tanaman atau buah dengan biji dikotil atau biji berkeping dua saja seperti  mangga, jambu Cara Mencangkok Jambu Biji Bagi Pemula, apel Cara Mencangkok Apel India yang Pasti Berhasil, jeruk, sirsak, dan lain-lain.

Sehingga banyak sekali khususnya petani buah yang menggunakan metode congkok ini untuk memperbanyak hasil buah yang mereka tanam dan juga untuk menghemat waktu.

, ,