Sponsors Link

Cara Pemupukan Mangga dalam Pot Agar Subur

Sponsors Link

Pemupukan mangga dalam pot, menjadi tren baru yang di sukai banyak orang. Alasannya, karena dengan cara ini, pohon mangga yang kita inginkan, bisa tumbuh lebat dan berbuah banyak. Alasan lain, cara menanam dalam pot yang relatif mudah serta dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan usia pohon mencapai 100 tahun.

ads

Itu sebabnya, ada beberapa hal yang patut di perhatikan dalam proses pemupukan mangga dalam pot, yaitu kapan mangga harus di beri pupuk, dan jenis pupuk yang di gunakan pun harus di perhatikan, dan dosisnya harus pas. Ini beberapa detailnya:

  1. Mangga yang umurnya 3-4 bulan, hendaknya di berikan pupuk urea dengan dosis 100 gram/pohon, dan itu hanya sekali saja. Caranya, urea di taburkan ke dalam media tanam, atau pot yang sudah di persiapkan. Di taburkan ke lebang melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup kembali dengan tanah, atau media tanam tersebut.
  2. Pada saat mangga sudah berumur 1 tahun, hingga sudah berbunga, berikan pupuk kandang dengan dosis 15 kg per pohon setiap 6 bulan sekali. Caranya, pupuk kandang di taburkan ke dalam media tanam yang sudah di buat melingkar sedalam 10 cm, lalu tutup kembali dengan tanah, atau media tanam yang sudah di persiapkan.
  3. Jika pohon mangga menjelang berbunga, berikan pupuk dengan dosis 1 sampai 2 kg per pohon. Caranya pun sama seperti pohon mangga yang berumur bulanan ataupun yang sudah bermumur tahunan.

Untuk pemupukan mangga dalam pot, bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk anorganik. Kalau pupuk organik itu contohnya pupuk kompos dan pupuk kandang, sedangkan pupuk anorganik seperti urea, dan lain-lain. Jangan lupa juga, ketika mengaplikasikan pupuk ke dalam media tanam, untuk terus rutin menyiramnya dengan air yang secukupnya. Adalagi tips tentang Cara Membasmi Hama Pada Pohon Mangga

Pupuk organik

  • Pupuk organik diberikan sebagai pupuk dasar sebelum penanaman yang bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah media tanam. Pupuk organik yang di berikan juga bisa berupa kompos atau pupuk kandang.
  • Gunakan pupuk organik yang telah matang agar akar tidak terbakar akibat kenaikan suhu media tanam. Pupuk organik yangtelah matang, hendaknya memiliki suhu yang rendah, tidak berbau, dan remah.
  • Pemberian pupuk organik untuk tanaman muda dapat di lakukan setiap enam bulan sekali sampai tanaman berumur dua tahun. Alasannya, karena waktu tersebut unsur hara tanaman sering habis tercuci air atau terserap oleh tanaman.
  • Pupuk kandang hendaknya di berikan satu tahun sekali.
  • Pupuk organik di berikan dengan cara di taburkan di atas permukaan media tanam atau dengan mencampurkannya dengan air sampai menjadi bubur dengan kepekatan 50%.
  • Jangan lupa untuk rutin menyiramnya, dan secara merata ke seluruh permukaan media tanam. Adalagi tips tentang Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

Pupuk organik atau pupuk kandang selain berfungsi menyuplai unsur hara bagi tanaman, juga dapat menstabilkan PH media tanam, memelihara sifat fisik tanah, menggemburkan tanah, dan menjaga agar struktur tanah tetap remah.

Pupuk anorganik

  • Pemberian pupuk anorganik bertujuan untuk mencukupi suplai unsur hara bagi tanaman. Pupuk yang di berikan dapat berupa pupuk tunggal, seperti urea, atau pupuk majemuk seperti NPK.
  • Pupuk anorganik harus di berikan sesuai jenisnya, bergantung pada kebutuhan tanaman.
  • Dalam proses pemupukan mangga dalam pot, perlu di perhatikan juga untuk membedakan pertumbuhan vegetatif yang bisa di rangsang dengan pemberian pupuk urea dengan unsur N yang tinggi. Sedangkan untuk pertumbuhan generatif, bisa di rangsang dengan di berikan pupuk TSP dengan unsur P yang tinggi.
  • Pupuk anorganik di berikan pada tanaman mangga juga dapat di berikan dalam jangka waktu selama enam bulan.
  • Adalagi tips tentang Cara Merawat Pohon Mangga yang Sedang Berbunga
  • Pemupukan di berikan dengan cara menaburkan pupuk secara merata di atas media tanam dengan dosis satu sendok makan per pohon. 
    Sponsors Link

Agar pemupukan tercampur merata, media tanam hendaknya di gemburkan menggunakan garu. Pemupukan juga dapat di lakukan bersamaan dengan penyiraman, dengan mencampurkan pupuk ke dalam air penyiraman.

  1. Pemupukan kimia dilakukan tiga kali dalam satu tahun. Cara pemupukannya, dengan melubangi tanah di sekitar tanaman menggunakan sabit. Kemusian masukkan pupuk secukupnya dan kembali tutup dengan tanah. Setelah itu, baru siram dengan air supaya pupuk dapat di serap dengan baik oleh tanaman.
  2. Pemupukan organik di berikan untuk daun dan batang. Pupuk di berikan pada mangga setelah bibitnya berumur dua tahun lebih dengan pengaplikasiannya di semprotkan. Pemupukan tersebut, bertujuan agar mempercepat dan meningkatkan produksi buah, agar tetap bertumbuh dengan baik dan banyak. Adalagi tips tentang Cara Menanam Mangga Apel dalam Pot

Proses pemupukan adalah faktor yang paling penting dalam pertumbuhan buah mangga. Itu sebabnya, dari pemilihan media pempupukannya, jenis yang akan di gunakan, sampai cara pemupukannya perlu sangat di perhatikan.

Bahkan pemupukannya pun bisa sangat mempengaruhi buah yang akan tumbuh nantinya seperti apa. Itu sebabnya, pemilihan pupuk yang baik dalam proses pemupukan mangga dalam pot ini bisa tumbuh pohonnya dengan baik, jika proses pemupukannya di lakukan dengan cara yang seharusnya.

Tips:

  • Siram tanaman mangga anda, dan secara teratur gunakan hanya sedikit pupuk saja.
  • Tanaman mangga membutuhkan waktu paling tidak 4-5 tahun hingga berbuah.
  • Jangan terlalu banyak memberi banyak pupuk, karena ini hanya akan membuat tanaman lebih banyak tumbuh daun daripada menghasilkan buah.
  • Pilih pupuk yang benar-benar cocok untuk jenis pertumbuhan mangga anda.
  • Sebaiknya, gunakan pupuk organik yang di gunakan dalam pemupukan karena ini sangan bagus juga untuk kesehatan anda.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Pohon